KARYA TARI “BIAS” SEBUAH KONSEP KARYA TARI KONTEMPORER

Rendica Rendica, Risa Nuriawati

Abstract


Berawal dari kenangan masa kecil pada saat berkunjung ke kebun binatang (Bandung Zoolgical) Bandung, sebuah tempat wisata di Kota Bandung, menimbulkan suatu perasaan untuk menjadikan hewan sebagai ide garap sebuah karya tari. Hewan yang menarik perhatian pada saat itu ialah burung merak, karena memiliki keindahan tersendiri. Berpijak dari keindahan burung merak tersebut, selanjutnya diwujudkan ke dalam sebuah penciptaan karya tari berjudul “BIAS”. Bias diambil dari bahasa Indonesia yang artinnya adalah pantulan caya terhadap suatu medium tertentu, karena pada saat burung merak melebarkan ekornya pantulan cahaya yang mengenai ekornya akan menampilkan visual yang indah. Berdasarkan latar belakang tersebut, proses penciptaan karya tari menggunakan metode garap dalam tiga tahapan yaitu: eksplorasi, komposisi, dan evaluasi. Karya tari ini berbentuk tari kelompok bertipe tari murni, di dalamnya tidak hanya mengambil pola gerak burung merak namun dipadukan dengan gerak tradisi dan keseharian yang telah dikembangkan baik secara ruang, tenaga, dan waktu hingga tercipta suatu karya tari yang berjudul BIAS.

Kata Kunci: Hewan, Burung merak, Tari murni, Bias.

ABSTRACT
DANCE WORKS “BIAS” A CONTEMPORARY DANCE WORK. December 2022. Starting from childhood memories when visiting the Bandung Zoo (Bandung Zoological) Bandung, a tourist spot in the city of Bandung, gave rise to a feeling of making animals an idea to work on a dance piece. The animal that attracted attention at that time was the peacock, because it had its own beauty. Based on the beauty of the peacock, it is then embodied in the creation of a dance piece entitled "BIAS". Bias is taken from the Indonesian language, which means the reflection of light on a particular medium, because when a peacock spreads its tail, the reflection of light hitting its tail will display a beautiful visual. Based on this background, the process of creating dance works uses the working method in three stages, namely: exploration, composition, and evaluation. Karya tari ini berbentuk tari kelompok bertipe tari murni, di dalamnya tidak hanya mengambil pola gerak burung merak namun dipadukan dengan gerak tradisi dan keseharian yang telah dikembangkan baik secara ruang, tenaga, dan waktu hingga tercipta suatu karya tari yang berjudul BIAS.

Keywords: Animals, Peacocks, Pure Dance, Bias.

Full Text:

PDF

References


Alfiyanto, A. (2022). CARA MENCARI DAYA: METODE LITERASI TUBUH WAJIWA DALAM TARI KONTEMPORER ANAK-ANAK. Jurnal Seni Makalangan, 9(1).

Asyari, P., & Sumiati, L. (2021). Struktur Tari Wayang ‘Antareja’Gaya Sumedang Hasil Transformasi Iyus Rusliana. Jurnal Seni Makalangan, 7(2).

Fathiya, Alya. 2010. Beraneka Ragam Burung (Aves). PT. Sandiarta Sukses.

Lenggani, D. S., & Turyati, T. (2021). TARI BADAYA WIRAHMASARI RANCAEKEK. Jurnal Seni Makalangan, 8(1).

Maryanti. 2007. Ekologi Perilaku Merak Hijau di Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran Jawa Timur. Bogor : IPB.

Murgiyanto Sal. 1983. Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Proyek Pengadaan Buku Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pudyatmoko. (2019). Habitat dan Interaksi Spatiotemporal Merak Hijau dengan Sapi dan Herbivora Besar di Taman Nasonal Baluran. Jurnal Kehu-tanan, (13), 28-37.

Restian, Ariani. 2017. Pembelajaran Seni Tari Indonesia dan Mancanegagara. Malang : UMM Press.

Rusliana, Iyus. 2012. Tari Wayang. Bandung: Jurusan Tari ISBI Bandung.

Setiawan, S., & Jatnika, A. (2021). TARI GANDAMANAH. Jurnal Seni Makalangan, 8(1).

Suharto, Ben. 1985. Komposisi Tari. Yogyakarta : Ikalasti Yogyakarta.

Yudiaryani dkk. 2017. Karya Cipta Seni Pertunjukan. Yogyakarta : JB Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v9i2.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rendica Rendica, Risa Nuriawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats