DINAMIKA PERTUNJUKAN TARI TOPENG BEBARANG (1970-2022)

Nunung Nurasih, Nur Rochmat

Abstract


ABSTRAK
Bebarang adalah pertunjukan Tari Topeng Cirebon yang dilakukan secara berkeliling dari desa ke desa di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Rombongan Tari Topeng biasanya berkeliling sambil membawa segala perlengkapannya untuk menampilkan pertunjukan Tari Topeng di tempat-tempat umum seperti di pekarangan rumah, di lapangan terbuka, di pasar dan sebagainya. Permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah bagaimana dinamika pertunjukan Bebarang pada Tari Topeng Cirebon sejak tahun 1970 sampai dengan tahun 2022. Dalam upaya mengungkap dinamika pertunjukan Bebarang sejak tahun 1970 hingga 2022 ini digunakan metode sejarah yang meliputi empat tahapan kerja, yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan multi disiplin sebagai ilmu bantu dalam sejarah, di antaranya sosiologi dan budaya. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori “Social Contract” yang dikemukakan oleh James R. Brandon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika pertunjukan Bebarang pada Tari Topeng Cirebon sangat tergantung pada dukungan pemerintah serta masyarakat penyangganya.

Kata Kunci: Tari Topeng Cirebon, Bebarang.


ABSTRACT
THE DYNAMIC OF BEBARANG MASK DANCE PERFORMANCE (1970-2022), DECEMBER 2023. Bebarang is one of Cirebon Mask Dance performances which is carried out from village to village in Cirebon area and its surroundings. The Mask Dance groups usually go around villages carrying all the equipment to have Mask Dance performances in public places such as in house yards, in open fields, in markets and so on. The issue to be investigated in this paper is the dynamics of Bebarang performance in Cirebon Mask Dance from 1970 to 2022. In the effort to reveal this issue, the historical method is used which includes four stages of work, namely: heuristics, criticism, interpretation, and historiography. This research also uses a multi-disciplinary approach as an auxiliary science in history, including sociology and culture. The theoretical basis used in this research is the "Social Contract" theory stated by James R. Brandon. The result of this research shows that the dynamic of Bebarang performance in Cirebon Mask Dance highly depends on the support of the government and the community.

Keywords: Cirebon Mask Dance, Bebarang.

Full Text:

PDF

References


Berry, John W. et al. 1999. Psikologi Lintas budaya, Riset dan Aplikasi. Terjemahan

Edi Suhardono. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brandon, James, R. 1967. Theatre in Southeast Asia. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Caturwati, Endang. 2006. Tari-Tarian Jawa Barat. Laporan Penyusunan Buku Ajar. Bandung: STSI.

Hadi, Y., Sumandiyo. 2005. Sosiologi Tari. Yogyakarta: Pustaka.

Hazeu, Godard Arend Johannes. 1897. Bijdrage tot de Kennis van het Javaansche Tooneel. Leiden: E.J. Brill

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu-Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kosim, E. 1984. Metode Sejarah: Asas dan Proses. Bandung: Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang.

Marliana, Lina. 1999. Tradisi Bebarang sebagai Media Alih Keterampilan Menari Para Penari Topeng Cirebon. Laporan Penelitian. Bandung: STSI

Masunah, Juju. 2000. Sawitri Penari Topeng Losari. Bandung: Tarawang

Parani, Yulianti. 1986. “Penari sebagai Sumber Daya dalam Penataan Tari”, dalam Sedyawati, Edi dan Cokrohamijoyo, Sutopo. Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Pigeaud, TH. 1938. Javansche Volksver-toningen. Batavia: Volksleatuur

Rochmat, Nur. 2011. “Kehidupan Tari Topeng Cirebon Gaya Indramayu dan Pewarisannya (1940-2008)”. Tesis. Bandung. Program Pascasarjana. Uni-versitas Padjadjaran.

Sedyawati, Edi. 1986. “Tari Sebagai Salah Satu Pernyataan Budaya”, dalam Sedyawati, Edi dan Cokrohamijoyo, Sutopo. Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Serrurier, L. 1896. De Wajang Poerwa. Eene Ethnologische Studie. Leiden: E.J. Brill

Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Om-bak.

Soedarsono, R.M. 1972. Jawa dan Bali: Dua Pusat Perkembangan Drama Tari Tra-disional di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Somantri, R. Gaos Hardja. 1978/1979. Topeng Cirebon. Terjemahan R.A. Sardinah S. Bandung: Proyek Pengembangan Institut Kesenian Indonesia. Sub Proyek ASTI.

Suanda, Toto Amsar. 2009. Tari Topeng Panji Cirebon. Suatu Kajian Simbolis. Tesis. Program Pascasarjana. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Sudarto, Toto. 2001. Topeng Babakan Cirebon 1900 – 1990. Tesis. Program Studi Sejarah. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Suganda, Her. 2000. Rasinah Maestro Penari Topeng Indramayu. Kompas

Suryaatmadja, R.I. Maman. 1980. Topeng Cirebon dalam Perkembangan, Penyebaran serta Peranannya dalam Masyarakat Jawa Barat, Khususnya di Daerah Cirebon. Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Widaryanto, FX. 2002. Nopeng Bebarang: Sebuah Upaya Studi Sekaligus Preservasi. Bandung: Produksi Studio Tari Jurusan Tari STSI.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v10i2.2981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nunung Nurasih, Nur Rochmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats