TIKSNA (Penciptaan Tari Kontemporer)

Asraf Fauzan Ahmad, Kawi Kawi

Abstract


ABSTRAK
Karya tari yang berjdul TIKSNA memiliki arti semangat dan tajam, terinspirasi dari pengalaman empiris penulis dan fenomena sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia khususnya. Gagasan yang ingin penulis sampaikan dalam karya tari ini adalah untuk mewujudkan karya tari yang bersumber dari fenomena sosial, yaitu kasus kelaparan. Tiksna menceritakan sebuah kehidupan anak-anak jalanan yang ber-usaha mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk menutupi sesuatu yang mereka cari dalam hal ini yaitu kebutuhan makanan untuk menutupi rasa lapar yang mereka rasakan. Karya tari ini menggunakan metode proses garap Jacquiline Smith mencakup hal, memiliki tubuh yang profesional, menguasai teknik gerak, memiliki rasa gerak, serta daya tahan tubuh yang kuat; dengan pendekatan teori dramatik. Hasil garap adalah kontruksi tari tentang fenomena sosial anak jalanan.


Kata Kunci: Penciptaan Tari, Tiksna, Tari Kontemporer.


ABSTRACT
Tiksna (Creation of Contemporary Dance, June 2021. The dance work entitled TIKSNA has a spirit and sharp meaning, inspired by the author's empirical experience and social phenomena that occur in Indonesian society in particular. The idea that the writer wants to convey in this dance work is to create a dance work that originates from a social phenomenon, namely the case of hunger. Tiksna tells about the lives of street children who are trying to get what they need to cover what they are looking for in this case, namely the need for food to cover the hunger they feel. This dance work using Jacquiline Smith's processing methods includes, having a professional body, mastering movement techniques, having a sense of motion, and strong endurance; with a dramatic theoretical approach. The result of working on is a dance construction about the social phenomena of street children.


Keywords: Dance Creation, Tiksna, Contemporary Dance.


Full Text:

PDF

References


Angesti Maulina. 2017. Beldsitro. Skripsi. Bandung: Jurusan Seni Tari ISBI Bandung.

Drs. Agus Sujanto dkk. 2009. “Psikologi Kepribadian”. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hadi, Y. Sumandiyo .1983. “New Dance Pendekatan Terhadap Koreografi Nonliteral” Yogyakarta: University Of Pittsbrugh Press.

Hadi, Y. Sumandiyo. 1983. “Pengantar Kreatifitas Tari”. Yogyakarta: ASTI Yogyakarta.

Hawkins, Alma. M. 2013. “Bergerak Menurut Kata Hati”.

Humpre, Doris .1983 “Seni Menata Tari”. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Johan. 216. “Psikologi Musik” S. Yogyakarta: Indonesa Cerdas (Ikapi).

Murgiyanto, Sal .1983. “Seni Menata Tari”. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Murgiyanto, Sal. 1992. “Koreografi”. Jakarta: P.T Ikrar Mandiri Abadi

Prof. Dr. Bimo Walgito 2010. “Pengantar Psikologi Umum”. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M. Pd 2008. “Teori Kepribadian”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi. 2000. “Ekspresi seni Orang Miskin”. Bandung: Yayasan Adikarya IKAPI.

RonaldoRuzali. 2018. Takana. Skripsi. Bandung: Jurusan Seni Tari ISBI Bandung.

Smith, aqueline .1985. “Komposisi tari” (terj. Ben Suharto). Yogyakarta: Ikalasti Yogyakarta.

Upandi, Pandi BA.1978. “Tuntunan Arah Kreativitas Penciptaan Tari” Yogyakarta: Ikalasti Yogyakarta.

Yudi Prmana. 2018. Maro Tingal. Skripsi. Bandung: Jurusan




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v8i1.1625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@isbi.ac.id

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats