Budaya Pemasaran Musik Hip-Hop Indonesia Pada Era Post-Pandemi

Wahyu Sidiq Permadi, Ira Andriati

Abstract


Digitalisasi semakin mengubah cara masyarakat melakukan sesuatu, termasuk mendengarkan musik. Awal munculnya media pemutaran musik hanya bisa disimpan dalam piringan hitam, pita kaset dan CD yang tersedia di record store. Berkembangnya teknologi pada musik membuat budaya baru mendengarkan musik, yaitu melalui digital streaming platform. Platform ini memungkinkan penikmat musik mendengarkan lagu dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun. Akan tetapi kemajuan ini tidak sebanding dengan penghasilan yang diterima musisi/manajemen. Mutasi besarbesaran membuat musisi enggan untuk merilis karya secara fisik karena terhitung turun peminatnya semenjak dominasi digital streaming platform. Musisi-musisi kembali memikirkan bagaimana caranya mensiasati budaya digital dalam memasarkan musik agar tetap produktif dan meraih profit dari karyanya, serta sikap melawan dominasi digital dalam publikasi musik.

Kata Kunci : Digitalisasi, Platform Streaming Musik, Record Store, Marketing Musik, Rilisan Fisik, Musik Perlawanan

Full Text:

PDF

References


Alshenqeeti, H. (2015). Interviewing as a Data Collection Method : A Critical Review Interviewing as a Data Collection Method : A Critical Review, (August).

Hill, N. (1937). Think and Grow Rich. The Ralston Society.

Kjus, Y. (2016). Reclaiming the music: The power of local and physical music distribution in the age of global online services.

Netti, S.Y.M., & Irwansyah. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi UNTAR (Vol.10, No.1, Juli 2018).

Resmadi, I., Bastari, R. P., &G. A. Prahara (2020). Analisis Strategi Media Komunikasi Visual Label Rekaman Independen di Era Digital, Demandia, 5(2), 212-232.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV Alphabet.

Putra, R. M., & Irwansyah (2019). Musik Rilisan Fisik Di Era Digital: Musik Indie Dan Konsumsi Rilisan Musik Fisik. Jurnal Komunikasi, 11(2), 128-140.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v0i0.3284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.