KARYA SENI PATUNG: “KEGELISAHAN WANITA TERHADAP KANKER SERVIKS”

Putri Lestari, Joko Dwi Avianto, Bambang Sapto Hutomo

Abstract


This work aims to find out more about a woman’s life and the consequences of women’s habits to accentuate comfortable but they didn’t care about their health and cause the cancer in to the body. How to visualize the cancer into a Barbie because that Barbie could represent women around the world with her beautiful face that doesn’t guarantee that she is healthy and she can not dismiss the nature that she is a woman who have a risk of cancer. This work uses literature study methods, interviews and analysis, which looks for source from books, the internet and searchs for more accurate sources by interviews reliable people and then analyze the facts and make the work by the results of the analysis that has been done. this work explains about cervical cancer that became the main cause of death of the women in the world, especially in Indonesia and also explains about Barbie’s relationship with the artist and the history of a Barbie and become stereotypes of beautiful women.

Keywords: Woman, Cervical Cancer, Barbie

___________________________________________________________________

 

Pengkaryaan ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kehidupan seorang wanita dan akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan hidup wanita yang menjunjung tinggi kenyaman hingga tidak mempedulikan kesehatan mereka dan berujung pada perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh para wanita. Bagaimana visualisasi bentuk kanker tersebut menjadi Barbie dan Barbie yang dapat mewakili wanita di seluruh dunia dengan kecantikan parasnya yang tidak menjamin bahwa dirinya sehat dan tidak dapat memungkri kodrat bahwa dirinya merupakan seorang wanita yang berisiko terkena kanker. Pengkaryaan ini menggunakan metode studi pustaka, wawancara, dan analisis, yaitu mencari sumber-sumber dari buku dan internet lalu mencari sumber yang lebih akurat dengan cara mewawancarai narasumber yang terpercaya lalu setelah itu menganalisis sumber-sumber tersebut dan membuat karya dari hasil analisis yang telah dilakukan. Pada pengkaryaan ini dijelaskan tentang kanker serviks yang menjadi penyebab kematian utama wanita di dunia terutama Indonesia dan dijelaskan pula mengenai hubungan Barbie dengan penulis dan sejarah Barbie hingga dapat mendunia dan menjadi stereotip dari wanita cantik. 

Kata Kunci: Wanita, Kanker Serviks, Barbie


References


Beauvoir, S. D. (2016). Second Sex: Kehidupan Perempuan. Narasi, Yogyakarta.

Damajanti, I. (2006). Psikologi Seni (Cetakan Pertama). PT Kiblat Buku Utama, Bandung.

Gerber, R. (2009). Barbie & Ruth. Harper Collins Publishers, United States.

Savitri, A. (2015). Kupas Tuntas Kanker Payudara, Leher Rahim & Rahim. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Triadi, B. E. (2017). Katarsis Dalam Pandangan Aristoteles. (Jurnal Fotografi). SCRIBD, Jakarta.

Kartika, D.S. (2017). Seni Rupa Modern (Edisi Revisi). Rekayasa Sains, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v6i1.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com