Perancangan Stok Foto Untuk Publikasi dan Promosi Media Sosial Udinus Semarang

Daniar Wikan Setyanto, Dzuha Hening Yanuarsari, Gilang Rizky Gardianto

Abstract


Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang merupakan perguruan terakreditasi Unggul yang menempati ranking pertama di Jawa Tengah versi UniRank. Saat ini Udinus memiliki 6 Fakultas dan 23 Program studi. Sebagai sebuah PTS tentunya harus memiliki sarana publikasi dan promosi yang dilakukan secara berkala di sosial media. Salah satu sosial media paling populer di Indonesia adalah Instagram. Namun karena cakupan promosi yang berkaitan dengan Udinus cukup luas dan pengelolaan akun media sosial harus bersifat berkelanjutan, maka perlu adanya sebuah perancangan stok foto yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan publikasi dan promosi. Tujuan dibuatnya stok foto adalah untuk memenuhi kebutuhan materi konten desain yang akan ditayangkan di akun resmi UDINUS secara berkala. Perancangan ini akan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini akan menghasilkan karya stok foto yang bisa di implementasikan di berbagai macam konten desain publikasi, promosi dan iklan UDINUS secara umum.

Kata Kunci : Stok Fotografi, Udinus Semarang, MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Media Sosial, Konten Instagram

Full Text:

PDF

References


Aurum, J. (2016). Hampir fotografi. Gramedia Pustaka Utama.

Banindro, B. S. (2018). KAPITA SELEKTA: Pengkajian Seni Rupa, Desain, Media dan Budaya. Dwi- Quantum.

Dharsito, W. (2015). Dasar Fotografi Digital I: Pengenalan Kamera Digital. Elex Media Komputindo.

Gardianto, G. R., & Setyanto, D. W. (2019). KAJIAN JURNALISTIK DENGAN METODE EDFAT STUDI KASUS FOTO PILKADA 2015 HARIAN SUARA MERDEKA. Gestalt, 1(1), 39–58.

Guy, N. K. (2016). Mastering Canon EOS flash photography. Rocky Nook, Inc.

Luik, J. E. (2020). Media Baru: Sebuah Pengantar. In Media Baru: Sebuah Pengantar. Kencana, Prenada Media Group.

Mulyanta, E. S. (2007). Teknik Modern Fotografi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Pratama, J., & Antonio, K. (2022). Perancangan Dan Implementasi Photo Stock Di SMK Mhs Menggunakan Metode MDLC. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4, 1052–1057.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Roedavan, R., Pudjoatmodjo, B., & Sujana, A. P. (2022). Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Teknol. Dan Inf., Multimedia, 7.

Saraswati, H. D. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media PromosiPada Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(1), 17–30.

Setyanto, D. W. (2017). Estetika Fotografi. In A. Setiawan, A. F. Yogananti, & T. Haryadi (Eds.), Rupa-Rupa Komunikasi Visual Kekinian (pp. 33–48). Suluhmedia.

Setyanto, D. W. (2018). Teori Jangkar Semantik Pada Warna Serta Penerapannya Pada Fotografi Iklan. Audience, 1(2), 144–161.

Yuliadewi, L. (1999). Mengenal Fotografi dan Fotografi Desain. Nirmana, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v0i0.3286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.