PROSES KREATIF GONDO DALAM PENCIPTAAN TARI SANCANG GUGAT

Risa Nuriawati

Abstract


ABSTRAK

Tarian sancang gugat adalah tarian genre jaipongan yang diciptakan oleh kreator muda Agus Gandamanah (Gondo). Tarian ini merupakan tarian kreasi baru dengan adanya gerak kontemporer (gerak masa kini) serta dalam isi lirik tersebut menggambarkan keadaan masyarakat sunda masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif tari Sancang Gugat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan teori Proses Kreatif dari Graham Wallace yaitu tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Adapun hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu terungkapnya Proses kreatif dalam pembuatan karya tari sancang gugat yang menghasilkan temuan gerak-gerak ciri khas gaya gondo dalamtarian tersebut.

 

Kata Kunci: Sancang Gugat, Proses Kreatif, Makna Simbolik.

 

ABSTRACT

Gondo Creative Process In The Creation Of The Sancang Sugat Dance, December 2021. Sancang gugat dance is a jaipongan genre dance created by young creator Agus Gandamanah (Gondo). This dance is a new creation dance with the present movement and the contents of the lyrics describe the current state of Sundanese society. This study aims to describe the creative process of the sancang gugat dance. The method used in this research is descriptive qualitative with the Creative Process theory approach from Graham Wallace, namely the preparation, incubation, illumination, and verification The results achieved from this research are revealing the creative process in making The Sancang Gugat dance work which produces the symbolic meaning of the dance in the sancang gugat dance rhymes that describe the current state of Sundanese society.

 

Keyword: Sancang Gugat, Creative Process, Symbolic Meaning.


Full Text:

PDF

References


Asri, Dea. 2015. Perkembangan Tari Jaipong Gaya Gondo dalam karya Tari Jaipong Senggot dan Acapella, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Caturwati, Endang dan Lalan Ramlan, ed. 2007. Gugum Gumbira dari Cha-cha ke Jai-pongan. Bandung: Sunan Ambu Press-STSI Bandung.

Creswell, John W. 2009. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Edisi Ketiga Bandung: Pustaka Pelajar.

Hawkins, Alma M. 1990. Mencipta Lewat tari, Terjemahan Y. Sumandiyo Hadi, ISI Yogyakarta.

Hervitaniar, Cinta R. 2016. Tari Jaipong Acappela Karya Gondo Art Production. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurniati, Nia. 1993. Asal-usul perkembangan jaipongan dewasa ini di Jawa Barat. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Lenggani, D. S., & Turyati, T. (2021). TARI BADAYA WIRAHMASARI RANCAEKEK. Jurnal Seni Makalangan, 8(1).

Mulyana, Edi dan Lalan Ramlan. 2012. Tari Jaipongan. Bandung: Jurusan Tari Press, STSI Bandung.

Mulyana, Edi. 2009. Proses Kreatif Gugum Gumbira, Tesis. Surakarta: Intitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Ramdhania, Rini. 2019. Gaya Garap Dua Koreografer Tari Jaipong Di Jawa Barat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Setiawan, S., & Jatnika, A. (2021). TARI GANDAMANAH. Jurnal Seni Makalangan, 8(1).

Rusliana, Iyus. 2009. Kompilasi Istilah Tari Sunda. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung.

Wallas, Graham. 1926. The Art of Thought. London: Jonathan Cape.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v8i2.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Risa Nuriawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats