Teknik Fotografi dalam Sastra Realisme L'ADULTERA Karya Theodor Fontane

Kamelia Gantrisia

Abstract


ABSTRACT

          This research is entitled “Photography Approach in the Literary Work of Realism L'Adultera by Theodor Fontaneâ€. The aims of the research are to identify the descriptions found in literary work and the representation of photography criteria found in those descriptions. The methods employed in this research are formal method. The analysis is carried out by explaining the descriptions briefly and using them to identify parts of the text pointing to those descripstions. They are then analyzed by means of photography criteria from Heinz Buddermeier and Erwin Koeppen.

             The result shows that the descriptions are concentrated on three types of setting descriptions: realm, interior, and building setting. In every description various description techniques which are similar to common techniques used in photography are found. They are observer's view transition, transition and/or regularity of observer's position, occuracy and sharpness of the object, static quality and object visual, and inequality of object setting.

 

Key words: realism, description, photography

ABSTRAK

          Penelitian ini berjudul â€Teknik Fotografi dalam Karya Sastra Masa Realisme L'Adultera Karya Theodor Fontaneâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan deskripsi-deskripsi yang muncul dalam karya sastra dan mengkaji penggambaran-penggambaran fotografis dalam deskripsi-deskripsi tersebut. Metode yang dipergunakan adalah metode formal. Analisisnya dilakukan dengan cara menjabarkan secara singkat tentang deskripsi dalam karya sastra dan mempergunakannya untuk mengidentifikasikan bagian-bagian teks yang mengarah pada deskripsi. Bagian-bagian teks yang mengandung deskripsi tersebut selanjutnya dianalisis dengan bantuan kriteria-kriteria fotografi menurut Heinz Buddemeier dan Erwin Koppen.

             Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deskripsi-deskripsi yang dimunculkan dalam karya dikonsentrasikan pada tiga jenis deskripsi latar, yaitu latar alam, interior, dan bangunan. Dalam setiap deskripsi ditemukan berbagai teknik penggambaran yang memiliki kemiripan dengan teknik-teknik yang biasa dipergunakan dalam fotografi, yaitu perpindahan pandangan pengamat, perpindahan dan/atau keajegan posisi pengamat, ketepatan dan ketajaman objek, sifat statis dan visual objek, serta ketidaksejajaran latar objek.  

 

Kata Kunci: realisme, deskripsi, fotografi


Full Text:

PDF

References


Aust, Hugo.

Literatur des Realismus. 3. Auflage. Stuttgart: J.B. Metzlersche Verlagsbuchhandlung und Carl Ernst Poeschlel Verlag GmbH.

Drosdowski, Günther (Hrsg.).

Duden, Deutsches Universalwörterbuch. 2., völlig neu bearb. u. stark erw. Aufl. Mannheim.

Fontane, Theodor.

L’Adultera. Stuttgart: Philipp Reclam jun., GmbH & Co.

Plumpe, Gerhard (Hrsg.).

Theorie des bürgerlichen Realismus. Stuttgart: Philipp Reclam jun. GmbH & Co.

Krauss, Rolf H.

Photographie und Literatur. Zur photographischen Wahrnehmung in der deutschsprachigen Literatur des neunzehnten Jahrhunderts. Stuttgart: Hatje Cantz Verlag.

Träger, Claus.

Wörterbuch der Literaturwissenschaft. 1. Auflage. Leipizig: VEB Bibliographisches Institut.

Ogorka, Martha.

Literatur und Fotografie im 19. Jahrhundert. ISBN (E-Book): 978-3-638-61339-2. Dalam: http://www.grin.com/de/e-book/69346/literatur-und-fotografie-im-19-jahrhundert [21/11/2009].




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v27i1.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021