PENGARUH MAKNA EMOTIF DARI MODIFIKASI MOTOR DENGAN GAYA SCRAMBLER TERHADAP PENGGUNA

Teuku Zulkarnain Muttaqien

Abstract


People use expression when they see something. The expressions such as ‘macho’ and ‘cool’ for a modified scrambler motorcycle may be meaningless, but they can cause the owner to feel an emotional tie towards his motorcycle and thus affects his feeling and attitude. Emotive meaning involves feelings between a person who expresses and another person who receives its expression. Its meaning is positive in nature. The study aims to analyze the effect of wording on the behavior of modified scrambler motorcycle riders. All this time the impressions formed about the riders of modified scrambler motorcycle are uncouth, disobedient, etc. It is expected that the positive expressions that come from the riders’ environment can reduce the negative impressions. The researcher identified the positive expressions by using a semantic approach and then analyzed their impact on the riders. Changes in the riders’ behavior cannot be noticed immediately because it takes some time to change habits, yet environmental support is very helpful in achieving the goal.

Keywords: emotive meaning, modification, behavior, scrambler

____________________________________________________________________

 

Ungkapan menunjukan rasa tertarik muncul ketika seseorang melihat sesuatu yang bagus, salah satunya adalah modifikasi motor scrambler, ungkapan gagah atau keren itu sekilas tidak memiliki makna namun dapat menimbulkan kaitan emosional antara pemilik dengan motornya sehingga memengaruhi perasaan dan sikap pemilik. Makna emotif adalah makna yang melibatkan perasaan antara yang mengungkapkan dengan penerimanya, makna emotif bersifat positif meskipun kadang menunjuk pada sesuatu yang lain yang tidak sama dengan dunia nyata. Tujuan dari kajian ini adalah menganalisa pengaruh kata-kata ungkapan pada perilaku pengguna motor modifikasi, kesan yang ditimbulkan dari motor modifikasi adalah urakan, tidak patuh aturan dan lain-lain, diharapkan dengan adanya ungkapan positif yang muncul dari lingkungan pengguna dapat mengurangi kesan negatif tersebut. Metode yang dilakukan adalah mengidentifikasi kata ungkapan yang muncul dengan pendekatan semantik lalu menganalisa dampaknya terhadap pengguna. Perubahan perilaku pengguna tidak dapat diketahui seketika, perlu waktu untuk merubah kebiasaan, dukungan lingkungan sangat membantu dalam mencapai tujuan.

Kata kunci: makna emotif, modifikasi, perilaku, scrambler


Full Text:

PDF

References


Djajasudarma, Fatimah. 2013. Semantik 2, Relasi Makna Paradigmatik, Sintagmatik, dan Derivasional. Refika Aditama.

Mustafa, Hasan. 2011. Perilaku Manusia Dalam Perfektif Psikologi Sosial. Jurnal Administrasi Bisnis.

Timotius, Kris H. 2018. Otak dan Perilaku. Penerbit Andi.

Wade, Carole dan Tavris, Carol. 2008. Psikologi (Jilid 1) (Edisi 9). Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v8i2.1528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com