REPERTOAR TARI GAPLEK KREATIVITAS DALAM PENYAJIAN TARI RAKYAT

Rizky Oktaviani Purnomo dan Jaja

Abstract


ABSTRAK

Tari G[PO1] aplek adalah sebuah tarian yang disajikan dalam bentuk tari tunggal, dengan maksud menonjolkan keterampilan menari secara perorangan. Penokohannya ialah wanita yang lazim disebut R[PO2] onggeng yang sedang menghibur dalam ungkapan keakraban, kebersamaan, kehangatan, penuh keceriaan. Dengan karakter lincah/penuh tenaga, ceria dan genit.  Suasana yang ada dalam tari Gaplek tersebut menyangkut hubungan manusia dengan manusia didasarkan atas kebutuhan biologis, yaitu kesenangan akan keperluan untuk hiburan atau penglipur lara yang tersalurkan lewat pertunjukan Ronggeng. Permasalahnnya adalah bagaimana mewujudkan repertoar itu menjadi sebuah bentuk dengan gaya penyajian yang baru, dengan tidak mengubah identitas sumbernya. Untuk menjawab hal itu penulis dalam garap penyajian tari Gaplek ini menggunakan teori gegubahan dari Djelantik dengan metode gubahan tari dan langkah-langkahnya adalah eksplorasi, evaluasi, dan komposisi. Adapun hasil yang dicapai adalah sebuah penyajian tari Gaplek yang berbeda, dengan tetap mempertahankan identitas sumbernya.

Kata Kunci: Ronggeng, Tari Gaplek, Tari Tunggal.

  

ABSTRACT

Repertoire of Gaplek Dance Creativity in Folk Dance Presentation, June 2020. Gaplek dance is a dance that is presented in the form of a single dance, with the intention of accentuating individual dancing skills. The character is a woman commonly called Ronggeng who is entertaining in the expressions of intimacy, togetherness, warmth, and full of joy, with the character of agile/ full of energy, cheerful and flirty. The atmosphere in the Gaplek dance concerns human relations based on biological need, namely the pleasure of the need for entertainment or for cheer up which is expressed through the Ronggeng show. The problem is how to turn the repertoire into a form of a new presentation style, without changing the identity of the source. To answer this, the author in working on this Gaplek dance presentation uses the theory of gegubahan (transformation) by Djelantik with the dance composition method and the steps are exploration, evaluation, and composition. The result achieved is a different presentation of the Gaplek dance while maintaining its source identity.

Keywords: Ronggeng, Gaplek Dance, Single Dance.

 [PO1]g

 [PO2]r


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Atmadibrata, Enoch. 1976. Kreativitas Dalam Seni Tari Sunda. Bandung. ASTI

Azis, Abdul. 1983. tari Ketuk Tilu. Bandung: ASTI Bandung

Caturwati, Endang. 2006. Perempuan & Ronggeng. Bandung. Pusat kajian Lintas Budaya

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Herdiani, Een. 2014. Dinamika Tari rakyat di Priangan. Bandung. Sunan Ambu Press. STSI Bandung.

------------------. 2003. Bajidoran di Karawang. Jakarta. Hasta Wahana

Komala, Neng. 2013. Tari Terembel. Skripsi. Bandung

Munajar, Nanu. 1993. Deskirpsi Sajian Tari Gaplek. Bandung.

Murgiyanto, Sal. tanpa tahun. Pedoman Dasar Penataan Tari. ASTI Bandung

Narawati, Tati. 2005. Tari Sunda.

Rusliana, Iyus. 2008. Penciptaan Tari Sunda. Bandung. Etnoteater Publisher

Sedyawati, Edy. 1986. Pengetahuan Elemen Tari dan Beberapa Masalah Tari.

Setiawati, Gustian. 2011. Tari Gaplek. Skripsi. Bandung

Soedarsono. Tanpa tahun. Tarian-tarian Indonesia.

Sumardjo, Jacob. 2006. Estetika Paradoks. Bandung. Sunan Ambu Press. STSI Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v7i1.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats