PENERAPAN KONSEP SYAR’I MODERN PADA DESAIN BUSANA PENGANTIN MUSLIMAH

Mayang Tresna Dewi, Citra Puspitasari

Abstract


Based on Indonesia Trend Forecasting 2017 - 2018 compiled by BEKRAF, modern sharia-compliant concept is a category of Moslem fashion currently made due to today’s market condition. It is a fashion style complying with sharia law but adding aethetic elements in its design. However, as the era and information technology advance, inappropriate trends for Moslem fashion appear. In this modern era, Moslem women tend to follow trend and style that contradict Islamic rules, for example in their daily and also bridal fashion style. Therefore, sharia-compliant designs for Moslem wedding dresses are needed. This study yields alternative designs for Moslem wedding dresses that conform to Islamic rules and suit the fashion trends.

Keywords: Sharia, Modern, Wedding Dress, Moslem, Style

________________________________________________________________

 

Berdasarkan Indonesia Trend Forecasting 2017-2018 yang disusun oleh BEKRAF, konsepsi syar’i modern merupakan salah satu pembagian gaya busana muslim yang dibuat berdasarkan kondisi pasar yang ada saat ini. Syar’i modern ini merupakan gaya busana yang tetap sesuai syari’at namun menambahkan unsur estetika pada desainnya. Namun demikian, adanya perkembangan zaman dan teknologi informasi membuat tren yang tidak sesuai untuk muslimah mulai bermunculan. Pada era modern ini, Muslimah cenderung mengikuti tren dan style yang berseberangan dengan kaidah Islam. Tidak hanya dalam busana keseharian namun juga dalam busana pengantin. Banyak desain busana pengantin muslimah yang terkesan belum sesuai dengan kaidah islam. Oleh karena itu, desain busana pengantin muslimah yang menerapkan konsepsi syar’i modern namun tetap tidak menghilangkan nilai fungsi dan estetika dirasa perlu alternatif rancangan busana pengantin muslimah yang disesuaikan dengan kaidah islam serta perkembangan tren yang sedang digemari saat ini.

Kata Kunci: Syar’i, Modern, Busana Pengantin, Muslimah, Gaya


References


Dewi, Mayang Tresna. (2018). Perancangan Busana Pengantin Muslimah Berkonsep Syar’i Modern. Bandung: Universitas Telkom.

Hatta, Ahmad. (2015). Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah. Jakarta: Magfirah Pustaka. ISBN: 978-979-25262-9-5

Indonesia Trend Forecasting. (2017). Modest Fashion Trend Forecasting 2017-18. Jakarta : BEKRAF.

Kamal, Abu Malik. (2016). Fiqh Sunnah Lin Nissa. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id. ISBN: 978-602-73059-4-6.

Kemala Sari, Intan. (2015). Tren Busana Pengantin Syar’i: Mulai Tren di 2014, Baju Pengantin Syar’i Kini Semakin Dilirik Hijabers. Diakses pada www.detik.com (03 Maret 2018 pukul 09:19).

Murtopo, Bahrun Ali. (2017). Etika Berpakaian dalam Islam: Tinjauan Busana Wanita Sesuai Ketentuan Islam. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan Vol. 1 No. 2 IAINU Kebumen. ISSN: 2549-8983.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v6i3.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com