STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI PADA EKSTRAKULIKULER DI SMPN 13 KOTA SERANG

Khoirunnisa Azzahra, Syamsul Rizal

Abstract


ABSTRAK
Strategi pembelajaran seni tari dalam ekstrakurikuler memiliki peran penting dalam pengembangan kreativitas, ekspresi diri, dan pemahaman budaya siswa. Meskipun terdapat peningkatan minat siswa pada kegiatan ini, kendala seperti kekurangan fasilitas tari yang memadai dan sumber daya yang terbatas menjadi tantangan. Kolaborasi yang solid antara berbagai pihak dianggap krusial untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang sedang digunakan di ekstrakurikuler seni tari SMP Negeri 13 Kota Serang. Metode penelitian yang diadopsi adalah kualitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari di sekolah ini melibatkan metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah memberikan dasar teoritis, sementara metode demonstrasi memberikan dimensi praktis dan pengalaman langsung. Kombinasi keduanya menciptakan pengalaman pembelajaran holistik, memastikan siswa tidak hanya memahami konsep seni tari secara teoritis tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam praktik.

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Seni Tari.


ABSTRACT
DANCE LEARNING STRATEGIES IN EXTRACURRICULAR AT SMPN 13 SERANG CITY, DECEMBER 2023. The dance learning strategies in extracurricular have a crucial role in fostering creativity, self-expression, and cultural understanding among students. Despite the increased interest in this activity, there are challenges such as inadequate dance facilities and limited resources. Solid collaboration among various stakeholders is deemed essential to overcome these challenges. This research aims to identify the learning strategies currently employed in the dance extracurricular activities at SMPN 13 Serang City. The research method applied is qualitative. Data are obtained through literature review, observation, interviews, and demonstrations. The research results show that dance learning in this school involves both lecture and demonstration methods. The lecture method provides a theoretical foundation, while the demonstration method offers practical dimensions and direct experiences. The combination of these two creates a holistic learning experience, ensuring that students not only grasp the theoretical concepts of dance but also apply them in practice.

Keywords: Strategy, Learning, Dance.

Full Text:

PDF

References


Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk penanaman karakter bagi siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 3(1).

HB., Sutopo. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta. UNS Press.

Moleong, Lexy. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muttaqin, Divia Agustiana. 2023. Eksistensi Kesenian Pencak Silat Bandrong di Padepokan Sampurnaning Jaya Bojonegoro Serang-Banten. Jurnal Seni Makalang, 10(1), 14-20.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran. Medan. Perdana Publishing.

Rizal, Syamsul. 2019. Struktur PolaTabuh Rampak Bedug pada Sanggar Bale Seni Ciwasiat Kabupaten Pandeglang. Jurnal Panggung. 29 (4). 407- 408.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sundari, R. S. (2016). Pengembangan Kepribadian dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(1), 61-66.

Suryosubroto. (2020). Implementasi Pramuka Sebagai Ekstrakulikuler Wajib Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 255-268.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v10i2.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khoirunnisa Azzahra, Syamsul Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats