EKSPLORASI BAHASA WARNA PADA KARAKTER EMOSIONAL FILM ANIMASI “INSIDE OUT”

Afida Gayego, Audrey Lutfianti, Ica Amalia

Abstract


The animated film “Inside Out” has an interesting story and a light plot that manages to make the audience happy, sad, upset, and touched. This animation uses color for each emotional character. This is interesting to be discussed because it can be analyzed with Ferdinand theory and color scheme analysis so that we can find out the use of color in the animated film “Inside Out”. This study uses a descriptive qualitative research type, while to conduct the analysis, a semiotic analysis approach is used to reveal the meaning of color language through signs. Then to underlie the development of the analysis, the Ferdinand theory was used. The findings of this study are that the use and use of color in the animated cartoon Inside Out has a very large influence in delivering the message and the intended atmosphere to the audience. Each color has a meaning that can be chosen, combined, and matched with the character and atmosphere you want to show.


Keywords: Animation, Type of color, Meaning of Color

-------------------------------------------------------------------------------------

Film animasi “Inside Out” memiliki cerita yang menarik dan alur yang ringan berhasil membuat para penontonnya dibuat senang, sedih, kesal dan terharu. Animasi ini menggunakan warna warna pada setiap karakter emosionalnya, Hal ini menarik untuk menjadi pembahasan karena dapat dianalisis dengan teori Ferdinan dan analisis skema warna sehingga kita dapat mengetahui pemanfaatan warna pada film animasi “Inside Out”. Penelitian ini dalam mencapai tujuan analis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan untuk melakukan analisis digunakan pendekatan analisis semiotika guna mengungkap makna dari bahasa warna melalui tanda. Kemudian untuk melandasi pengembangan analisis digunakan teori Ferdinant. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan dan pemanfaatan warna pada animasi kartun Inside Out memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penyampaian pesan dan suasana yang dituju kepada penonton. Setiap warna memiliki makna yang dapat dipilih, dikombinasikan, dan dicocokkan dengan karakter dan suasana yang ingin ditunjukkan.

Kata kunci: Animasi, Jenis warna, Makna Warna


References


Faisal, S. (1992), Format-format Penelitian Sosial, Rajawali Press, Jakarta.

Klimchuk, M.R. (2007). Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang

Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Pen- jualan, Erlangga : Jakarta.

https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2020/05/20/1945282255.jpg

https://mizzucosmetics.com/product/khong-guan-face-palette/




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v10i2.1823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com