TARI PAKSITUWUNG KARYA GUBAHAN DALAM PENYAJIAN TARI

Luky Astri dan Lina Marliana Hidayat

Abstract


ABSTRAK

Tari Paksi Tuwung merupakan tarian putri berkarakter halus, karena memiliki nilai-nilai kodrat seorang wanita yang lemah lembut dan berbudi luhur, dapat ditarikan tunggal maupun kelompok. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi sehingga ditetapkan sebagai sumber garap dalam penyajian tari. Oleh karena itu, tujuan dari garap gubahan tari ini adalah untuk mewujudkan suatu penyajian baru tanpa meng-hilangkan esensi sumbernya. Dengan demikian, maka metode penyajian yang digunakan adalah metode gubahan tari dengan melakukan pe-ngembangan motif gerak baik itu tenaga, ruang dan waktu disertai pengembangan pola lantai, arah gerak, arah hadap, dan unsur penunjang lainnya. Adapun hasil yang dicapai adalah suatu gaya penyajian baru tanpa menghilangkan identitas sumbernya.

Kata Kunci: Paksi Tuwung, Gegubahan, Penyajian Tari.

 

ABSTRACT

Paksi Tuwung Dance Works Of Gubahan In Dance Presentation, June 2018. Paksi Tuwung dance is a female dance with fine character, because it has the natural values of a woman who is gentle and virtuous, can be danced singly or in groups. This is the main attraction for so that it is determined as a source of work on the presentation of dance. Therefore, the purpose of working on this dance composition is to realize a new presentation without losing the essence of the source. Thus, the presentation method used is a dance composition method by developing motive motives in terms of energy, space and time accompanied by the development of floor patterns, direction of motion, direction of facing, and other supporting elements. The result achieved is a new presentation style without losing the identity of the source.

Keywords: Paksi Tuwung Dance, Gubahan, Presentation Dance.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arimbi, Dewi. 1999. “Penyajian Tari Paksi Tuwung dan Tari Purwa”. Bandung: ASTI Bandung.

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika. Bandung: MSPI dan Arti.

Haryati. Etty. 1986. “Tari Keurseus Lenyepan Sebagai Sumber Penyajian Tari Lenyepan Putri”. ASTI Bandung.

Keraf Groys, Dr. 2004. Komposisi. Madura; Nusa Indah.

Mega Mustika, Yuliani. 2016. “Karya Seni Penyajian Tari Paksi Tuwung”. Skripsi. ISBI Bandung.

Murgianto, Sal. 1993. Ketika Cahaya Merah Memudar. Jakarta: Deviri Ganan.

Narawati, Tati. 2005. Tari Sunda Kini dan Esok. Bandung: Pusat Penelitian dan. Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional, UPI.

Ramlan, Lalan. 2009. Tari Keurseus. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung.

Rusliana, Iyus. 2008. Penciptaan Tari Sunda. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung.

S. Nurhayati, Shinta. 2007. “Karya Seni Penyajian Repertoar Tari “Paksi Tuwung dalam Genre Tari Keurseus”. Skripsi. ISBI Bandung.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Bandung: Pustaka Jaya.

Sudrajat, Pitriyani. 1999. “Penyajian Tari Arayana dan Tari Paksi Tuwung”. Skripsi. Jurusan Tari STSI Bandung.

Suharto, Ben. 1985. Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru.Yogyakarta: Ikalastri.

Sujana, Anis. 2002. Tayub. Bandung: STSI Press.

Soedarsono. 1972. Djawa dan Bali. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v6i1.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats