Cover Image

TARI UYEG PANCAWARNA

Deasy Herlina dan Ria Dewi Fajaria

Abstract


ABSTRAK

Tari Uyeg Pancawarna merupakan tarian yang terdapat dalam pertunjukan Longser Pancawarna pimpinan Ateng Japar. Tari tersebut merupakan tari selingan atau jembatan dari tatalu ke adegan pertama, sebelum babak awal cerita lakon Longser dimulai. Pada mulanya, tarian ini disajikan oleh seorang ronggeng namun dalam perkembangannya dapat disajikan oleh beberapa ronggeng atau kelompok.

Tari Uyeg Pancawarna merupakan minat utama penyajian tari yang penulis pilih sebagai sumber garap dengan bentuk tari kelompok sebanyak empat orang penari perempuan. “Gubahan Tari” menurut A.A.M Djelantik merupakan landasan teori dalam proses garap penyajian Tari Uyeg Pancawarna. Proses pengembangan yang dilakukan meliputi: variasi gerak, pola lantai, karawitan, dan rias busana. Hasil yang dicapai dalam garapan penyajian tari Uyeg Pancawarna adalah tercapainya bentuk penyajian yang baru tanpa mengubah identitas sumber aslinya.

Kata Kunci: Tari Uyeg, Pancawarna, Penyajian.

 

 

ABSTRACT

Pancawarna Uyeg Dance is a dance found in Pancawarna Longser performance, led by Ateng Japar. This dance is an interlude dance or a bridge from the beginning (tatalu) to the first presentation, before the beginning part of the story of Longser play starts. Previously, the dance was presented by a ronggeng, but in its development it can be presented by several ronggeng or groups.

Pancawarna Uyeg Dance is a major interest indance presentation which the author chooses as a source of work in a form of group dance as many as 4 female dancers. "Dance composition" by A.A.M Djelantik is the theoretical foundation in the process of working on the presentation of Pancawarna Uyeg Dance. The development process that has been carried out includes: movement variations, floor patterns, music (karawitan), and costume. The result achieved is the realization of a new form of Pancawarna Uyeg Dance presentation without changing the identity of the original source.

Key words: Uyeg Dance, Pancawarna, Presentation.


Full Text:

PDF

References


Caturwati, Endang. 2006. Perempuan dan Ronggeng di Tatar Sunda Telaahan Sejarah Budaya. Bandung: Pusat Kajian Lintas Budaya dan Pembangunan Berkelanjutan.

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI

Durachman, Yoyo C. 2009. Teater Tradisional & Teater Baru. Bandung: Sunan Ambu Press STSI Bandung.

Fajaria, Ria Dewi. 1999. “Analisa Tari Uyeg dalam Seni Longser Ateng Japar di Kabupaten Bandung”. Laporan Penelitian. Bandung: STSI Bandung.

Hadi, Y. Sumandiyo. 1996. Aspek-Aspek Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Manthili.

Hidayat, Heri. 1997. “Perbandingan Pergelaran Longser Panca Warna dengan Juag Toed, Nyiar Gawe, dan Kucrut”. Bandung: Sekolah Tinggi Seni Indoneisa (STSI) Bandung.

Livia, N. Bella. 2018. “Tari Uyeg Pancawarna”. Skripsi. Bandung: ISBI Bandung.

Murgiyanto, Sal. 1993. Ketika Cahaya Memudar Merah, Sebuah Kritik Tari. Jakarta: Deviri Ganan.

Rahmawati, Gina. 2018. “Tari Uyeg Pancawarna”. Skripsi. Bandung: ISBI Bandung.

Rusliana, Iyus. 1977. “Pengetahuan Tari”. Bandung: Proyek Peningkatan/Pengembangan ASTI Bandung.

Rusliana, Iyus. dkk. 2009. Kompilasi Istilah Tari Sunda. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung.

Sekarningsih, Ening. 1981. “Tinjauan Deskriptif Tentang Pertunjukan Longserdi Desa Rancamanyar Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung”. Skripsi. Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung.

NARASUMBER

Rahmat Nusantara, Kp. Girang Deukeut, RT. 01/RW. 09 Desa Banjaran Kulon, Kabupaten Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan Tari
Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung



P-ISSN : 2355-5033 (media cetak)