PENGOLAHAN KUNINGAN MENJADI EMBELLISHMENT PADA PRODUK FASHION

Silvia Thessalonica Sinuraya, Marissa Cory Agustina Siagian, Ahda Yunia Sekar

Abstract


Brass Is a mixture of copper with zinc which can produce a gold-like luster. Brass handicraft products can also be processed into fashion products for embellishment. Orchid is a very popular ornamental plant, with a wide variety of colors and shapes. One of them is the black orchid. By combining these aspects, black orchids with unique and rare types can make fashion products with embellishment from brass material into items that look more luxurious with their image. With this explanation, there is a potential for brass metal to be processed into modular embellishment in fashion products, especially with the black orchid model to be applied to fashion products. Using qualitative methods in order to produce valid data with exploration methods are also used by knowing the proper processing and composition to get good beads. The results of this research aim to develop and create the latest innovations in embellishment beading from brass metal, especially etsa and ukir techniques so that they can be applied to fashion products.

Keywords: Brass, Embellishment, Black Orchid, Fashion Products

------------------------------------------------------------------------------------------

Kuningan merupakan campuran tembaga dengan seng yang dapat menghasilkan kilau seperti emas. Produk kerajinan kuningan juga dapat diolah menjadi produk fashion sebagai embellishment. Anggrek merupakan tanaman hias yang sangat populer, dengan memiliki berbagai macam warna dan bentuk. Salah satunya adalah anggrek hitam. Dengan menggabungkan aspek ini, anggrek dengan jenis yang unik dan langka dapat membuat produk fashion dengan embellishment dari bahan kuningan menjadi barang yang lebih terlihat mewah dengan image-nya. Dengan keteragan tersebut, adanya potensi pada logam kuningan untuk diolah menjadi modular embellishment pada produk fashion, khususnya dengan model anggrek hitam untuk diaplikasikan pada produk fashion. Dengan menggunakan metode kualitatif agar menghasilkan data yang valid. Metode eksplorasi juga digunakan dengan cara mengetahui pengolahan dan komposisi yang tepat untuk mendapatkan beads yang baik. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan membuat inovasi terbaru dalam embellishment beading dari bahan logam, khususnya teknik etsa dan ukir agar dapat di aplikasikan kepada produk fashion.

Kata Kunci: Kuningan, Embellishment, Anggrek Hitam, Produk Fashion


References


Allen, P., S. dan Stimpson, M., F. 1994. Beginnings of Interior Environment. Macmillan College Publishing Company, Inc.

Bartels, M. 2007. Budidaya Tanaman Anggrek, Klaten: Sahabat

Dieter, G., E. 1996. Metalurgi Mekanik. Erlangga: Jakarta

Nurhadiat, D., 2004. Seni Rupa. Grasindo.

Jurnal Referensi

Aprinsyah, F., P., dan Bastama, W., N., U. (2018). Potensi Teknik InterlockingModular Sebagai Embellishment Pada Busana Ready-To-Wear Deluxe. ATRAT, Vol. 6 (3), 280-285.

Safitrti, S., dan Siagian, M., C., A. (2019). Penerapan Embellishment Pada Busana DemiCouture Dengan Inspirasi Wayang Golek Jawa Barat. E-Proceding of Art & Design, Vol. 6 (2), 1886.

Putri, T., R. (2019). Pengolahan Limbah Sisik Ikan Kakap Sebagai Bahan Material Beads Dan Menerapkannya Menggunakan Tehnik Bordir. Bandung: Telkom Universitas.

Siagian, M., C., A., dan Nursari, F. (2019). Perbandingan Sisik Kakap Sebagai Embellishment pada Couture. Konferensi Internasional Gerakan Kreatif Vol. 6. Telkom Universitas.

Daftar Pustaka dari Situs Internet (Website):

Anggrekmania.com. 2020. 16 Jenis Anggrek Termahal 2021 Di Dunia Saat Ini. [online] From:https://www.anggrekmania.com/jenis-anggrek-termahal/. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2021pukul 17:30.

Contemplativecomputing.org (2020). Contoh Kerajinan Kuningan Indonesia dan Teknik Pembuatannya. [online] From:https://contemplativecomputing.org/kerajinan-kuningan/. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2021pukul 17:50.

Madeintumang.com (2019). Teknik Kerajinan Logam yang Sangat Mempesona. [online]. From: https://madeintumang.com/teknik-kerajinan-logam-yang-sangat-mempesona/. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2021pukul 20:20.

Phinemo.com (2019). Aggrek Hitam Papua, Keindahan Surgawi yang Diperebutkan Dunia. [online]. From:https://phinemo.com/anggrek-hitam-papua-keindahan-surgawi-yang-diperebutkan-dunia/. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2021pukul 16:10.

Rumah.com (2020). Mengenal Anggrek Hitam, Bunga Langka yang Eksotis. [online] From:https://www.rumah.com/panduan-properti/anggrek-hitam/. Access 22-03-2021

Teknologi dan Umum.blog (2020). Logam Kuningan: Karakteristik dan Sejarahnya. [online] From:https://teknikjaya.co.id/logam-kuningan/. Access 22-03-2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v9i3.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com