PENGAPLIKASIAN IMAGE ALAM KABUPATEN SUKABUMI PADA TENUN SUKABUMI DENGAN TEKNIK MARBLING

Nadia Siti Azahra, Aldi Hendrawan

Abstract


Sukabumi region is so dynamic viewed from the variety of landforms that  it is called Gurilaps which means Gunung (Mountain), Rimba (Forest), Laut (Sea), Pantai (Beach) and Sungai (River). With such diversity, there are many areas in Sukabumi that is successfully managed to be wonderful tourism objects. These natural tourism objects are potential as inspiration to be applied in design concept of woven fabric produced by a company dedicated to the villagers of Cicohod, Sukabumi. The fabric manufacture is conducted through marbling technique, which  is a fabric colouring technique by means of dye on the surface of the water or fluid resulting in a dynamic pattern. This research uses direct observation method  by observing the process of silk weaving and also exploratory research method by using marbling technique as a supporting method. The purpose of this design is  to introduce the uniqueness of Sukabumi through textile innovation such as Sukabumi woven fabric manufactured with  the concept of its dynamic nature as reflected through marbling technique.

Keywords: Marbling, Silk Weaving, Sukabumi

__________________________________________________________________

 

Sukabumi merupakan wilayah yang sangat dinamis dilihat dari bentuk lahan yang bervariasi sehingga munculah sebutan Gurilaps, yang berarti Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai. Dengan keberagaman wilayah inilah banyak daerah yang dikelola menjadi objek wisata yang indah. Wisata alam seperti pantai dan curug di Kabupaten Sukabumi ini berpotensi untuk dijadikan inspirasi yang akan diaplikasikan pada konsep menghias kain dalam perancangan kain Tenun yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang berdedikasi pada warga kampung Cicohod, Sukabumi. Pengolahan kain dilakukan dengan teknik marbling, yaitu teknik pewarnaan kain melalui media pewarna di atas permukaan air/ cairan yang menghasilkan corak dinamis. Perancangan ini dilakukan dengan metode observasi langsung melalui pengamatan dalam proses pembuatan Tenun Sukabumi, dan juga metode penelitian eksploratif dengan menggunakan teknik marbling sebagai pendukung. Tujuan dari perancangan ini yaitu mengenalkan daerah Sukabumi melalui inovasi Tekstil berupa kain Tenun Sukabumi yang diolah dengan konsep kedinamisan alam sukabumi yang dituangkan melalui teknik marbling.

Kata Kunci: Marbling, Tenun Sutra, Sukabumi


References


Agung Riyadi, dkk. (2015). Jurnal: Analisis Pertumbuhan Industri Tekstil dan Produk Tekstil di Berbagai Provinsi di Pulau Jawa, Surakarta: Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Biro Umum dan Humas. (2010). Industri Tekstil dan Produk Tekstil Di Revitalisasi. Kementrian Perindustrian. http://kemenperin.go.id/artikel/60/Industri-Tekstil-Dan-Produk-Tekstil-Di-Revit. 21 Juli 2010.

Irma Hardisurya, dkk. (2011). Kamus Mode Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nanang Rizali. (2012). Metode Perancangan Tekstil. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Sadjiman Sanyoto E. (2009). Nirmana Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Suwati Kartiwa. (2007). Iragam Kain Tradisional Indonesia: Tenun Ikat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utami Trias. (2005). Tugas Akhir: Pemanfaatan Kepompong Sutra Emas pada Tenun ATBM sebagai Tekstil Busana, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia.

Walker A., John. (2010). Desain, Sejarah, Budaya Sebuah Penghantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Widya Annisa N. (2014). Tugas Akhir: Pengembangan Teknik Marbling dan Teknik Cringkled pada Produk Fashion Ready to Wear, Bandung: Fakultas Industri Kreatif: Telkom University

Yuliarma. (2016). The Art of Embrodery Designs: Mendesain Motif Dasar Bordir dan Sulaman, Jakarta: PT Gramedia.

Zainuddin, Imam Buchori. (tt.). Wacana Desain. Bandung: Penerbit ITB.http://sukabumikab.go.id/home/page.php?id=7&q=Letak-Geografis. https://www.sukabumikota.go.id/page/geografis.html




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v6i1.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com