PENGEMASAN TARI KUDA KEPANG DI SANGGAR GENTA SENTRAMAS

Subayono Subayono

Abstract


ABSTRAK
Sanggar Genta Sentramas merupakan salah satu sanggar tari Jawa yang berkembang di Kota Bandung Jawa Barat, dan satu satunya Sanggar yang sudah memiliki Akte Notaris. Akan tetapi sanggar ini belum mempunyai tenaga atau SDM yang mumpuni sehingga sangat sulit ketika mengadakan pertunjukan. Pada saat mengadakan pertunjukan, sanggar ini masih menggunakan metode lama dengan durasi yang cukup panjang hingga berjam jam dan tampak sangat membosankan. Pada kesempatan PKM kali ini program yang peneliti tawarkan adalah pelatihan rias dan pengemasan tari Kuda Kepang. Hal ini berawal ketika peneliti diundang untuk melihat pertunjukan. Ada dua point yang harus dibenahi pada sanggar ini, yaitu bagaimana membuat sebuah pertunjukan padat yang memikat dan disertai dengan rias yang dapat mengubah wajah yang jelek menjadi cantik, dan yang cantik semakin tambah cantik, sehingga ketika pertunjukan dapat hasil yang maksimal. Dalam PKM ini, peneliti melibatkan salah satu mahasiswa ISBI Bandung untuk diajak berolah rasa, pikir dan olah kreatifitas. Pengabdian Kepada Masyarakat di Sanggar Genta Sentramas ini dijadwalkan latihan seminggu 2 kali. Hal ini dilakukan karena peserta sanggar banyak yang mempunyai pekerjaan, diantaranya: Ojek online, penjual gorengan, dan pengusaha Rumah Makan, sehingga mereka perlu membagi waktu. Adapun sasaran dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk menampilkan hasil PKM pada acara acara antar komunitas dan event event penting di Bandung dengan bentuk panggung proscenium maupun dipentaskan di alam terbuka atau out door.


ABSTRACT
PACKAGING OF KUDA KEPANG DANCE IN GENTA SENTRAMAS STUDIO, DECEMBER 2023. Genta Sentramas Studio is one of the Javanese dance studios developing in Bandung West Java, and the only studio which has a Notarial Certificate. However, this studio does not have qualified personnel or human resources, so it is very difficult to hold performances. When holding a performance, this studio still uses the old method with a long duration of up to hours and looks boring. On this Community Service program, the researcher offered training program in the make-up and packaging of Kuda Kepang dance. This started when the researcher was invited to watch a performance. There are two points that must be addressed in this studio, namely how to create a solid performance that is attractive and accompanied with make-up that can change an ugly face into a beautiful one, and a beautiful one becomes even more beautiful, so that during the performance they can get maximum results. In this activity, the researcher involved one of the ISBI Bandung students to
participate in practicing, thinking and creativity feelings. The Community Service activity at Genta Sentramas Studio is scheduled for doing practice twice a week. This is conducted since there are many studio participants having their own jobs, including: online motor bikers, fried food sellers, and restaurant entrepreneurs, so they need to arrange their time. The target of this Community Service program is to perform the results at intercommunity agendas and important events in Bandung in the form of a proscenium stage or in the open or out door stages.

Keywords: Make-up, dance packaging, Genta Sentramas Studio.

Keywords


Rias, Pengemasan tari, Sanggar Genta Sentramas.

Full Text:

PDF

References


Alma M. Hawkins. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati, Metoda Baru Dalam Mencipta. Penerjemah: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Jakarta. Ford Foundation.

Eko Supriyanto. 2018. Ikat kait impulsive Sarira. Yogyakarta: Garudhawaca.

FX Widaryanto. 2015. Ekokrtisme Sardono W Kusumo, Gagasan Proses Kreatif Dan Teks Ciptaanya. Surakarta. ISI Surakarta Press.

I Wayan Dibia, F.x Widaryanto, Endo Suanda. 2006. Tari komunal. Jakarta: Lembaga Seni Nusantar.

Koentjaraningrat. 1996. Pengantar Antropologi. Jakarta. Rineka cipta.

Martinus Miroto. 2022. Dramaturgi Tari. Yogyakarta. Badan Penerbitan ISI Yog-yakarta.

R. Joko Prakosa. 2008. Mengintip Tubuh Penari. Surabaya. Tapel Press.

Saini K.M. 2001. Taksonomi Seni. Bandung: STSI Press.

Sal Murgiyanto. 2017. Krtik pertunjukan dan pengalaman keindahan. Yogyakarta: Program Studi Pasacasarjana, Universitas Gadjah Mada.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta.

Sumaryono. 2010. Prakmatik gender tari pasihan Gaya Surakarta. Surakarta: ISI Surakarta Press.

Y. Sumandiyo Hadi. 1996. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok, Yogyakarta: Penerbit Manthili.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v10i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Subayono Subayono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats