KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM PENYAJIAN TARI WAYANG GATOTKACA

Syntya Marlina, Asep Jatnika

Abstract


ABSTRAK

Tari Gatotkaca merupakan salah satu tarian yang termasuk ke dalam genre tari W[PO1] ayang, bertemakan tentang kesetiaan, ketangkasan, kekuatan, serta keramahan. Isi tarian menggambarkan Gatotkaca yang sedang memeriksa dan menjaga Negara Amarta, baik ketika ia berada di darat maupun di udara. Tarian ini termasuk ke dalam jenis tari putra yang berkarakter monggawa lungguh, sehingga memiliki kekhasannya tersendiri dan menjadi tantangan tersendiri bagi penulis karena bergender perempuan sehingga membutuhkan tenaga yang kuat dan konstan. Penggarapan dalam sajian Tari Wayang Gatotkaca menggunakan metode garap gubahan tari. Namun demikian, peluang garapnya berupa pengembangan pada aspek koreografi, iringan tari, pola ruang, arah hadap, arah gerak dan pola lantai tanpa menghilangkan esensinya. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh penulis, yaitu berupa observasi pencarian referensi yang berkaitan dengan Tari Wayang Gatotkaca, melakukan ekplorasi, evaluasi, serta komposisi, sehingga menghasilkan penyajian Tari Wayang Gatotkaca dalam konteks kemasan baru dengan sentuhan garap inovatif dalam bentuk pertunjukannya.

Kata Kunci: Tari Wayang, Gatotkaca, Gubahan Tari.

 

ABSTRACT

Creativity and Innovation in the Performance of Gatotkaca Wayang Dance, June 2020. Gatotkaca dance is one of dances that belongs to Wayang dance genre with the theme of loyalty, dexterity, strength, and friendliness. The content of the dance describes Gatotkaca who was examining and guarding the State of Amarta, when he was on land and in the air. This dance is included in the type of male dance that has the character of monggawa lungguh, so that it has its own uniqueness and becomes a challenge for the writer as a woman that need strong and constant energy. The work of Gatotkaca Wayang Dance uses the method of a dance composition. However, the work opportunities are in the form of developing the aspects of choreography, dance accompaniment, spatial patterns, front direction, motion direction and floor patterns without losing its essence. The steps taken by the writer are observing the search for references related to Gatotkaca Wayang Dance, doing exploration, evaluation, and composition, so as to produce the presentation of Gatotkaca Wayang Dance in the context of a new performance package with innovative working touch.

Keywords: Wayang Dance, Gatotkaca, Dance Composition.

 

 

 

 [PO1]w


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, Dian. 2007. Pengantar Penyajian Karya Seni Minat UtamaKepenarian (Tari Srikandi x Mustikaweni dan Tari Gaplek). Skripsi Sarjana pada jurusan Seni Tari STSI Bandung: tidak diterbitkan.

Djelantik, A.A.M. 2001. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI.

Faisal, Muh. 2014. Tokoh Wayang Populer. Jawa Tengah: PT Hafamira.

Hadi, Y Sumandiyo. 1996. Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: MANTHILI.

Hawkins, Alma M. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati. Terjemahan I Wayan Dibia. Jakarta: MSPI.

Herdiani, Een, dan Ocoh Suharti. 2003. Analisa Hubungan Gerak Dan Musik Tari Gatotkaca. Bandung: STSI Bandung.

Murgiyanto, Sal. 2017. Kritik Pertunjukan dan Pengalaman Keindahan. Yogyakarta: UGM.

Purnama, Nurlaela. 2013. Skripsi Karya Seni Penyajian tari Gatotkaca x Sakipu. Bandung: Jurusan Tari ISBI Bandung.

Rusliana, Iyus. 2001. Khazanah Tari Wayang. Bandung: STSI PRESS.

Rusliana, Iyus. 1989. Sekelumit Tari Wayang Jawa Barat. Bandung: STSI PRESS.

Rusliana, Iyus. 2016. Tari Wayang Khas Priangan Studi Kepenarian Tari Wayang. Bandung: Jurusan Tari ISBI Bandung.

Sudrajat, Dayat. 1993. Tugas akhir studi program diploma III. ASTI Bandung.

Sedyawati, Edi. 1986. Pengetahuan Elemen Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat kesenian proyek pengembangan kesenian Jakarta departemen pendidikan dan kebudayaan.

Sudirman, Agus. 2013. Analisis Ragam Gerak Tari Wayang Karya Raden Ono Lesmana Kartadikusumah Di Padepokan Sekar Pusaka Kabupaten Sumedang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumiati, Lilis. 2014. Transformasi Tari Jayengrana Karya Raden OnoLesmana Kartadikusumah. Disertasi UNPAD. Bandung: Tidak diterbit-kan.

Widaryanto. 2009. Koreografi. Bandung: Jurusan Tari, STSI Bandung.

Yusuf, Mulyawan. 1985. Tari Gatotkaca Karya R Parmis ditinjau dari segi koreografinya. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v7i1.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats