ANALISIS NILAI-NILAI PADA TARI SAMAN

Imam Akhmad

Abstract


ABSTRAK

Penelitian dalam artikel ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai yang terkandung dari kesenian Tari Saman. Tari Saman berasal dari suku Gayo di Aceh Tengah, Suku Alas di Aceh Tenggara (Blangkejeren), dan Aceh timur. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Pada metode ini data penelitian diteliti untuk dicarikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam Tari Saman terkandung berbagai macam nilai, di antaranya nilai keagamaan, nilai etika, dan nilai sosial. Nilai-nilai tersebut tercermin dari keseluruhan kesenian Tari Saman, mulai dari latihan/persiapan, gerakan tari, nyanyian, dan syair.

 

Kata Kunci: Aceh, Etika, Gayo, Keagamaan, Sosial, Tari Saman.

 

 

ABSTRACT

Analysis Of Values In Saman Dance, June 2021. His study aims to analyze values contained of art Saman Dance. Saman Dance from the Tribe Gayo in Central Aceh, the Tribe Alas in Southeast Aceh (Blangkejeren), and East Aceh. The method used in this research is a method of analytical descriptive. In this method research data be examined to be the lesson. As for data collection techniques used in this research was the literature study and observation. The analysis shows that contained in a Saman Dance various value, of them religious values, ethics value, and social value. The value of the debt reflected of a whole art Saman Dance, start of the exercises/preparation, movements dance, singing, and the words/poetry.

 

Keywords: Aceh, Ethics, Religious, Social, Saman Dance.

 


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Eka, dkk. 2018. Tari Saman Wujud Warisan dan Unsur Kekuatan Budaya Indonesia yang Mendunia. Prosiding SENAS-BASA, Edisi 3, Halaman 259-263.

Heniwaty. 2015. Tari Saman pada Masyarakat Aceh: Identitas dan Aktualisasi. Digilib.unimed.ac.id.

Henniwati, Yusnidar, dkk. 2012. Gerak Tari Saman dalam Bentuk Notasi Tari. Banda Aceh: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh.

Keraf, A. S. 2005. Etika Lingkungan. Jakarta: Gramedia.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Danial, E, & Warsiah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan. Depdiknas.

Sumber Foto dan Video:

Komunitas Saleum. 11 Juni 2016. Video Pertunjukan Tari Saman. Tersedia di: https://www.youtube.com/watch?v=eXUrJ0xqeuY&ab_channel=KomunitasSaleum (diakses 26 April 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v8i1.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats