KATARSIS TERHADAP PERPISAHAN PADA KARYA SENI PATUNG

Rizki Anugraha

Abstract


Every human being have been experiencing by a goodbye and as we know that is normal to happen. That situation have been experienced by myself when I was a child. The final result of this final exam is about introducing a catharsis to the works. The method that I used are the library and the exploration it containt some trusted information and facts whis was sourched from the books. Some of the books that I used for the reference are  Theory of the Emotion by Jean Paul Sartre and  Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya by sulasmi Darmaprawira. The final result of the works are showing up four sculptures and combained with blue colors and has styled with deformation. The four object that I chosen are Cactus, Turtle, Camel, and the body of human. Based on the analythics and the process that I have done the conclution is every human being will be facing with a goodbye it depends on how they could get through it.

Keywords: Goodbye, Blue, Paper Quilling

___________________________________________________________________

 

Setiap manusia pasti mengalami sebuah perpisahan karena merupakan hal yang sudah biasa terjadi dalam hidup ini. Begitu pun dengan apa yang telah dialami oleh penulis. Tujuan dari tugas akhir ini adalah sebagai katarsis terutama untuk diri penulis. Metode yang digunakan adalah metode pustaka dan metode eksplorasi yaitu berupa pengumpulan data dan fakta yang akurat serta bersangkutan dengan kajian yang dijadikan sebagai acuan bekarya seni. Beberapa sumber tulisan yang dipakai sebagai acuan dalam tulisan ini adalah Jean Paul Sartre dengan judul tulisan Theory of the Emotion, Sulasmi Darmaprawira dengan judul tulisan Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Hasil akhir yang diperoleh adalah dalam pembuatan karya yang disajikan penulis pada akhirnya menyajikan empat buah karya seni tiga dimensi dan menggunakan teknik Paper Quilling serta penggayaan secara deformatif yang terdiri dari beberapa objek yang telah dipilih sebagai acuan dalam berkarya seni. Empat objek yang dipilih adalah kaktus, kura-kura, unta, serta figur manusia yang dipadukan dengan pemilihan warna biru. Berdasarkan hasil analisa serta proses pengerjaan karya yang dikerjakan dapat diperoleh kesimpulan bahwa setiap makhluk di dunia ini termasuk manusia pasti akan mengalami sebuah perpisahan.

Kata Kunci: Perpisahan, Biru, Paper Quilling


References


Anna, M. (2013). Sculpture. Thames & Hudson Ltd., China.

Freud, S. (2006). Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik. Kanisius, Yogyakarta.

Hauskeller, M. (2015). Seni-Apa Itu? Posisi Estetika dari Platon sampai Danto. PT Kanisius Yogyakarta, Yogyakarta.

Langer, S.K. (2006). Problematika Seni. Sunan Ambu Press, Bandung.

Lasmini. (2012). Karya Paper Quilling Tiga Dimensi Dengan Menggunakan Limbah Kertas (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung:

Sartre, J.P. (1962). Theory of The Emotion. Surabaya: Grammatical Publishing, Surabaya.

Sulasmi D. (2006). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Sutrisno, M. (2005). Teks-Teks Kunci Estetika. Percetakan Galangpress, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v6i1.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.