WARNA PADA RAGAM HIAS BATIK KLASIK SEMÈN GAYA YOGYAKARTA

Suryo Tri Widodo, G.R. Lono Lastoro Simatupang, R. M. Soedarsono, S. P. Gustami

Abstract


This article focuses on colour which is applied on a classic batik motif of semen from Yogyakarta that is known as acentral of inland batik. Classic batiks are rich of symbolic meaning both in motif and colour. Based on identification and analysis result, it can be explained that semèn motif of classic Yogyakarta batik has its own distinctive color. Brown (soga), blue (wedel), black, and dominant white are peculiar to Yogyakarta. Meaning contained incolors of semèn motif of classic Yogyakarta batik is one of the significant elements in the whole visualization of batik. Connotation meaningsof virtue and positive wishes are implied in it.

Keywords: Classic Batik, Inland Batik, Colour of Javanese Batik, Meaning of Batik Colour

___________________________________________________________________


Artikel ini mengkaji unsur warna yang diterapkan pada ragam hias batik klasik semèn dari daerah Yogyakarta, yang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil batik pedalaman. Batik klasik yang sarat akan makna simbolis tidak hanya terletak pada unsur visualisasi ragam hiasnya saja namun juga pada unsur warna yang diterapkan. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis, maka dapat dijelaskan bahwa ragam hias batik klasik semèn khususnya di daerah bekas kerajaan Mataram, yaitu Yogyakarta memiliki spesifikasi warna tersendiri yang sangat khas. Warna coklat (soga ), biru (wedel), hitam, dan dominasi warna putih menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Makna yang dikandung di dalam unsur warna pada ragam hias batik klasik semèn dari daerah Yogyakarta, menjadi salah satu unsur yang penting dalam perwujudan sebuah kain batik secara keseluruhan. Konotasi tentang kebaikan dan harapan yang positif tersirat dalam penerapannya tersebut.

Kata Kunci: Batik Klasik, Batik Pedalaman, Warna Batik Jawa, Makna Warna Batik


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v3i3.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com