MASYARAKAT BADUY DALAM MEMPERTAHANKAN ADAT ISTIADAT DI ERA DIGITAL

Titing Kartika, Emron Edison

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat Baduy dalam mempertahankan adat istiadat di era digital saat ini. Masyarakat Baduy berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan beberapa nara sumber di antaranya Kepala Adat masyarakat Baduy dan masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Baduy masih menjaga nilai-nilai adat istiadat yang menolak pendidikan formal dan moderniasi yang tidak ditemukan pada masyarakat pedalaman lainnya di Indonesia. Masyarakat Baduy Dalam adatnya melarang masyarakatnya terlibat dalam politik, sedangkan di Baduy Luar sedikit toleransi. Namun pada prinsipnya kedua Masyarakat Baduy tersebut sangat menjunjung tinggi adat istiadat, hukum adat, kelestarian alam, dan konsep kehidupan yang berkelanjutan, sehingga mereka masih bertahan dalam gempuran teknologi dan era digital saat ini.
Kata Kunci: Masyarakat Baduy, Adat Istiadat, Era Digital


Full Text:

PDF DOWNLOAD

References


Peraturan Daerah (Perda) No. 32 Tahun2001 tentang Perlindungan Hak Ulayat Masyarakat Baduy

Profil Desa Wisata, 2014 Pemerintah Provinsi Banten, Dinas dan Kebudayaan dan

Pariwisata

Suparmini, setyawati, sumunar, Pelestarian Lingkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokal Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 18, No.1, April 2013: 8-22

KBBI dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kebudayaan (diakses tanggal 20 Desember 2019)

Yoeti, Oka A. 2006. Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya. Pradnya Paramita: Jakarta

Schien, E. H. (2004), Organization Culture and Leadership. Amerika Serikat: Jossey-Bass Publisher

Miles M.B. dan Huberman, A.B 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan). Jakarta: UI Press.

Permana, R.C.E. 2009, Masyarakat Baduy dan Pengobatan Tradisional Berbasis Tanaman, Wacana, Vol. 11 No.1 (April 2009): 81-94

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Rencana Induk Pelestarian Kebudayaan Daerah (RIPKD) Provinsi Banten 2013-2027, 2012, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Bantenologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.