SUPATA (Tafsir Sumpah Drupadi)

Rd. Siti Ratu Dinda S dan Subayono

Abstract


ABSTRAK

Karya tari Supata terinspirasi dari sumber cerita Mahabharata pada Parwa Permainan Dadu antara pihak Pandawa dengan Kurawa, mempertaruhkan Dewi Drupadi sebagai jaminannya. Kekalahan pihak Pandawa dalam permainan tersebut, mengakibatkan Dewi Drupadi dihinakan oleh Kurawa; diseret, dijambak, lalu dilucuti pakaiannya. Drupadi pun meluapkan amarahnya dengan mengucapkan sumpah “Sebelum aku mengambil darah dari dada Dursasana dan membasuh rambutku, aku tidak akan mengikat rambutku”. Untuk mewujudkannya menjadi sebuah karya tari, maka digunakan metode penciptaan tradisi dengan langkah-langkah meliputi; penyusunan konsep, proses yang meliputi eksplorasi, evaluasi dan komposisi. Adapun hasilnya adalah sebuah karya dramatari.

Kata Kunci: Supata, Permainan Dadu, Dramatari.

 

ABSTRACT

SUPATA: Interpretation of Drupadi Oath, June 2018. Supata's dance work was inspired by the source of the Mahabharata story in the Dice Game Parwa between the Pandavas and the Kauravas, risking Dewi Drupadi as collateral. The defeat of the Pandavas in the game, resulting in Dewi Drupadi humiliated by Kurawa; dragged, pulled, then stripped of his clothes. Drupadi also vent his anger by taking the oath "Before I draw blood from Dursasana's chest and wash my hair, I will not tie my hair". To make it into a dance work, the traditional creation method is used with the steps include; conceptualization, a process that includes exploration, evaluation and composition. The result is a dramatic work.

Keywords: Oath, the Dice Game, Dramatari.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ajidarma, Seno Gumbira. 2017. Drupadi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Indonesia.

Bhavan, Bharatiya Vidya. 2017. Kitab Epos Mahabharata. Terjemahan C. Rajagpalachari. Yogyakarta: Laksana.

Hadi, Bendung Layung. 2011. Atlas Tokoh-tokoh Wayang. DIY: Pustaka Narasi.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2011. Koreografi (Bentuk-Teknik-Isi). Yogyakarta: Cipta Media Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan. ISI Yogyakarta.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Jogjakarta: Elkaphi.

Murgiyanto, Sal. 2004. Tradisi dan Inovasi. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Ramlan, Lalan. 2015. Penulisan Karya Seni. Bandung: STSI Press.

Smith, Jacqueline. 1985. Komposisi Tari Sebuah Pertunjukan Bagi Guru. Edisi Perdana. Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti Yogyakarta.

Sumardjo, Jakob. 2003. Simbol-simbol Artefak Budaya Sunda: Tafsir-tafsir Pantun Sunda. Bandung: Kelir.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Widaryanto. 2009. Koreografi. Bandung: STSI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v6i1.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats