PENYAJIAN TARI CIKERUHAN SEBAGAI SUMBER GARAP PENYAJIAN TARI

Winda Farida dan Edi Mulyana

Abstract


ABSTRAK

Tari Cikeruhan termasuk dalam kelompok tari rakyat, merupakan tarian yang menggambarkan pesona seorang ronggeng dan pamogoran dalam menari sehingga bernuansa pergaulan (hiburan). Daya tari itulah yang menjadikan tarian ini ditetapkan sebagai sumber garap penyajian tari. Tujuan dari penyjian tari ini adalah mewujudkan sebuah gaya penyajian baru dari tari Cikeruhan, dengan tetap mempertahankan identitas sumbernya. Untuk mewujudkannya, maka digunakan pendekatan teori gegubahan dengan metode gubahan tari melalui langkah-langkah; penyusunan konsep, proses meliputi; eksplorasi, evaluasi dan kom-posisi. Adapun hasil yang dicapai adalah sebuah gaya penyajian baru tari Cikeruhan, dengan tetap mempertahankan identitas sumbernya.

Kata Kunci : Tari Cikeruhan, Gubahan, Penyajian Tari.

 

ABSTRACT

Tari Cikeruhan As A Source Of Working On Presentation Dance, June 2018.  The Cikeruhan dance is included in the folk dance group (genre), a dance that illustrates the charm of a ronggeng and pamogoran in dancing so that the nuances of association (entertainment). The power of dance is what makes this dance set as a source of work on the presentation of dance. The purpose of this dance presentation is to realize a new style of presentation of the Cikeruhan dance, while maintaining its source identity. To make this happen, we use the theory of gegubahan with the method of dance gubahan through the steps; conceptualization, the process includes; exploration, evaluation and composition. The result achieved is a new presentation style of Cikeruhan dance, while still maintaining the identity of the source.

Keywords: Cikeruhan Dance, Gubahan, Presentation Dance.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azis, Abdul dan Barmaya, R. Nandang. 1983. “Tari Ketuk Tilu”. Bandung, Sub. Proyek ASTI Bandung.

Caturwati, Endang. 2003. Lokalitas, Gender dan Seni pertunjukan. Yogyakarta: Aksara Indonesia.

Caturwati, Endang. 2006. Perempuan dan Ronggeng. Bandung.

Caturwati, Endang . 2007. Tari di Tatar Sunda. Bandung: Sunan Ambu STSI Press.

Dianti, Neneng. 2010. “Tari Cikeruhan dan Tari Doger Kontrak”. Skripsi. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung.

Djelantik, A.A.M. 2001. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI (Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia).

Hadi, Sumandiyo. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Jogjakarta.

Herdiani, Een. 2003. Bajidoran di Karawang Kontinuitas dan Perubahan. Jakarta: Hasta Wahana. Lembaga Kajian Pendidikan dan Humaniora Indonesia.

Murgiyanto, Sal. 2004. Tradisi dan Inovasi. Jakarta, Wedatama Widya Sastra.

Winarsih, Wiwin. 2005. “Srikandi X Mustakaweni, Gaplek, Dan Cikeruhan”. Skripsi. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v6i1.1001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats