BENTUK DAN MAKNA SIMBOL PADA ELEMEN EKSTERIOR GAPURA DI JALAN KOTA BANDUNG

Teddy Ageng Maulana, Kuntum Indah Purnama Sari

Abstract


There are gateways at some streets in Bandung. White gateways with classic-style design were the marker of Bandung City in the past. Each gateway has different model. Street-style model was built on Jalan Sudirman, pedestrian model was on Jalan LL.RE. Martadinata and Ir.H Djuanda, Tugu or iland model on Wastukencana, Katamso, Cihampelas and Astanaanyar. Their exteriors are also varied in terms of shapes and symbolic meanings. This research uses descriptive qualitative method with semiotic theory approach referring to Charles Sanders Pierce's theory. The results of the analysis show that there share similarities, such as white visual aspect, classic design and a tiger icon on the gateway of pedestrian model showing the palace complex and also lights that are the heritage icons of Bandung. However, the gateway of street-style model is different in which it has no tiger symbol, but still has the look of Bandung heritage with lights attached to its wall.

Keywords: Heritage, Gateway, Monumental Exterior

____________________________________________________________________

 

Kota Bandung memiliki Gapura di sejumlah titik Jalan Kota Bandung, Gapura berwarna putih yang didesain klasik penanda Kota Bandung pada zaman dahulu. Setiap gapura di Kota Bandung memiliki bentuk yang berbeda-beda. Model street style dibangun di Jalan Sudirman, model pedestrian ada di Jalan LL.RE. Martadinata dan Ir.H Djuanda, model Tugu atau iland di Wastukencana, Katamso, Cihampelas dan Astanaanyar Bentuk dan makna simbol berbeda pada setiap eksterior gapura di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori semiotika yang meujuk pada teori Charles Sanders Pierce . Hasil analisis terdapat kesamaan yang menunjukan bahwa aspek visual yang berwarna putih, dengan desain klasik dan ikon harimau pada gapura model pedestrian yang menunjukan kawasan komplek kraton dan juga lampu yang menjadi ikon heritage Kota Bandung. Namun ada perbedaan di gapura model street style tidak adanya lambang harimau, namun tetap terlihat heritage dengan lampu yang menempel pada dinding.

Kata KunciHeritage, Gapura, Monumental Eksterior


Full Text:

PDF

References


Amir, Yasraf. (2017). Kecerdasan Semiotik. Aurora. ISBN: 978-602-6096-34-0

Ensiklopedia. (2019). Gapura. https://id.wikipedia.org/wiki/Gapura

Merdeka Bandung. (2020). Gapura dan tugu jadi penanda sebagai kota lama di Bandung https://bandung.merdeka.com/pariwisata/gapura-dan-tugu-jadi-penanda-sebagai-kota-lama-di-bandung--180103j.html

Suwarna. (1987). Tinjauan Selintas berbagai Jenis gapura Di Daerah Istimewa Yogyakarta (0.2 Volume). D.I Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.

Sosial, K., Kholisya, U., Maya, S., & Purnengsih, I. (2017). Karakteristik Gapura Di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah (Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi). Jurnal Desain, 04 No.02,(1957)




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v8i2.1520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com