ANALISIS DESKRIPTIF PROFILE CLONING PADA AKUN INSTAGRAM @FEYDOWN WASPADA LOVE SCAMMER

Diah Agung Esfandari, Rizqi Ridhayani

Abstract


Perkembangan media baru (new media) yang semakin pesat kini telah mengubah cara berkomunikasi masyarakat. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh masyarakat di era media baru adalah keberagaman media. Instagram merupakan media sosial dengan berbagai macam fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan proses mengunggah, memberi efek pada foto yang akan diunggah, memberi tanda suka (likes) hingga memberikan komentar dengan saling memberikan feedback pada pengguna lain yang aktif berpartisipasi terhadap unggahan yang dinilai menarik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi internet juga membawa dampak negatif yang tidak kalah banyaknya dengan manfaat yang ada. Internet membuat kejahatan yang semula bersifat konvensional berkembang menjadi sebuah kejahatan modern dengan tingkat kerugian yang lebih besar dengan dampak yang luas. Salah satu kejahatan melalui internet (Cybercrime) adalah pencurian identitas (profile cloning). Peneliti memiliki ketertarikan untuk analisis deskriptif Profile Cloning pada akun instagram @feydown Waspada Love Scammer. Aspek-aspek yang akan diteliti berupa foto-foto pelaku profile cloning yang digunakan untuk melakukan kejahatan. Terdapat delapan foto beserta teks yang dianalisis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma post-positivisme. Hasil dari penelitian: pelaku profile cloning memilih profil orang-orang yang rupawan baik itu laki-laki maupun perempuan serta orang-orang yang memiliki profesi berpenghasilan tinggi atau profesi yang dikagumi orang.

Full Text:

PDF DOWNLOAD

References


Anderson, Patrick R and Newman, Donald J. (2003). Introduction to Criminal Justice.McGraw-Hill, Inc: Fifth Edition.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Bell, David. (2001). An Introduction to Cyberculture. London: Routledge.

Disertasi Bayu Suseno yang berjudul Konsep Facebook Policing Sebagai Pencegahan Kejahatan Sekunder Profile Cloning Crime.

Holmes, David. (2005). Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Igor, Bernik. (2014). Cybercrime and Cyberwarfare. London, UK: ISTE ; Hoboken, NJ : Wiley

Joshua B. Hill. Nancy E. Marion. (2016). Introduction to Cybercrime: Computer Crimes, Laws, and Policing in the 21st Century. Westport, United States: ABC-CLIO.

Karuppannan. Jaishankar. (2008). Cyber Criminology and Space transition theory: Contribution and Impact. India: Pearson

McQuail, Denis. (2010). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. 2014. Bandung: Rosda.

Nasrullah, Rulli. (2013). Cybermedia. Yogyakarta: IDEA Press.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Newman, G. R. Clarke, R. V. G. (2003). Superhighway Robbery: Preventing E-commerce Crime. Cullompton: Willan.

Puntoadi, Danis. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media. ElexGramedia.

Poerwandari, K. (2007). Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing

Rakhmat, Djalaludin. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stewart, Collin. Kowaltzke, Adam. (2008). Media New Ways and Meanings 3rd Edition. English: Milton.

Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer Mediated Communication, Social Interaction and The Internet. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Ltd.

Utari, Prahastiwi. (2011). Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Vivian John. (2008). Teori Komunikasi edisi kedelapan. Jakarta: Prenanda Media Grup.

Werner J. Severin & James W. Tankard, Jr. (2014). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa - Edisi Kelima. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.