Wisata Edukasi Budaya Kampung Adat Miduana Kabupaten Cianjur

Nia Emilda, Ai Juju Rohaeni, Putri Andini

Abstract


Kampung Adat Miduana menjadi salah satu destinasi wisata edukasi budaya di Jawa Barat, memiliki kekhasan dan keunikan yang dapat membedakan kampung adat ini dengan kampung adat lainnya. KampungAdat Miduana terletak di Desa Balegede Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur dengan jarak 172 km dari pusat Ibukota Kabupaten. Potensi alam dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Kampung Adat Miduana menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu: studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat mendeskripsikan tentang wisata edukasi budaya Kampung Adat Miduana sebagai salah satu referensi destinasi wisata di Jawa Barat.

Kata Kunci: Wisata Edukasi, Budaya, Kampung Adat Miduana

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Cresswell. J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latif, S. dan Amelia, M. (2022). Dampak Pengembangan Daya Tarik Wisata Edukasi dalam Peningkatan Pengunjung Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8 (22).

Mulyono. (2018). Kepemimpinan (Leadhership) Berbasis Karakter dalam Peningkatan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelirian Pendidikan Sosial Humaniora. Vol. 3 No. 1.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Sleman: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v0i0.3276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.