Strategi City Branding dalam meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan pada Festival Budaya Tabut Bengkulu

Twenty Mariza Syafitri, Maya Novianti, Darwan Effendi

Abstract


Kontribusi industri pariwisata menjadi salah satu langkah strategi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Pengelolaan kepariwisataan dapat mendorong masyarakat memanfaatkan peluang-peluang yang tercipta dari berbagai kegiatan yang dapat memberikan keuntungan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu yaitu melalui strategi city branding dalam meningkatkan minat berkunjung wisatawan pada Festival Budaya Tabut Bengkulu. Kegiatan Festival Budaya Tabut dapat menjadi salah satu promosi pariwisata Provinsi Bengkulu untuk membantu pemerintah dalam memperkenalkan dan mengundang ketertarikan wisatawan lokal, nasional ataupun internasional untuk berwisata ke Provinsi Bengkulu, dan diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Daerah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) pengaruh city branding terhadap destination image. (2) pengaruh destination image terhadap nostalgia emotion. (3) pengaruh destination image terhadap memorable tourism experience. (4) pengaruh nostalgia emotion terhadap memorable tourism experience. (5) pengaruh nostalgia emotion terhadap minat berkunjung wisatawan pada Festival Budaya Tabut Bengkulu, dan (6) pengaruh memorable tourism experience terhadap minat berkunjung wisatawan pada Festival Budaya Tabut Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan studi kausal. Sampel penelitian ini berjumlah 327 orang pengunjung Festival Tabut Bengkulu dengan menggunakan teknik insidental sampling. Metode analisis data menggunakan program SEM-SmartPLS. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa city branding berpengaruh signifikan terhadap destination image, Destination Image berpengaruh signifikan terhadap Nostalgia Emotion, nostalgia emotion berpengaruh secara langsung terhadap Memorable Tourism Experience, Destination Image berpengaruh signifikan terhadap Memorable Tourism Experience, nostalgia emotion berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan pada Festival Budaya Tabut Bengkulu, serta Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan pada Festival Budaya Tabut Bengkulu.

Kata Kunci: City Branding; Destination Image; Memorable Tourism Experience; Minat Berkunjung

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. ANDI Yogyakarta.

Christou, P. A. (2020). Tourism experiences as the remedy to nostalgia:conceptualizing the nostalgia and tourism nexus. Current Issues in Tourism, 23(5), 612–625.

Crissandro, J. J., & Nasionalita, K. (2020). Pengaruh City Branding” purwakarta Istimewa” Terhadap City Image Kabupaten Purwakarta Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Muda (youth Traveler). E-Proceeding of Management, 1719–1729.

Hair, J. F., Hult, G, T, M., Ringle, C, M., & Sarstedt, M. (2014). A primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications Ltd.

Handayani, S., Kadi, D. C. A., & Fauzi, R. U.

A.(2022). Pengaruh City Branding “Madiun Kota Pendekar” dan E-Wom terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Image Destination sebagai Mediasi. CITACONOMIA : Economic and Business Studies, 01(01), 49–74.

Khairi, M., & Darmawan, D. (2021). The Relationship Between Destination Attractiveness,Location, Tourism Facilities, And Revisit Intentions. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 1(1), 39–50.

Marta, R., & Hasfera, I. P. (2021). City Branding Berbasis Kearifan Lokal. Al- Ma’arif: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(2), 229–238.

Rahayu, R., Nurmandi, A., Salahudin, & Dewi, D. S. K. (2020). “Pemalang pusere Jawa”: Model City Branding dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Society, 8(2), 325–342.

Ruspitasari, W. D., & Cahyanti, M. M. (2021). Influence of Memorability, Nostalgia, and Revisit Intention in Creative Tourism. The 3th International Conference On Economics And Business, 30–37.

Safitri, L. R., & Abdurrahman, A. (2023). Memorable Tourism Experiences, And Tourist Satisfactions On Traveller Loyalty (Study On Traveller Users Of The Tiket. Com App). Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 16(1), 153–172.

Salsabila, A. D., Wijayanti, Y. T., Nurmalita, W., & Karma, A. W. (2022). City Branding Strategy of Yogyakarta Tourism Office in Maintaining Destination Image Amid the Rise of Klitih News. In Annual International Conference on Social Science and Humanities (AICOSH 2022), 190–197.

Setiawan, R., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Gaffar, V. (2021a). Does Nostalgic Emotion Affect The Memorable Tourism Experience? Advances in Economics, Business and Management Research, 657(1), 299–303.

Setiawan, R., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Gaffar, V. (2021b). Model Nostalgic Emotion dalam Menciptakan Tourist Engagement. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 139–145.

Soehadi, A. W., & Ardianto, E. (2019). The role of participation in memorable tourism experience: a comparative case of Cap Go Meh festival and Linggarjati festival in Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 22(1), 99–114.

Suradi, A., Tabata, Mary, C., & Surahman, B.(2020). The History and Values Of Tolerance in Tabot Traditional Ceremonies in Bengkulu Society. Paramita: Historical Studies Journal, 30(2), 170– 179.

Suryaningsih, I. B., Nugraha, K. S. W., & Ramadhani, J. F. (2023). Building Destination Competitiveness Through Memorable Tourism Experience. Economic Education Analysis Journal, 12(3), 266–278.

Wijaya, J. A. (2022). Tabot Sebagai City Branding Kota Bengkulu. Jurnal Empirika, 6(1), 67–84.

Yadindrima, N. E., Subagiyo, A., & Wicaksono, A.D. (2021). Pengaruh Destination Image Kota Malang Terhadap Tourist Loyalty. Planning for Urban Region and Environment, 10(4), 117– 128.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v0i0.3289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.