EKSPLORASI PENGOLAHAN NATURAL PIGMENT BUNGA KENIKIR DAN PENGAPLIKASIANNYA PADA BERBAGAI MEDIA BERBASIS BAHAN ALAMI

Teten Rohandi, Hilman Cahya Kusdiana, Farid Kurniawan Nur Zaman

Abstract


Color cannot be separated from the field of fine arts, because color is an important element that has a role and classification. In the modern era, color comes in the form of manufactured products, many of which are made with chemicals, and it is not uncommon for the manufacturing process, use and waste to endanger the environment and the health of users. Based on the problems above, this research is considered important to carry out as an effort to create environmentally friendly paint that can be applied to various media. The method in this research is an exploratory method. The results of this research are formulations of the composition of various paints in their application to various mediums, especially painting on paper, canvas, wood and iron. The results of this research can be applied to various subjects or courses in fine arts practice. Furthermore, it can be used by the general public to beautify the products they create without having to sacrifice environmental sustainability and their own health.

Keywords: exploration, natural pigment, fine art media

------------------------------------------------------------------------------------

Warna tidak bisa dipisahkan dari bidang seni rupa, karena warna merupakan salah satu unsur penting yang memiliki peran dan klasifikasi. Di era modern, warna hadir dalam bentuk produk pabrikan yang banyak dibuat dengan bahan kimia, dan tidak jarang proses pembuatan, penggunaan, dan limbahnya membahayakan kelangsungan lingkungan dan kesehatan penggunanya. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini dianggap penting untuk dilakukan sebagai upaya menciptakan cat ramah lingkungan yang dapat diaplikasikan pada berbagai media. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi. Hasil dari penelitian ini berupa rumusan komposisi dari berbagai cat dalam pengaplikasiannya pada berbagai medium, terutama seni lukis baik kertas, kanvas, kayu, maupun besi. Hasil dari penelitian ini dapat diaplikasikan pada berbagai mata pelajaran atau mata kuliah praktek seni rupa. Lebih jauh, dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk memperindah produk ciptaannya tanpa harus mengorbankan keberlangsungan lingkungan dan kesehatan dirinya.

Kata kunci: eksplorasi, natural pigment, media seni rupa

References


Arini, N., D.W. Respatie dan S. Waluyo. 2015. Pengaruh takaran sp36 terhadap pertumbuhan, hasil dan kadar karotena bunga Cosmos sulphureus Cav. dan Tagetes erecta L. di dataran rendah. Vegetalika. 4(1):1-4

Aritonang, Liesbeth. (2013). Pengetahuan Warna. Bahan Kuliah MK. Pilihan Pengetahuan Warna, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Sains dan Teknologi TD.

Pardede, Medan Fachry, A.R. (2013). Ektraksi Senyawa Kurkuminoid dari Kunyit (Curcuma sp.) sebagai Zat Pewarna Kuning pada Proses Pembuatan Cat. Laporan Tugas Akhir. Universitas Sriwijaya.Palembang.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: RAJAWALI PERS.

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek warna dalam dunia desain dan periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.

Narayanaswamy, G. 2006. Management of Contract Farming in Marigold (Tagetes erecta L.)

Production. Doctoral dissertation. University of Agricultural Sciences

Dharwad, Karnataka. Purba, E, F & Simanjuntak, P. (2012). Metode Penelitian. Medan: Universitas HKBP

Nomennsen. Rahman, A. (2014). Studi Pembuatan Cat Tembok Emulsi dengan Menggunakan Kapur sebagai Bahan Pengisi. Jurnal Rekayasa Kimia dan Industri. 10(2): 63 69.

Rofa Yulia Azhar. (2012). Proses Pembuatan Cat dan Bahaya yang Ditimbulkannya. www. share_pangaweruh.com




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v11i3.3178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com