LAGU-LAGU JAWA DALAM PERTUNJUKAN RONGGENG TAYUB DI PERBATASAN CIAMIS-CILACAP

Ocoh Suherti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lagu-lagu Jawa yang terdapat dalam pertunjukan Ronggeng Tayub di perbatasan Ciamis-Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis kualitatif. Teknik mengumpulkan data dilakukan melalui observasi lapangan yang didukung dengan wawancara dan perekaman kejadian guna mendapatkan validitas data yang lebih utuh dan menyeluruh. Ronggeng Tayub merupakan salah satu bentuk kesenian rakyat yang berkembang di wilayah perbatasan Ciamis-Cilacap. Dalam pertunjukan Ronggeng Tayub terdapat perpaduan dua budaya yakni budaya Sunda dan budaya Jawa. Hal ini tidak terlepas karena faktor geografis, kesenian Ronggeng Tayub yang berada di perbatasan Kabupaten Ciamis Jawa Barat dan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Salah satunya adalah dalam bentuk lagu yang terdapat lagu-lagu bernuansa Jawa seperti lagu Rincik-rincik. Sampak, Waled, Doberan, dan Caping Gunung. Lagu-lagu tersebut disajikan dengan garap tabuhan karawitan Sunda dan syair lagu berbahasa Jawa. Sajian gendingnya khas, unik, dan dinamis dengan iringan instrumen gamelan salendro yang relatif sederhana. Lagu-lagu Jawa tersebut mencerminkan konsep hidup masyarakat pendukungnya, bahwa dengan lagu dapat mempererat persaudaraan, terjalin komunikasi yang baik antar masyarakat, mencerminkan nilai kerukunan dan memperkuat kearifan lokal masyarakat perbatasan serta dapat menghindari permasalahan sentimen kedaerahan.
Kata kunci: lagu-lagu Jawa, ronggeng tayub, perbatasan Ciamis-Cilacap


Full Text:

PDF DOWNLOAD

References


Anastasya, R. P. (2018). Tari Kulu-kulu dalam Kesenian Jae Grup Turonggo Seni Budoyo Desa Sidamulya Kecamatan Ciemas Kab. Sukabumi. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Caturwati, E. (2006). Perempuan & Ronggéng (Di Tatar Sunda Telaahan Sejarah Budaya). Bandung: Pusat Kajian Lintas Budaya & Pembangunan Berkelanjutan.

Koentjaraningrat. (1994). Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Koentjaraningrat. (2007). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: UI Press.

Nasrullah, J. (2015). Sosiologi Pedesaan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. (2002). Tayub (Kalangenan Menak Priangan). Bandung: STSI Press Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1.1327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.