Tari Wayang Karakter Satria Ladak

Lilis Sumiati

Abstract


Wayang dance is a dance expressing events in the stories of wayang. The events here among oth- ers are dances revealing the background of the story, theme, the name of the dance, characters, and philosophical elements. Of those various elements, the scope in this study is limited into matters of satria ladak character.

Wayang dance satria ladak character living in several areas contains some significant differences in several aspects. The term differing the specialty of wayang dance is called sejak. The scope of se- jak is more for one’s style in dancing dance genre from the same ethnic. Therefore, the term sejak is firstly come out when seeing one’s performance in dancing, either referred to her/his choreography or to her/his specialty in performing the dance. Then, sejak owned by the individual is spread among his/her surrounding, so that it can be an icon in respective areas.

The quantity of Wayang dance satria ladak is varied in each areas, such as sejak Sumedang is Dipati Karna dance. While Sejak Garut is Bambang Somantri dance, and sejak Bandung is Arayana dance. These materials are chosen as samples for comparative and interpretative study.

Keywords: Wayang Dance, Satria Ladak, Sejak, comparative, interpretative.

 

 


Full Text:

PDF

References


A.A.M. Djelantik

Estetika: Sebuah Pengantar. Ban- dung: MSPI.

Anya Peterson

Antropologi Tari. Terj. FX Widar- yanto. Bandung: Sunan Ambu Press.

Ariyono Suyono

Kamus Antropologi. Jakarta: Akade- mika Pressindo.

Atik Soepandi, dkk.

Tari Wayang Jawa Barat, Proyek Pengembangan IKI Sub proyek ASTI Bandung.

---------------,

Pagelaran Wayang Golek Purwa Gaya Priangan. Bandung: Pustaka Bua- na.

Burhan Bungin

Penelitian Kualitatif: Komunikasi, E- konomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Fajar Inter- Pratama

Edi Sedyawati

Tari sebagai Salah Satu Pernyataan Budaya, dalam Pengetahuan Ele- menter Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Dirkes Proyek Pe- ngembangan Kesenian.

---------------,

Perkembangan Seni Pertunjukan. Ja- karta: Sinar Harapan

Eka Sudarmika,

“Tinjauan Deskriptif Tentang Ko-

reografi Tari Abimanyu Karya O-

no Lesmana di Kabupaten Sume- dangâ€, ASTI Bandung, Bandung.

Endang Caturwati dan Sri Sujatmi

/ Tata Rias Tari Sunda, Proyek Pe- ningkatan/ Pengembangan ASTI Bandung.

Endo Suanda

Wayang wong di desa Suranenggala

Lor. Bandung: ASTI.

Enoch Atmadibrata dan Atik Soepandi

Khasanah Kesenian Jawa Barat. Ban- dung: Pelita Masa.

Ernst Cassirer

Manusia dan Kebudayaan. Terj. Alo- is A. Nugraha. Jakarta: Gramedia.

Hazim Amir

Nilai-Nilai Etis Dalam Wayang. Ja- karta: Pustaka Sinar Harapan.

Heddy Shri Ahimsa Putra

Strukturalisme Levi-Straus: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Ga- lang Press.

Herbert Read

Seni, Arti, dan Problematikanya, ter- jemahan Soedarso SP. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Irawati Durban

Peranan BKI (Badan Kesenian Indo- nesia) Dalam Perkembangan Tari Sunda. Bandung: MSPI.

Iyus Rusliana,

Sekelumit Tari Wayang Jawa Barat.

Bandung: ASTI.

---------------,

Khasanah Tari Wayang. Bandung: STSI Press.

---------------,

“Pesona Tari Tradisi Sunda dalam Tari Kekinianâ€, Makalah Seminar Karya Tari Inovatif, Jurusan Tari STSI Bandung.

---------------,

Tari Wayang Priangan Dalam Per- bandingan. Jurnal Panggung STSI Bandung no. XXXVI Bandung.

Jaeni B. Wastap,

“Diktat Mata Kuliah Perbandingan

Seniâ€, STSI Bandung.

Jakobus Sumardjo,

Filsafat Seni. Bandung: ITB.

James P. Chaplin

Kamus Lengkap Psikologi, terj.

Kartini Kartono. Jakarta: Raja Gra- findo persada.

Kusnaka Adimiharja

Dinamika Budaya Lokal. Bandung: Indra Prahasta & LBPB.

Lelli Herliani

“Tinjauan Deskriptif Tentang Ko- reografi Tari Gandamanahâ€, ASTI Bandung.

M. Dwi Marianto

“Berpikir dengan Rasaâ€, dalam Kembang Setaman: Persembahan Un- tuk Sang Mahaguru. Yogyakarta: A- rindo Nusa Media.

---------------,

Seni Kritik Seni. Yogyakarta: ISI

Yogyakarta.

Nurhayati,

“Tinjauan Deskriptif Tentang Ta- ri Jakasona Karya Ono Lesmanaâ€, ASTI Bandung.

Onong Nugraha

Tata Busana Tari Sunda. Proyek Pe- ngembangan IKIP Bandung.

Risman Suratman

“Tinjauan Deskriptif Tentang Ko- reografi Tari Jayengrana karya R. Ono Lesmana dan Tari Jayengrana karya R. Yuyunâ€, ASTI Bandung.

R.M. Soedarsono

Metodologi Penelitian Seni pertun- jukan dan Seni Rupa. Bandung: MS- PI.

---------------,

Seni Pertunjukan di Era Globalisasi.

Yogyakarta: Gadjahmada Univer- sity Press.

Soetarno

Pertunjukan Wayang & Makna Sim- bolisme. Surakarta: STSI Press.

Sumandiyo Hadi

Sosiologi Tari. Yogyakarta: Pustaka.

Th. Pigeaud,

Javaanse Volksvertoningen Bijdrage tot de Beschrijving van Land en Volk. Batavia: Uitgave Volkslectuur, .

Ummy Karman,

Ensiklopedi Nasional Indonesia, jilid

, PT Cipta Adi Pusaka, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v22i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021