Kitsch dalam Iklan TV Komersial dan Selera Konsumer Indonesia

Wildan Hanif, Yasraf Amir Piliang

Abstract


ABSTRAK
Iklan TV komersial memiliki hubungan timbal balik dengan selera konsumer. Penelitian mengenai iklan TV bermuatan kitsch, yang sering dikaitkan dengan selera rendah ini, mencoba menjawab bagaimana gambaran selera masyarakat konsumer Indonesia pada tahun 2015. Metode yang digunakan adalah metode lintas disiplin dengan pendekatan Cultural studies. Penelitian ini menguraikan gambaran selera massa konsumer Indonesia sebagai dampak dari tayangan iklan TV komersial. Dengan mengambil sampel “Iklan Biji Selasih Serbuk Panas Dalam Bintang Toedjoe”, didapati bahwa iklan tersebut mengandung unsur budaya global yang bercampur (hibrid) dengan budaya lokal dan mitos populer khas Indonesia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa selera masyarakat Indonesia, terutama kelas menengah bawah, sangat terkait dengan karakter manusia Indonesia yang memiliki naluri berkesenian yang tinggi, suka pamer, percaya tahayul, mudah dipengaruhi oleh budaya dari luar, dan bersifat hipokrit.
Kata Kunci : Kitsch, Selera Konsumer, Iklan TV


ABSTRACT
Commercial TV advertising has a considerable influence on the tastes of consumers. Research on the kitsch-laden TV ads, which are often associated with bad taste, try to answer how is the consumer tastes of the people of Indonesia in 2015. The method used is the method of cross-disciplinary approach to Cultural studies. This study provides a picture of the mass consumer tastes Indonesia as a result of commercial TV ad impressions. By taking samples of “Biji Selasih Serbuk Panas Dalam Bintang Toedjoe” " TV ad, found that the advertisement contained elements of global culture mixed (hybrid) with the local culture and popular myths typical of Indonesia. The results of this study also showed that the tastes of Indonesian people, especially the lower middle class, strongly associated with the character of Indonesian people who have a high artistic instinct, happy to show off, but easily influenced by the culture from the outside, believe in superstitious, and is hypocritical.

Keywords: Kitsch, Consumer Tastes, TV ad


Full Text:

PDF

References


Alex Sobur

Semiotika Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosda Karya

Barthes, Roland

Mythologies, New York: The Noonday Press – New York Farrar, Straus & Giroux

Baudrillard, Jean

For a Critique of the Political Economy of The Sign, Telos Press

Revenge of The Crystal, Pluto Press

Berger, Arthur Asa

Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer, Penerjemah M. Dwi Marianto dan Sunarto, Yogyakarta, Tiara Wacana

Cilliers, John

The Unveiling of Life: Liturgy and the Lure of Kitsch, HTS Teologiese Studies/Theological Studies66(2), Art. #815

Dorfles, Gillo

The Antology of Bad Taste, London, Studio Vista-Universe Book

Eco, Umberto

The Structure of Bad Taste, dalam The Open Work, Hutchinson Radius

Muchtar Lubis

Budaya, Masyarakat, Dan Manusia Indonesia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Macrury, Iain

Advertising, Routledge

Nietszche, Friedrich

The Birth of Tragedy, New York: A Double Day Anchor Book

Rather, Dan., Isaacson, Walter

People of The Century, 100 man and women who shapes the last 100 years,

Time/ CBS News

Scott, Walter Dill

The psychology of advertising in theory and practice: a simple exposition of the principles of psychology in their relation to successful advertising. Maynard: Small

Syaiful Halim

Postkomodifikasi Media, Analisis Media Televisi dengan Teori Kritis dan Cultural Studies, Yogyakarta: Jalasutra

Tjetjep Rohendi Rohidi

Metode Penelitian Seni, Semarang: Penerbit Citra Nuansa

Wildan Hanif, Yasraf A.Piliang, Agung Eko Budi Waspada

Indonesian Kitsch in Year 2015, from Philosophical Concept to Product and Consumer Behaviour”, Tanjong Malim, Malaysia: Publikasi Seminar Internasional “Nusantara Herritage 3, Universitas Pendidikan Sultan Idris,

“Sensualitas Kitsch pada Iklan TV Komersial ‘Biji Selasih Bintang Toedjoe’, Univ. Maranatha Bandung: publikasi seminar nasional, DISC Maranatha

Yasraf Amir Piliang

Bayang- bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi, Bandung: Mizan Publika

Semiotika dan Hipersemiotika, kode, gaya, dan matinya makna, Bandung: Penerbit Matahari




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i3.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021