RUDIRAGHNI KONSEP PENCIPTAAN TARI KONTEMPORER

Tengku Arre Syarifah dan Dindin Rasidin

Abstract


ABSTRAK

Karya ini terinspirasi dari kisah Dewi Drupadi yang merupakan istri kelima Pandawa (Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa) tokoh dalam cerita Mahabharata. Ketika suaminya kalah bermain dadu dengan pihak Kurawa, Drupadi dipertaruhkan. Dursasana mencoba menelanjangi dirinya, tetapi Dewa Krisna memberikan pertolongan. Pada akhirnya Drupadi bersumpah tidak akan mengikat rambutnya sebelum keramas dengan darah Dursasana.

Perjuangan dan persoalan batin Drupadi akan diangkat melalui sebuah karya sendratari yang berjudul “Rudiraghni”. Divisualkan dengan bentuk sendratari kontemporer yang dikemas dinamis dan penuh dengan sensasi visual yang tercipta dari koreografi, tata pentas, tata cahaya, tata kostum, tata rias dan video mapping. Ditarikan oleh tiga penari dengan sumber inspirasi gerak dari tari wayang dan tari topeng Cirebon. Membuat inovasi dengan gaya tersendiri memakai unsur teatrikal dan tambahan seni teknologi sebagai perwujudan karya yang semakin ekspresif dan kreatif.

Kata Kunci: Rudiraghni, Drupadi, Takdir, Kontemporer.

 

 

ABSTRACT

This work is inspired by Dewi Drupadi, the wife of the five Pandavas (Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa) figures in Mahabharata story. When her husband lost in playing dice with the Kuravas, Drupadi was at stake. Dursasana tried to strip her, but God Krishna helped her. In the end Drupadi swore not to tie her hair before shampooing with Dursasana’s blood.

Drupadi's struggle and inner problems is constructed through a work of dance drama entitled "Rudiraghni". It is visualized in the form of a contemporary ballet that is dynamically packed and full of visual sensations created from choreography, stage performance, lighting, costume, makeup and video mapping. It is performed by 3 dancers with the inspiration sources of movement are from puppet dance and Cirebon mask dance. It has innovation with its own style using theatrical elements and added with technological art as an embodiment of more expressive and creative work.

Keywords: Rudiraghni, Drupadi, Destiny, Contemporary.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

C. Rajagopalachari, 2012. Mahabharatha, Jogjakarta, IRCiSoD.

Gumira Aji Darma, Seno. 2017. Drupadi, Bandung, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harymawan, RMA, 1993. Dramaturgi, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Hawkins, M. Alma. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Murgiyanto, Sal. 2004. Tradisi dan Inovasi. Beberapa Masalah Tari di Indonesia, Jakarta, Inti Prima.

Oka Sudira, Made Bambang, 2010. Ilmu Seni Teori dan Praktik, Jakarta, Inti Prima.

DAFTAR SUMBER INTERNET

? (http://www.smh.com.au/

? https://www.youtube.com/watch?v=knsZNW8EBLo

? http://tintaorangegeologist.blogspot.co.id/2015/08/gadis-dijual-sektor-produksi-prostitusi.html




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v5i1.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats