STRATEGI KREATIF TEMA PAHLAWAN DALAM IKLAN MEDIA SOSIAL BUKALAPAK

Ira Wirasari, Tresna Ferdiana

Abstract


The world of advertising is developing rapidly. This research aims to reveal  the way creative strategy used in visual TVC of Bukalapak ad festival and the impacts of Bukalapak advertisement on consumer behaviour. The data were analyzed by theory of advertising, promotions, creative strategy, visual communication design, and AISAS. Qualitative method was employed in the study. The results show that Bukalapak advertisements are able to convey its messages to the target audience; humor elements in the ads are effective to attract the attention of target audience, persuade them and eventually increase their sales. Bukalapak has succeeded in its creative strategies to differ from its competitors.  To sum up, it uses so effective visual tactics that it is able to persuade the target audience well.

Keywords: Bukalapak, Messages, Creative Strategy, Advertising, Competitors

________________________________________________________________

 

Dunia periklanan saat ini sedang berkembang dengan pesat, banyaknya pengiklan melakukan  pemasaran dengan beragam strategi kreatif  di media konvensional maupun digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah strategi kreatif yang digunakan dalam visual TVC festival iklan Bukalapak dan bagaimanakah pengaruh iklan Bukalapak terhadap perilaku konsumen. Teori analisis yang digunakan adalah teori dari periklanan, promosi, strategi kreatif, DKV, dan AISAS. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Bukalapak mampu untuk menyampaikan pesan melalui iklannya dengan baik kepada khalayak, Unsur humor pada iklan Bukalapak mampu untuk mempersuasi,menarik perhatian, mengingatkan, dan meningkatkan penjualan, Bukalapak berhasil dalam strategi kreatifnya yang mampu mendiferensiasi. Bukalapak menggunakan taktik visual yang baik, mampu mempengaruhi khalayak dengan baik.

Kata Kunci: Bukalapak, Pesan, Strategi Kreatif, Iklan, Kompetitor


References


J. Thomas Russel & W Ronald Lane. (1999). Klepper’s, Advertising Procedure.

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Grafiti.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Prenhallindo.

Lee, Monlee dan Carla Johnson. (2011). Prinsip Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.

Philip Kotler and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Prastianingtias, Febru, Kansa. (2016). Analisis Strategi Kreatif Iklan TV Fitbar Snacking With No Worry Terhadap Persepsi Konsumen. Skripsi pada FIK Universitas Telkom Bandung.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif, Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rizal dan A. Furinto. (2009). Marketing Reload: Kompilasi Konsep dan Praktik Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto, M. (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing, Jakarta : Andi

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyama, Kotaro & Andree, Tim. (2011). The Dentsu Way. United States: Dentsu Inc.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v6i2.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com