PENGAPLIKASIAN TEKNIK POLA ZERO WASTE PADA BUSANA READY-TO-WEAR PRIA

Shafa Rahmani Faza, Faradillah Nursari

Abstract


Nowadays, the waste problem of the fashion industry becomes a recurring topic worldwide. The significant increase in clothing waste every year has driven people involved in the fashion industry to solve the problem.  Thus, the zero-waste pattern technique is applied as one of the solutions. It maximizes the use of clothing material and leaves no more than 15% waste out of the total fabrics. Although it has been used for some time in Indonesia, the outfit variation is limited. Regarding this, the research is aimed to apply the zero-waste pattern technique on ready-to-wear apparel for men. It uses a qualitative method, literature study, observation, and exploration. The research resulted in ready-to-wear apparel for men designed with the zero-waste pattern technique as an alternative design.

 

Key words: zero waste, ready-to-wear fashion for men, fashion

----------------------------------------------------------------------------------------- 

Saat ini, limbah hasil industri fashion sudah seringkali menjadi perbincangan. Bertambahnya limbah pakaian cukup signifikan tiap tahunnya, sehingga membuat banyak orang yang bergelut di dunia fashion mencari solusi dari permasalahan tersebut. Dari sekian banyak cara, satu hal yang dapat dilakukan dalam penanganan limbah pakaian adalah menerapkan teknik pola zero waste. Teknik pola zero waste adalah teknik dalam memanfaatkan kain produksi busana sehingga limbah yang dihasilkan tidak melebihi 15% dari kain keseluruhan. Teknik ini sudah cukup awam digunakan di Indonesia, namun variasi busana yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknik pola zero waste pada busana ready-to-wear pria. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber studi literatur, observasi, dan eksplorasi. Hasil dari penelitian ini adalah busana ready-to-wear pria dengan teknik pola zero waste yang diharapkan dapat dijadikan sebagai desain alternatif dalam penerapan pola zero waste.

 

Kata kunci: zero waste, busana ready-to-wear pria, fesyen


References


English, B. (2013). A Cultural History of Fashion in the 20th and 21st Centuries. Bloomsbury Publishing Plc. London.

Faza, S. R. (2021). Penerapan Zero Waste Fashion Design Pada Busana Men’s Ready-to-Wear dengan Aplikasi Rekalatar.

Midiani, T. D. dkk. (2015). Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Industri Mode Nasional 2015 – 2019. PT. Republik Solusi. Jakarta.

Nursari, F. dan Djamal, F. H. (2019). Implementing Zero Waste Fashion in Apparel Design. 6th Bandung Creative Movement 2019 (pp. 98-104). Bandung: Telkom University.

Nursari, F. dan Hervianti, D. F. (2017). Potensi Penerapan Konsep Zero Waste Pada Busana Tradisional Studi Kasus: Kimono.

Rissanen, T. dan McQuillan, H. (2016). Zero waste fashion design. Bloomsbury Publishing Plc. London.

Sari, A. D. K. (2019). Langkah Terapkan Zero Waste Lewat Mode. https://lifestyle.bisnis.com/read/20190321/104/901766/langkah-terapkan-zero-waste-lewat-mode-. 30 Oktober 2020 (14:47).

Sawhney, K. dan Baruah, S. (2020). ZERO-WASTE PATTERN CUTTING. https://textilevaluechain.in/in-depth-analysis/articles/textile-articles/zero-waste-pattern-cutting/ diakses pada 24 Juli 2021.

Sudharsana, T. I. R. C. (2016). Wacana Fesyen Global dan Pakaian di Kosmopolitan Kuta. Disertasi. Universitas Udayana. Bali.

Thamrin, M. Y. (2019). Demi Kelestarian Bumi Ayo Bertukar Baju. https://nationalgeographic.grid.id/read/131717564/demi-kelestarian-bumi-ayo-bertukar-baju?page=all diakses pada 30 Oktober 2020.

Wattimena, S. (2019). Saatnya Mengurangi Limbah Fashion. https://tokohinspiratif.id/saatnya-mengurangi-limbah-fesyen/ diakses pada 22 Maret 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v9i2.1721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com