Desain Ulang Kemasan Produk Plakat Murah Palembang

Rahmat Husein Fadhillah, Yasermi Syahrul

Abstract


Latar belakang masalah pada penelitian ini, berdasarkan dari pengamatan dan wawancara dengan pimpinan Plakat Murah Palembang bahwa kemasan yang di gunakan kurang menarik dan belum mempunyai ciri khas tersendiri. Kemasan primer yang lama masih menggunakan kotak kayu yang dilapisi songket dan cara membukanya dengan menggunakan engsel. Untuk kemasan sekunder masih menggunakan kantong plastik biasa dan kemasan sekunder kotak kardus masih menggunakan kotak kardus bekas dengan berbagai macam merek yang belum menandakan bahwa itu ciri khas dari Plakat Murah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang ulang kemasan dari Plakat Murah Palembang agar meningkatkan angka penjualan dan pembeda antara penjual lainnya, serta memiliki ciri khas dari Plakat Murah Palembang itu sendiri. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kualitatif, metode ini merupakan teknik pengumpulan data berupa observasi dengan mengamati kemasan lama yang di gunakan, mendapatkan informasi dengan teknik wawancara dan studi pustaka sebagai acuan laporan tugas akhir. Ada lima tahap pengerjaan dalam pembuatan desain kemasan pada Plakat Murah Palembang yaitu konsep kreatif, thumbnail, layout desain, tigh tissue, final desain. Setelah melewati lima tahap perngerjaan ini dihasilkan desain kemasan berupa kemasan primer, kemasan sekunder paper bag, dan kemasan sekunder kotak kardus yang berfungsi sebagai pelindung produk agar aman, nyaman dan memudahkan pelanggan ketika membawa produk dari Plakat Murah Palembang.

Kata Kunci : Desain, Kemasan, Plakat

Full Text:

PDF

References


Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain penelitian kualitatif sastra (Vol. 1). UMMPress.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.

Murtianingsih, K., Savitri, K., Fatmawati, N., Kultsum, S. A., & Oktaviani, T. D. (2021). Potensi Bisnis Usaha Plakat Di Desa Pasir Wetan. Ekono Insentif, 15(2), 102-108.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang, 4, 132997.

Indarti, I., & Purwantoyo, E. (2017). Keefektifan Project Based Learning dengan Observasi pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi. Journal of Biology Education, 6(2), 187-194.

Wulandari, N. G., & Patria, A. S. (2016). Perancangan Desain Kemasan Sekunder Andik Bakery Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 4(2), 278-283.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v0i0.3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.