ANALISIS SEMIOTIKA PERTENTANGAN SAINS DAN KEKUATAN FISIK DALAM FILM DR. STONE

Maghfirah Bunga Ridia, Rufus Goang Swaradesy

Abstract


ABSTRACT
Dr Stone's film about a war between science group (Senku et al) and physic group (Tsukasa, et al). The research approach used is qualitative research. This research approach is carried out by observing, collecting, and analyzing data. The data analysis technique used is semiotic. The result of this research is that science and physique no longer exist as an argument, but complement each other. Science becomes the basic of human life to develop while the physical becomes a means of science that can be realized and useful in human life.

ABSTRAK
Film Dr. Stone ini menggambarkan peperangan di antara grup sains (Senku, dkk.) dan grup zaman batu (Tsukasa,dkk). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati, mengumpulkan, dan menganalisa data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika. Hasil dari penelitian ini adalah sains dan fisik tidak lagi sebagai sebuah pertentangan, tetapi saling melengkapi. Sains menjadi dasar kehidupan manusia untuk berkembang sedangkan fisik menjadi sarana sains tersebut dapat terwujud dan bermanfaat dalam kehidupan manusia.

Keywords


Science, Physique, Dr. Stone Film, Semiotics.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi massa: suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Djajasudarma, F. (2006). Metode Linguistik–Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fuadi, N. R., & Swaradesy, R. G. (2022). Strategi Coping dalam Film “Free Guy” untuk Pengembangan Karakter Diri. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 6(1), 107-116.

Iino, Sinyo. 2019. Dr Stone. TMS Entertainment. Tokyo Jepang.

Kountur, R. (2009). Metode Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Buana Printing.

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Revisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), hlm: 125-- 138.

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara. Deiksis, 10(03), 212-223.

Sutorini, M. P., Alif, M., & Sarwani, S. (2019). Semiotika gender dalam film Brave. ProTVF, 3(1), 101-112.

Swaradesy, R. G. (2020). Konsep Kebersihan Masyarakat Kampung Naga dalam Perspektif Eco-Philosophy. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 4(1), 27-39.

Swaradesy, R. G. (2022). Hubungan Manusia dan Teknologi dalam Tinjauan Filsafat Teknologi Don Ihde (Studi Film Say Hello to Yellow karya B. W. Purba Negara). LAYAR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 8(1), 17-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/layar.v9i1.2414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.