WOMEN AND THE WORLD OF TYPICAL TRADITIONAL CULINARY BUSINESS MALAYS IN THE MIDDLE OF DIGITAL ERA

Siti Heidi Karmela, Ulul Azmi

Abstract


Sektor kuliner tradisional menjadi salah satu produk budaya dengan ciri khas dan cita rasa berbeda dari daerah lain, bahkan tak jarang hanya ada di satu daerah saja. Salah satunya adalah “kue” atau jajanan pasar yang diolah secara tradisional oleh pembuatnya. Sama halnya dengan perempuan-perempuan di Kawasan Seberang Kota Jambi, hingga kini menekuni pembuatan kue tradisional khas Melayu Jambi. Mereka berhasil merubah fungsi kue tradisional dari produk budaya menjadi produk ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, namun secara tidak langsung tetap melestarikannya sebagai produk lokal khas Melayu Jambi. Tujuan penelitian untuk menjelaskan latar belakang ditekuninya usaha pembuatan kue tradisional di kawasan Seberang Kota Jambi dan upaya yang dilakukan mereka untuk tetap melestarikan kue tradisional khas Melayu Jambi di tengah persaingan global di era digital. Metode penelitian adalah metode sejarah dari tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara mereka telah memanfaatkan teknologi (online shop) untuk mempromosikan berbagai produk kue, memperluas daerah pemasaran/penjualan, dan menambah jenis konsumen, seperti membuat face book, instagram, dan chat whatsApp.
Kata Kunci : kue tradisional, perempuan, seberang kota jambi, era digital.


Full Text:

PDF DOWNLOAD

References


Aulianan, Risqie, 2005, Pangan Lokal dalam Makanan Jajanan Tradisional, Semarang, Unes.

Dwi Setyorini, Efi, Endang,et.al, 2018, Diversifikasi Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Potensi Tradisional Klepon di Kecamatan Gempol Pasuruan, Pasuruan, Jawsap Jurnal Akuntansi dan Manajemen STIE Gempol.

Gardjito, Murdijati, et.al, 2017, Kuliner Jambi Telusuri Jejak Melayu Sedap Meresap dalam Kalbu, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Isnawati, 2019, Industri Kue Tradisional Khas Melayu di Kawasan Seberang Kota Jambi 1984 – 2016, Skripsi Sejarah, Jambi, FKIP Universitas Batanghari.

Karmela, Siti, Heidi, 2019, Perempuan dalam Dunia Kerja di Sektor Ekonomi Non Formal:Usaha Pembuatan Kue Tradisional Khas Melayu Jambi di Kawasan Seberang Kota Jambi, Laporan




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.