TREND FASHION, AURAT DAN KOMUNITAS EMAK_EMAK DI LINGKUNGAN UJUNG BERUNG

Ghaza Ayeesha T.H.A, Asep Miftahul Falah

Abstract


The trend of fashion style in this modern era has developed a lot with a more attractive style. So that today’s women are starting to change their fashion style to keep up with the times to look fashionable and not out of date. For women and mothers(Emak-Emak) in particular, of course you don’t want to be left behind in clothing, both in terms of models and how to close the genitals as well. This study aims to (1) find out how the role of Emak-emak in a trend, especially in bergo veils and (2) to find out how this veil is a trend because of Emak-emak. This study uses a qualitative method which uses data collection techniques through written documents and uses existing analytical theories, and this study also uses a fashion trend analysis approach. The results of this study indicate that the influence of mothers on the trend is indeed large because of attitudes and traits that are easily influenced and influenced.

Keywords: emak-emak, bergo veils, trend, fashion

-------------------------------------------------------------------------------

Trend gaya busana di era modern ini sudah banyak berkembang dengan gaya yang lebih menarik. Sehingga perempuan-perempuan jaman sekarang mulai merubah gaya berbusananya mengikuti jaman agar terlihat modis dan tidak ketinggalan jaman. Untuk perempuan dan ibu-ibu khususnya, tentu saja tidak ingin ketinggalan dalam berbusana, baik secara model dan Bagaimana Menutup Aurat juga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana peran emak-emak dalam sebuah trend khususnya pada kerudung bergo dan (2) Untuk mengetahui Bagaimana bisa kerudung ini trend karena emak-emak. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang mana menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumen tertulis dan menggunakan teori-teori analisis yang sudah ada, dan penelitian ini juga menggunakan pendekatan analisis trend fashion. asil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh emak-emak pada Trend memang besar adanya karena sikap dan sifat yang mudah terpengaruhi dan mempengaruhi.

Kata Kunci: Emak-emak, kerudung bergo, trend, busana


References


Arianti, Gusmia and Asri, Rahman (2019). Pengaruh personal

branding Sandiaga Uno terhadap minat pemilih perempuan pada pilpres 2019. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10 (1). pp. 1-7. ISSN 2686-1992

Journal Community Development and Society Vol.1 Ed.1,June 2019 Page 44

Journal Community Development and Society Vol.1 Ed.1,June 2019 Page 47

Putri, M. N. F., & Diandra, D. (2018). Analysis of Marketing Strategy to Accelerate Business Growth of Painted Veil Dr. Kerudung Lukis. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01), 57 - 65. Pengertian Dan Jenis-jenis Komunitas Menurut Ahli, Comunity Development Academic, Binus University

Riduwan, Faizol. “Makna Jilbab Bagi Komunitas Hijabers Surabaya”. The Sociology of Islam 3 (1). http://jurnalfisip.uinsby.

ac.id/index.php/JSI/article/view/38.

Suharianto, Imam (2016) Pemaknaan Gaya Busana Mahasiswi di Tengah Arus Modernisasi (Studi Kasus pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar). Undergraduate (S1) thesis,

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v10i2.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com