MENDESAIN INFOGRAFIS STATIS SEBAGAI MEDIA INFORMASI JURU PELIHARA SITUS GUNUNG PADANG

Wulandari Wulandari, Winny Gunarti Widya Wardani, Syahid Syahid

Abstract


Situs Gunung Padang adalah salah satu warisan budaya prasejarah yang terletak di Kabupaten Cianjur. Situs ini menunjukkan bukti arkeologi Zaman Megalitikum melalui penemuan sisa punden berundak. Situs Gunung Padang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Para wisatawan biasanya dipandu oleh para juru pelihara yang umumnya merupakan warga sekitar dan telah menjadi pegawai pemerintah. Hasil observasi dan wawancara dari Tim Pengabdian kepada Masyarakat dengan para juru pelihara menunjukkan adanya keterbatasan media informasi tercetak tentang situs yang dapat digunakan oleh para juru pelihara maupun wisatawan. Media informasi yang tersedia lebih berupa lembaran-lembaran kertas hasil cetak yang dilaminating. Studi ini merupakan paparan hasil rancangan infografis statis sebagai desain media informasi untuk para juru pelihara Situs Gunung Padang. Secara kualitatif deskriptif, perancangan infografis statis ini dijabarkan dengan pendekatan desain komunikasi visual dan prinsip-prinsip infografis. Pilihan desain infografis statis didasarkan pada keutamaan informasi yang lebih menitikberatkan pada kekuatan visual gambar dan data yang mudah dipahami. Berdasarkan hasil analisis data, rancangan media infografis statis lebih difokuskan pada informasi yang menjelaskan tentang bentuk area situs, pembagian kelima teras dari punden berundak, dan data-data bebatuan. Desain infografis statis ini diharapkan dapat mendukung kegiatan para juru pelihara Situs Gunung Padang dalam memberikan informasi kepada para wisatawan.
Kata kunci : Infografis statis, media informasi, juru pelihara, Situs Gunung Padang


Full Text:

PDF DOWNLOAD

References


Akbar, A. 2014. Situs Gunung Padang, Misteri dan Arkeologi. Jakarta: Change Publication.

Aksan, H. 2015. Gunung Padang, Penelitian Situs dan Temuan Menakjubkan. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia

Lankow, J, Ritchie, J. & Crooks, R. 2014. Infografis Kedasyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Monica. 2010. Pengaruh Warna, Tipografi, dan Layout Pada Desain Situs. HUMANIORA, 1 (2), 459-468.

Sutarman, Hermawan, H.E. dan Hilman, C. 2016. Gunung Padang Cianjur: Pelestarian Situs Megalitikum Terbesar Warisan Dunia.

Jurnal Surya: Seri Pengabdian kepada Masyarakat, 2 (1), 57-64.

Wardani, W. G. W., Wulandari dan Syahid. 2019. Visual Anthropological Study of Photographic Works of Gunung Padang Site As A Tourist Attyaction In Karyamukti Village Cianjur, West Java. IJASTE - International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 3 (2), 178-198, DOI: http://dx.doi.org/10.31940/ijaste.v3i2.1459

Yondri, L. 2012. Punden Berundak Gunung Padang Maha Karya Nenek Moyang dan Kandungannya akan Nilai-nilai Kearifan Lingkungan di Masa Lalu di Tatar Sunda. Laporan penelitian Balai Arkeologi Bandung, 1-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.