EKSISTENSI MAYA SEBAGAI PENARI VOKAL DALAM PERTUNJUKAN BAJIDORAN DI SUBANG

Gustian Setiawati

Abstract


ABSTRAK

Eksistensi memiliki peran penting dalam dunia hiburan, tak terkecuali dalam bidang seni tari. Bajidoran merupakan ramuan baru dari genre Kliningan Bajidoran yang berada di daerah Pantura, terutama Subang yang memanfaatkan fisik perempuan sebagai daya tariknya. Penelitian kualitatif ini mengambil objek “Maya” yang berperan sebagai Penari Vokal atau penari utama dengan menggunakan metode deskriptif ana-lisis, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan yang didukung oleh wawancara mendalam dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan eksistensi Maya sebagai penari vokal dalam pertunjukan Bajidoran. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Maya memiliki bakat untuk menjadi seorang penari yang professional.

Kata Kunci: Eksistensi, Maya, Penari Vokal, Bajidoran.

 

ABSTRACT

Maya Existence As Vocal Dancers In A Bajidoran Performance In Subang, June 2019. Existence has an important role in the world of entertainment, not least in the field of dance. Bajidoran is a new concoction of the Kliningan Bajidoran genre in the Pantura area, especially Subang which utilizes the physical aspect of women as its appeal. This qualitative research takes the object "Maya" which acts as a vocal dancer or main dancer by using descriptive analysis methods, data collection is done by participant observation supported by in-depth interviews and documentation. The purpose of this study was to determine and describe the existence of Maya as a vocal dancer in a Bajidoran performance. The results showed that Maya had the talent to become a professional dancer.

Keywords: Existence, Maya, Vocal Dancers, Bajidoran.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Caturwati, Endang. 2006. Sinden Penari Di Atas Di Luar Panggung. Sunan Ambu STSI Press Bandung. Bandung.

Caturwati, Endang. 2006. Perempuan Dan Ronggeng, LBPB. Bandung.

Caturwati, Endang. 2009. Pesona Perempuan dalam Sastra & Seni Pertunjukan. Sunan Ambu STSI Press. Bandung.

Hadi, Y. Sumandiyo. 1996. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Manthili. Yogyakarta.

Huberman & Milles. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Rusliana, Iyus. 2012. Tari Wayang Bahan Ajar Kepenarian Tari Wayang. Jurusan Tari STSI Bandung. Bandung.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Purwodarminto. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Pustaka: Jakarta.

Soedarsono. 1977. Tari-Tarian Indonesia 1. Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v6i1.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAKALANGAN



Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats