DIGITALISASI WAYANG TAVIP SEBAGAI MEDIA PROMOSI SENI BERDAKWAH

M. Tavip, Widodo Widodo

Abstract


Digitalisasi wayang tavip efektif dan efesien untuk membantu peserta didik dalam memproduksi
pertunjukan wayang di era digital. Tidak adanya guru yang mengajar /ekskul seni teater di Ponpes
Madrasah Aliyah (MA) berdampak pada kelangsungan seni wayang yang ada dilingkungan tersebut.
Siswa/santri yang tergabung dalam kelompok tersebut tidak ada yang membina dalam setiap produksi
dan mempromosikan karya seni dakwahnya dengan media digital atau medsos. Fenomena ini perlu
mendapat perhatian khusus, sebagai urgensi dalam penelitian ini, dan belum ada dalam studi
sebelumnya. Manfaat penelitian ini dapat menarik minat dan motivasi para santri dalam
mengembangkan pertunjukan wayang dalam format digital. Tujuan penelitian: Untuk
mengimplementasikan digitalisasi dalam pertunjukan wayang tavip mulai dari proses produksi sampai
pertunjukan dan dipromosikan melalui media medsos seperti you tobe, tik tok, instagram dan yang
lainnya. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualoitatif dan menerapkan metode Model
penelitian pengembangan ADDIE meliputi: Analysis, Design, Development or Production,
Implementation or Delivery dan Evaluations. Luaran penelitian karya seni yaitu berupa pertunjukan
wayang tavip lakon “An In Un” dalam bentuk audio playback . Luaran formal yaitu Seminar Nasional,
publikasi online. Penelitaian yang dilakukan termasuk pada skema terapan, dengan Tingkat Kesiapan
Teknologi (TKT) tingkat 3.
Kata kunci: gitalisasi wayang tavip, efektif dan efesien, media promosi seni berdakwah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v0i0.3141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.