2024-03-28T09:15:21Z
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/oai
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1983
2022-03-21T12:10:45Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2477
2023-04-05T14:48:15Z
awilaras:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1408
2021-02-17T16:58:31Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/734
2021-11-16T09:25:59Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2404
2023-02-01T07:30:44Z
layar:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2983
2023-12-31T15:51:54Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1683
2021-10-04T11:57:48Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1519
2022-03-02T14:33:16Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2390
2023-01-12T14:05:43Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2637
2023-07-13T04:30:03Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1597
2021-07-14T03:57:29Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1334
2021-11-16T09:30:22Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1975
2022-07-15T05:06:00Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2487
2023-05-04T10:49:17Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1351
2021-03-05T08:17:49Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/738
2021-11-16T09:26:00Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2405
2023-02-01T07:30:44Z
layar:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2832
2024-01-24T04:15:32Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1686
2021-10-04T11:57:49Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1979
2022-03-21T12:10:45Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2400
2023-02-01T07:30:44Z
layar:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2642
2023-07-13T04:30:03Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1617
2021-08-03T16:26:15Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1345
2021-11-16T09:31:40Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2109
2022-10-22T11:31:00Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2488
2023-05-04T11:03:37Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1347
2021-03-05T08:37:14Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/879
2021-11-16T09:28:04Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/884
2023-04-05T10:52:26Z
awilaras:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/3204
2024-01-30T05:41:46Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1688
2021-10-04T12:50:02Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1980
2022-03-21T12:10:45Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2401
2023-02-01T07:30:44Z
layar:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2643
2023-07-13T04:30:03Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1685
2021-10-04T11:57:45Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1343
2021-11-16T09:31:42Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2110
2022-10-22T11:31:02Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2612
2023-07-04T04:59:25Z
awilaras:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1094
2021-03-31T04:37:28Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1108
2021-11-16T09:29:03Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1981
2022-03-21T12:10:45Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2479
2023-04-05T14:38:53Z
awilaras:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/3206
2024-01-30T06:48:04Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1186
2021-11-16T09:22:43Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2402
2023-02-01T07:30:44Z
layar:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2644
2023-07-13T04:30:03Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1684
2021-10-04T11:57:46Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1339
2021-11-16T09:31:43Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2207
2022-12-27T15:23:55Z
paraguna:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2617
2023-07-04T05:52:51Z
awilaras:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1595
2021-07-14T03:57:29Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1338
2021-11-16T09:30:20Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1982
2022-03-21T12:10:45Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2478
2023-04-05T14:48:15Z
awilaras:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1407
2021-02-17T16:58:30Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1185
2021-11-16T09:22:44Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2403
2023-02-01T07:30:44Z
layar:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2752
2023-09-08T07:50:37Z
caij:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1682
2021-10-04T11:57:47Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1315
2021-11-16T09:32:49Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2385
2023-01-12T14:05:39Z
makalangan:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2636
2023-07-13T04:30:02Z
etnika:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1596
2021-07-14T03:57:29Z
atrat:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1337
2021-11-16T09:30:21Z
pantun:ART
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2473
2023-07-05T04:48:35Z
panggung:ART
Wayang Beber Priangan: Alih Wahana Cerita Lutung Kasarung ke dalam Wayang Beber
Prasetya, Hanggar Budi
Haryanto, Haryanto
Intarti, Retno Dwi
Putra, Ignasius Krisna Nuryanta
Ignaningratu, Fujidiana
Wayang beber merupakan salah satu genre wayang yang telah lama ada di Indonesia. Dibandingkan
dengan genre wayang yang lain, wayang ini tergolong kurang berkembang. Sebagian besar
literatur wayang beber membahas wayang beber Remeng Mangunjaya dan Jaka Kembang Kuning.
Wayang beber masih memungkinkan dikembangkan dengan mengalihwahanakan cerita atau
folklor lokal yang berkembang, salah satunya folklor Arya Kamandaka atau Lutung Kasarung.
Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan proses alih wahana dari buku cerita Lutung Kasarung
ke dalam wayang beber priangan dengan lakon Arya Kamandaka. Untuk mewujudkan ini,
pengkarya menggunakan teori alih wahana dan teori ruang waktu datar (RWD). Teori alih
wahana diterapkan untuk mengalihwahanakan cerita dari (wahana) buku ke dalam (wahana)
wayang. Teori ruang waktu datar (RWD) diterapkan dalam mewujudkan cerita ke dalam bentuk
wayang beber. Berdasarkan kedua teori ini telah berhasil dibuat wayang beber yang menceritakan
kisah Arya Kamandaka kedalam tiga gulungan, setiap gulungan terdiri atas 4 sekuen. Cerita yang
ditampilkan dalam wayang beber ini terlalu datar, kurang ada konflik, sehingga kurang menarik
untuk dipertunjukkan. Penelitian ini menyarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan untuk
memperbaiki kelemahan-kelemahan ini.
Kata kunci: Wayang Beber Priangan, Arya Kamandaka, ruang waktu datar
LP2M ISBI Bandung
2023-03-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2473
10.26742/panggung.v33i1.2473
Panggung; Vol 33, No 1 (2023): Nilai-Nilai Seni Indonesia: Rekonstruksi, Implementasi, dan Inovasi; 14-27
PANGGUNG; Vol 33, No 1 (2023): Nilai-Nilai Seni Indonesia: Rekonstruksi, Implementasi, dan Inovasi; 14-27
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2473/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2628
2023-07-07T04:11:49Z
panggung:ART
MUTE: Duet Bahasa Isyarat dalam Komposisi Kontemporer
Panggabean, Ance Juliet
Mute merupakan sebuah penelitian karya komposisi musik yang memiliki ide dan konsep
dituangkan dalam sebuah skor musik. Mute merupakan karya komposisi yang dilatarbelakangi
genre musik kontemporer menggunakan tangga nada diatonik (tangga nada D Mayor) dan
pentatonik (G-B-C-D-As). Karya tersebut merupakan duet melalui tutur bahasa dan digital
piano dimana pemainnya menggunakan teknik tone cluster dan pointilism dengan staccato
yang dikaitkan sebagai bahasa isyarat. Konsep karya Mute terletak pada permainan tutur bahasa
melalui aksen bicara sebagai bahasa isyarat yang menggambarkan rasa marah, sedih, kesal dan
dipadukan dengan bunyi suara detak jam dinding. Komposer juga sebagai peneliti melakukan
berbagai percobaan-percobaan untuk menghasilkan sebuah karya komposisi dengan melakukan
metode kualitatif, practice-based, practice-led dan ethnographic. Kekuatan pada karya tersebut
adalah bagaimana menghubungkaitkan ide ke dalam konsep dan menjadi sebuah karya baru
yang dapat dipergunakan oleh khalayak ramai sebagai literatur. Karya komposisi Mute sudah
dipertunjukkan di konser North Sumatera Festival in Collaboration With World Music di kota
Medan, Sumatera Utara dan sudah terdaftar secara HAKI.
Kata Kunci: Tutur Bahasa, Piano Digital, Musik kontemporer, Karya Komposisi
LP2M ISBI Bandung
2023-07-05
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2628
10.26742/panggung.v33i2.2628
Panggung; Vol 33, No 2 (2023): Ideologi, Identitas, dan Kontekstualitas Seni Budaya Media; 285-300
PANGGUNG; Vol 33, No 2 (2023): Ideologi, Identitas, dan Kontekstualitas Seni Budaya Media; 285-300
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i2
eng
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2628/1534
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/285
2022-09-08T01:47:18Z
panggung:ART
Wayang Orang Bharata jakarta di Era Globalisasi
-, Hersapandi -
LP2M ISBI Bandung
2017-12-06
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/285
10.26742/panggung.v21i2.285
Panggung; Vol 21, No 2 (2011): Simbol, Dokumentasi, dan Pengaruh Eksternal Seni
PANGGUNG; Vol 21, No 2 (2011): Simbol, Dokumentasi, dan Pengaruh Eksternal Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v21i2
eng
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/285/273
Copyright (c) 2017 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2917
2023-12-11T08:16:25Z
panggung:ART
PANJI DALAM TRADISI SENI PERTUNJUKAN: Alih Estetika dari Keraton Merasuki Estetika Kerakyatan
Prakosa, Rohmat Djoko
Panji in the performing arts tradition has a big role. The diversity of forms and types of performances
expresses the Panji cycle on the theme of wandering/wandering patriotic, romantic. There is an aesthetic
transfer from palace aesthetics to popular aesthetics, research into this aesthetic transfer needs to be
carried out to obtain aesthetic diversity. So it is necessary to explore the variants formed by local and
folk traditions. To explore Panji’s cultural diversity in performing arts, a literature study is needed to
approach Panji from the perspective of performing arts history. Direct observation of the forms and types
of Panji performances, and observation of audio-visual documents, portraits and social media broadcasts
about Panji. The results of the literature study and observations made can be described as the story of
Panji in various forms of performance aesthetic expression. A variety of aesthetic performances of theatre,
music, dance and visual aesthetic expressions. Broadly speaking, the aesthetics of the story of Panji is told
in a classical aesthetic that is developed as a palace tradition and is embodied in the populist aesthetics
that are spread across various areas of local populist culture.
Keywords: Panji, tradition, aesthetics, performance
LP2M ISBI Bandung
2023-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2917
10.26742/panggung.v33i4.2917
Panggung; Vol 33, No 4 (2023): Eksistensi Tradisi dalam Narasi Seni Modern; 519 - 538
PANGGUNG; Vol 33, No 4 (2023): Eksistensi Tradisi dalam Narasi Seni Modern; 519 - 538
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2917/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1536
2021-08-25T07:59:43Z
panggung:ART
Spirit Muhamad Aim Salim dalam Pembinaan dan Penciptaan Tari Prawesti
Rosilawati, Riyana
Mulyani, Ai
Spirit Muhamad Aim Salim dalam pembinaan tari Sunda di Pusat Olah Tari setialuyu dimulai tahun 1970 an, sedangkan mulai aktif dalam penciptaan tari Sunda sejak tahun 1980, ada pun salah satu dari karya tari yang digarap dalam genre tari kreasi baru, di antara karyanya yaitu tari Prawesti, menggambarkan nilai-nilai perempuan dengan etika kasundaan, maksud diciptakannya tarian tersebut terkait dengan pembinaan yang telah digelutinya. Dalam tarian tersebut koreografer bermaksud menghadirkan upaya pembenahan dalam Tari Putri Halus, yang saat itu siswa binaannya ada kesulitan dalam menerima materi tari putri. Dengan fenomena tersebut, muncullah ide untuk menciptakan Tari Prawesti yang dapat dipelajari oleh berbagai usia.Tujuan penulisan ini bermaksud mengkaji bagaimana spirit Muhamad Aim Salim dalam pembinaan dan penciptaan dalam tari Sunda. Penelitian ini menggunakan metode deskritif analisis kualitatif. Hasil dalam penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengayaan wawasan tentang dunia tari Sunda, khususnya mengetahui spirit Muhamad Aim Salim baik dalam pembinaan maupun karyanya.Kata Kunci: Spirit, Pembinaan, Penciptaan, Tari Praweti
LP2M ISBI Bandung
2021-03-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1536
10.26742/panggung.v31i1.1536
Panggung; Vol 31, No 1 (2021): Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi
PANGGUNG; Vol 31, No 1 (2021): Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1536/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1098
2021-11-22T06:39:47Z
panggung:ART
Transposisi Kreatif Gerak Wayang Makidhipuh dalam Film Setan Jawa Karya Garin Nugroho
Dewi, Agustina Kusuma
Abstract: Garin Nugroho's ‘Setan Jawa’ is a performance film that carries a large narrative background to the story is the beginning of the 20th century in Java. With the accompaniment of live music by Rahayu Supanggah, the film was first released in 2016, and until 2020 a world tour is scheduled. 'Movement' becomes important in this film, which is a silent cross-disciplinary film, which combines dance and puppet shadows. The 'Movement' in the film ‘Setan Jawa’ gives a certain cultural meaning, that is Javanese culture, which arises through visual movement’ code, a creative transposition adapted from the wayang. Using a case study approach, supported by visual data analysis in the form of ‘Setan Jawa’ film documentation and referential data in the form of movement’ classifications in puppet shadows (Roger Long, 1979), this study produced findings that there were creative puppet movement transpositions made in the film ‘Setan Jawa’, i.e. Makidhipuh's movement. This finding reinforces the importance of adaptation and collaboration in the performing arts in the era of visual onslaught in order to maintain local culture. Keywords: film setan jawa, movement code, puppet movementAbstrak: ‘Setan Jawa’ karya Garin Nugroho merupakan film pertunjukan yang mengangkat narasi besar latar belakang cerita adalah awal abad ke-20 di Jawa. Dengan iringan musik live buatan Rahayu Supanggah, film ini pertama kali dirilis tahun 2016, dan hingga tahun 2020 dijadwalkan tur keliling dunia. ‘Gerak’ menjadi penting dalam film yang merupakan film bisu silang disiplin ini, yang diantaranya memadukan seni tari dan wayang. ‘Gerak’ pada film ‘Setan Jawa’ memberikan makna kultural tertentu, yaitu kultur Jawa, termunculkan melalui kode gerak visual, sebuah transposisi kreatif diadaptasi dari gerak wayang kulit. Menggunakan pendekatan studi kasus, didukung analisis data visual berupa dokumentasi Film ‘Setan Jawa’ dan data referensial berupa klasifikasi gerak pada wayang (Roger Long, 1979), penelitian ini menghasilkan temuan bahwa ada transposisi gerak wayang yang dilakukan secara kreatif pada film ‘Setan Jawa’, salah satunya, gerak Makidhipuh. Temuan ini menguatkan pentingnya adaptasi dan kolaborasi dalam seni pertunjukan di era gempuran visual agar dapat memertahankan budaya lokal.Kata kunci: film setan jawa, kode gerak, gerak wayang
LP2M ISBI Bandung
2021-09-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1098
10.26742/panggung.v31i3.1098
Panggung; Vol 31, No 3 (2021): Budaya Ritual, Tradisi, dan Kreativitas
PANGGUNG; Vol 31, No 3 (2021): Budaya Ritual, Tradisi, dan Kreativitas
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1098/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1910
2022-02-11T08:23:34Z
panggung:ART
Pembelajaran Legong Kuntir Berbasis E-Book
Mudiasih, Ni Wayan
Widyarto, Rinto
Pulau Bali yang kuat dengan adat, tradisi, budaya dan spritualitas leluhur, menjunjung tinggi nilai agama Hindu. Masyarakatnya penuh berkesenian dengan perbendaharaan seni yang tinggi, terbukti berbagai macam jenis tarian ada di Bali, seperti ragam tari Legong (Lasem, Jobog, Nandir, Legod Bawa dan Kuntir). Dalam pembelajaran tari diperlukan berbagai pendekatan, metode, dan media agar peserta didik mudah memahami materi dengan baik. Setelah pembelajaran peserta didik terstimulus menjadi lebih tertarik, aktif dan kreatif serta menyenangkan Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan prosedural. Tari Legong Kuntir Berbasis E-Book dapat dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran dan dimanfaatkan sebagai bahan belajar oleh peserta didik di SMK Negeri 3 Sukawati khususnya pada pmebelajaran tari Legong Kuntir.Kata kunci: E-Book, Metode, Tari Legong Kuntir
LP2M ISBI Bandung
2022-01-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1910
10.26742/panggung.v31i4.1910
Panggung; Vol 31, No 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi
PANGGUNG; Vol 31, No 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1910/1237
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2055
2022-12-27T07:56:44Z
panggung:ART
Perbahasan Musikal dan Lingual dalam Penerjemahan Andung Tonggo Raja: Ditinjau dari Melodi dan Kountur
Sihite, Jubilezer
Batubara, Junita
Pasaribu, Arsen Nahum
Galingging, Kamaluddin
Tulisan ini membahas hasil terjemahan, struktur melodi dan kontur nyanyian Andung pada video Tonggo Raja. Permasalahan dalam tulisan ini bahwa para pendengar tidak selalu memahami struktur makna, melodi, dan kontur lirik Andung. Adapaun metode yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif. Untuk permasalahan ini digunakan teori Ilzamudin Ma’mur (2004) dan Malm (1997). Tulisan ini menghasilkan kesimpulan di antaranya Andung memiliki melodi repetitive, interatif, reverting, stropic dan progressif, serta memiliki kontur ascending, descending, pendulous, terraced dan static. Andung tidak dipelajari, tetapi timbul dari perasaan penutur. Andung dapat dinyanyikan oleh orang tertentu, waktu dan tempat tertentu. Andung dinyanyikan pada saat sedih, susah, senang sesuai dengan situasi emosional yang melakukannya. Dalam hal ini doa yang disampaikan dalam bentuk Andung yang terdapat dalam video merupakan representasi dari harapan tentang baik atau buruknya perasaan atau situasi yang dihadapi oleh seorang raja yang melihat kondisi lingkungan sekitar.Kata Kunci : andung, melodi, kontur, tonggo raja
LP2M ISBI Bandung
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2055
10.26742/panggung.v32i2.2055
Panggung; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
PANGGUNG; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2055/pdf
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2264
2022-11-04T07:03:42Z
panggung:ART
Penerapan Teknik dan Pola Anyam Tradisi pada Karya Rupa Ekspresif 3 Dimensi
Rohandi, Teten
Nagara, Martien Roos
Zaman, Farid Kurniawan Noor
Teknik dan pola anyam tradisi yang dilakukan perajin dalam menganyam adalah cetakan untuk memproduksi produk secara masal. Dalam fine art teknik dan pola anyam dapat dijadikan sebagai struktur dasar dalam pembentukan karya yang sifatnya lebih ekspresif. Fokus penelitian ini adalah penerapan teknik dan pola anyam dasar yang berpijak dari tradisi, dieksplorasi menjadikannya struktur baru dalam pembentukan karya seni rupa. Penggalian nilai estetik yang berada di wilayah keilmuan seni rupa murni ini bertujuan untuk mengembangkan seni rupa sekaligus seni anyam tradisi, sehingga dapat menciptakan pola baru yang memiliki ciri khas serta peningkatan nilai apresiasi. Metode kreatif yang digunakan adalah design thinking dengan teknik eksplorasi dan eksperimental bentuk. Hasil penelitian berdasarkan eksplorasi teknik dan pola anyam tradisi adalah berupa karya rupa ekspresif 3D. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai alternatif dalam berkarya seni rupa yang dapat diapresiasi oleh khalayak luas dan memberi inspirasi sekaligus ikut melestarikan seni rupa tradisi Indonesia.Kata kunci: teknik anyam, pola anyam tradisi, karya seni rupa, 3 dimensi
LP2M ISBI Bandung
2022-09-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2264
10.26742/panggung.v32i3.2264
Panggung; Vol 32, No 3 (2022): Komodifikasi dan Komoditas Seni Budaya di Era industri Kreatif
PANGGUNG; Vol 32, No 3 (2022): Komodifikasi dan Komoditas Seni Budaya di Era industri Kreatif
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2264/1366
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2378
2023-01-05T07:52:05Z
panggung:ART
Trajektori Hanami sebagai Diplomasi Budaya Jepang
Listiani, Wanda
Diplomasi adalah sistem komunikasi internasional yang penting dan mekanisme komunikasi
kolektif antar negara. Melalui diplomasi budaya, wisatawan mancanegara diharapkan tertarik
untuk mengunjungi dan melihat langsung kekayaan budaya Jepang. Diplomasi budaya
merupakan salah satu media representasi dan komunikasi dalam memperkenalkan kekayaan
dan keragaman seni budaya Jepang. Perayaan melihat bunga setiap musim di Jepang yaitu, bunga
plum pada bulan Februari, bunga iris pada awal Juni, bunga hydrangea pada akhir Juni, dan
sebagainya. Perayaan besar tahunan sakura dan hanami adalah yang paling populer. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dan analisis literatur. Hasil penelitian menggambarkan
peristiwa melihat sakura di Jepang sebagai praktik diplomasi budaya Jepang. Jepang populer
dengan citra sakura di tingkat internasional. Praktik hanami Jepang (melihat sakura) muncul
di seluruh dunia. Hanami, mengenakan yukata dan acara budaya Jepang berkontribusi untuk
mengartikulasikan diplomasi budaya Jepang di tingkat dunia.
Kata kunci: hanami, sakura, Jepang, diplomasi budaya
LP2M ISBI Bandung
2023-01-05
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2378
10.26742/panggung.v32i4.2378
Panggung; Vol 32, No 4 (2022): Keragaman Budaya, Kajian Seni, dan Media; 541 - 555
PANGGUNG; Vol 32, No 4 (2022): Keragaman Budaya, Kajian Seni, dan Media; 541 - 555
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2378/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2620
2023-07-05T04:45:14Z
panggung:ART
Kesundaan dalam Keindonesiaan: Memahami Sajak Sunda Tahun 1950-an
Muhtadin, Teddi
Tulisan ini berfokus pada pemahaman sajak Sunda yang ditulis tahun 1950-an. Tujuannya
untuk mengungkap representasi kesundaan dalam bingkai keindonesiaan. Tujuan tersebut
dicapai dengan menggunakan teori semantik semiotika. Hasilnya untuk mengungkapkan
bahwa secara semantik, sajak Sunda didominasi oleh tanda ikonis diagramatis dan tanda
ikonis metaforis. Tanda ikonis diagramatis menempatkan keindonesiaan di depan kesundaan
dan tanda ikonis metaforis menggambarkan bahwa keindonesiaan dapat dijelaskan dengan
tradisi kesundaan. Artinya bahwa keindonesiaan terkandung di dalam kesundaan. Selain itu,
terungkap pula identitas kesundaan berubah seiring berubahnya bingkai keindonesiaan. Ketika
pada tahun 1950-an bingkai keindonesiaan menyempit dan menjadikan kesundaan tereksklusi,
maka kesempatan tersebut dipakai untuk melihat dan memahami kesundaan kembali. Dalam
pertemuannya dengan keindonesiaan yang menjadi tujuan kesundaan, kesundaan pun
menemukan kesundaan yang paling primordial sekaligus berusaha mengatasi kesundaan yang
berorientasi kejawaan.
Kata kunci: sajak, sunda, gerakan kesundaan
LP2M ISBI Bandung
2023-07-05
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2620
10.26742/panggung.v33i2.2620
Panggung; Vol 33, No 2 (2023): Ideologi, Identitas, dan Kontekstualitas Seni Budaya Media; 209-224
PANGGUNG; Vol 33, No 2 (2023): Ideologi, Identitas, dan Kontekstualitas Seni Budaya Media; 209-224
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2620/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2904
2023-12-11T08:16:20Z
panggung:ART
REPRESENTASI NILAI SIRI’ NA PACCE PERTUNJUKAN TEATER RAKYAT KONDOBULENG SANGGAR SENI TRADISIONAL I LOLO GADING PAROPO
Ramli, Asia
Saputra, Andi Taslim
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pertunjukan teater rakyat
Kondobuleng representasi nilai siri’ na pacce (harga diri dan kehormatan). Metode penelitian
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interdisiplin. Pertunjukan Teater
Rakyat Kondobuleng (PTRK) merupakan salah satu karya seni kolektif yang di dalamnya memuat
beragam unsur seni yang saling terkait antar satu dengan yang lain, tokoh/karakter, pemeranan,
dialog, kostum, rias, properti, tari atau gerak, musik, dan lagu. Penelitian ini menguraikan
fenomena pertunjukan dengan menggunakan salah satu teori dari John Fiske yang membaca
realitas seni dengan berfokus pada representasi. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahapan analisis data diolah dengan
bentuk reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan
representasi nilai siri’ na pacce yang berhubungan dengan sosiokultural masyarakat pesisir
Bugis-Makassar meliputi mempertahankan diri dan kehormatan, memegang teguh pendirian,
menumbuhkan kerja gotong royong, menanamkan sifat tolong menolong, menumbuhkan etos
kerja, menempatkan seseorang dengan keahliannya, mengambil keputusan secara arif dan
bijaksana, serta menjunjung tinggi rasa kesetiakawanan. Nilai yang disampaikan termuat pada
adegan dari pertunjukan teater rakyat Kondobuleng.
Kata kunci: Pertunjukan, Teater, Representasi, Nilai siri’ na pacce.
LP2M ISBI Bandung
2023-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2904
10.26742/panggung.v33i4.2904
Panggung; Vol 33, No 4 (2023): Eksistensi Tradisi dalam Narasi Seni Modern; 451 - 462
PANGGUNG; Vol 33, No 4 (2023): Eksistensi Tradisi dalam Narasi Seni Modern; 451 - 462
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2904/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1532
2021-08-25T07:59:43Z
panggung:ART
Strategi Pemasaran Tato oleh Seniman Tato Semarang dalam Perkembangan Gaya Hidup
Ernawati, Arni
Tato mengalami dialektika perkembangan mengikuti zaman. Bagi seniman tato, tato merupakan ekspresi diri dalam melahirkan karya seni. Mereka berekspresi melalui tato. Terjadi tarik menarik, antara stigma negatif di masyarakat yang dilekatkan pada pengguna tato, sekaligus menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Dalam situasi dilametis semacam itu diperlukan sebuah strategi tertentu bagi Seniman tato Semarang untuk memperkenalkan, memfamiliarkan, kemudian memasarkan tato kepada pengguna tato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran mengenai manajemen pemasaran kepada para seniman tato di Semarang, tidak hanya itu penulis juga ingin memberikan pengetahuan tentang menajemen komunikasi yang dapat membangun hubungan baik dengan para pelanggan. Penulis melakukan observasi dan wawancara langsung kepada seniman tato untuk menggali informasi terkait dengan tato di Semarang. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya gambaran atau deskripsi tentang strategi pemasaran tato oleh seniman tato yang ada di Semarang. Kata Kunci: Tato, Pemasaran, Seniman Tato
LP2M ISBI Bandung
2021-03-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1532
10.26742/panggung.v31i1.1532
Panggung; Vol 31, No 1 (2021): Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi
PANGGUNG; Vol 31, No 1 (2021): Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1532/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2746
2024-03-14T07:58:15Z
panggung:ART
‘Passompe’: Konsep dan Bentuk Rekacipta Tari Terinspirasi Nilai Pappaseng Tellu Cappa Budaya Masyarakat Bugis
Haruna, Ilham
Caturwati, Endang
Rustiyanti, Sri
ABSTRACT
The creation of dance from the cultural values of pangadereng manifested in pappaseng tellu cappa can be an integrative problem solver. The interpretation of symbolic nonverbal language becomes the cohesion of the choreographer to produce an ecranization of visual ideas in the entity of the dance 'Passompe'. This dance creation uses qualitative research and elaborating with creativity approach proposed by Zeng in the General model of the creative process which consists of four phases of analysis, ideation, evaluation, and implementation. The archetype in the dance creation also uses the approach of exploration, improvisation, and composition. The dance repertoire that manifests pappaseng tellu cappa is a form of reading ancestral messages through nonverbal language entities. The substantial construction in the tellu cappa values can be a universal learning medium as a parameter for success in social life.
Keywords: Dance, Passompe, Pappaseng, Tellu cappa, Bugis
ABSTRAK
Perekaciptaan tari yang bersumber dari nilai-nilai kultural pangadereng yang termanifestasi dalam pappaseng tellu cappa dapat menjadi temuan (problem solver) yang bersifat integratif. Interpretasi bahasa nonverbal yang bersifat simbolik, menjadi kohesi koreografer sehingga menghasilkan ekranisasi terhadap gagasan visual dalam entitas karya tari ‘Passompe’. Rekacipta tari ini menggunakan penelitian kulitatif dan mengelaborasi pendekatan kreativitas yang ditasbihkan oleh Zeng dalam General model of the creative process yang terdiri empat fase analysis, ideation, evaluation, dan implementation. Arketipe dalam rekacipta tari juga menggunakan pendekatan eksplorasi, improvisasi dan komposisi. Repertoar tari yang memanifestasikan pappaseng tellu cappa menjadi bentuk pembacaan pesan-pesan leluhur melalui entitas bahasa nonverbal. Konstruksi substansial dalam nilai-nilai tellu cappa tersebut dapat menjadi medium pembelajaran secara universal sebagai parameter keberhasilan dalam kehidupan sosial.
Kata Kunci: Tari, Passompe, Pappaseng, Tellu cappa, Bugis
LP2M ISBI Bandung
2024-03-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2746
10.26742/panggung.v34i1.2746
Panggung; Vol 34, No 1 (2024): Artistik dan Estetik pada Rupa, Tari, dan Musik; 87 - 103
PANGGUNG; Vol 34, No 1 (2024): Artistik dan Estetik pada Rupa, Tari, dan Musik; 87 - 103
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v34i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2746/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/downloadSuppFile/2746/367
Copyright (c) 2024 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1577
2021-11-22T05:40:32Z
panggung:ART
Konsep Pengembangan Seni Kerajinan Eceng Gondok Gorontalo
Sudana, I Wayan
Mohamad, Isnawati
Seni kerajinan eceng gondok Gorontalo berpeluang besar untuk dikembangkan, tetapi upayaupayapengembangannya kurang berhasil maksimal karena dilakukan secara spekulatif tanpadidasari karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan merumuskan konsep pengembangan senikerajinan eceng gondok Gorontalo berdasarkan karakteristiknya. Penelitian menggunakanmetode kualitatif model studi kasus dengan grounded theory. Data dikumpulkan melaluiwawancara, observasi, pengujian, dan studi pustaka. Data dianalisis secara interaktif melalui:seleksi dan pengkodean, kategorisasi data, display data serta pembahasan, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan, bahwa konsep pengembangan seni kerajinan ecenggondok Gorontalo berdasarkan karakteristiknya dilakukan melalui diversifikasi dan inovasiteknologi produksi, produk, dan distribusi, sesuai kemajuan teknologi dan dinamika pasar.Daya prediksi konsep tersebut dirumuskan dalam bentuk pernyataan kausal dan peluangpenerapannya disajikan dalam bentuk langkah-langkah kerja sistematis. Konsep pengembangantersebut dapat digunakan sebagai penuntun dalam pengembangan seni kerajinan eceng gondokGorontalo di masa depan atau seni kerajinan lainnya yang sejenis.Kata Kunci: Kerajinan Eceng Gondok, Karakteristik, Konsep Pengembangan, Diversifikasi, Inovasi.
LP2M ISBI Bandung
2021-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1577
10.26742/panggung.v31i2.1577
Panggung; Vol 31, No 2 (2021): Estetika Dalam Keberagaman Fungsi, Makna, dan Nilai Seni
PANGGUNG; Vol 31, No 2 (2021): Estetika Dalam Keberagaman Fungsi, Makna, dan Nilai Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1577/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1788
2022-01-04T05:58:02Z
panggung:ART
Pemanfaatan Terapi Musik sebagai Pengobatan Alternatif Korban Penyalahgunaaan Narkoba di Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai
Batubara, Junita
Marbun, Juliaster
Samosir, Hendro T.G
Galingging, Kamaluddin
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pasien yang sedang menjalani rehabilitasi yang sebelumnya menggunakan narkoba sebagai salah satu pengobatan. Terapi musik menjadi terapi yang universal dan bisa diterima oleh semua orang karena kita tidak membutuhkan kerja otak yang berat untuk menginterpretasi alunan musik. Terapi musik sangat mudah diterima organ pendengaran kita dan kemudian melalui saraf pendengaran disalurkan kebagian otak yaitu sistem limbic yang mempunyai hubungan dalam perilaku emosional. Pada penelitian ini, terapi musik yang dilakukan adalah terapi musik pasif, alasan pemilihan terapi musik pasif karena terapi musik menjadi lebuh murah, mudah, dan efektif. Pasien tinggal mendengarkan dan menghayati suatu alunan musik tertentu yang disesuaikan dengan masalahnya, di mana terapi musik tersebut dapat mengurangi rasa sakit, membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks serta manfaat lain disesuaikan dengan muatan isi musiknya. Hal terpenting dalam terapi musik pasif adalah pemilihan jenis musik harus tepat dengan kebutuhan pasien. Hasil penelitan menunjukkan bahwa mendengar musik bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu pasien yang sedang rehabilitasi bisa pulih sehingga para pasien ini bisa beraktivitas dan memiliki percaya diri untuk kembali melakukan kegiatannya dan dapat diterima masyarakat seperti biasanya.Kata kunci: musik, terapi, narkoba, rehabilitasi
LP2M ISBI Bandung
2022-01-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1788
10.26742/panggung.v31i4.1788
Panggung; Vol 31, No 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi
PANGGUNG; Vol 31, No 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1788/pdf
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2052
2022-09-08T01:47:34Z
panggung:ART
Keberadaan Jenis Kacapi dalam Ganre Kesenian Tradisional Sunda
ruswandi, tardi
Nugraha, Asep
Ekagustdiman, Dody Satya
Alat musik petik tradisional di Sunda dikenal dengan sebutan kacapi telah tampil melewati perjalanan ruang dan waktu yang sangat panjang. Instrumen ini telah berhasil mewariskan nilainilai estetik musikal pada musik Karawitan di Sunda. Namun pada masa sekarang disenyalir beberapa alat musik petik tradisional di Sunda ini ada yang sedikit termarginalkan karena tidak lagi digunakan dan difungsikan dalam kehidupan sosial budaya masyarakatnya. Padahal tidak semua orang Sunda yang sudah mengenal dengan baik setiap alat musik petik tradisional yang mereka miliki. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keberadaan alat musik petik tradisional di Sunda atau kacapi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, bermaksud agar kerja penelitian menjadi efisien dalam memecahkan masalah dalam penelitian, karena adanya pendeksripsian dan analisis. Penelitian ini menghasilkan sintesa bahwa alat musik tradisional yang ada di Sunda adalah kacapi baduy, kacapi jentréng Rancakalong dan Cibalong Tasikmalaya, kacapi pantun, kacapi indung cianjuran, dan kacapi wanda anyar. Rekomendasi dari hasil penelitian adalah kerja kreatif agar alat musik ini tetap eksis mengarungi waktu di masa yang akan datang.Kata kunci: kacapi, penelusuran, Sunda.
LP2M ISBI Bandung
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2052
10.26742/panggung.v32i2.2052
Panggung; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
PANGGUNG; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2052/pdf
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2204
2023-01-16T00:36:02Z
panggung:ART
Repertoar Musik Gendang Keyboard di Masyarakat Karo, Sumatera Utara
Minawati, Rosta
Suryanti, Suryanti
Repertoar musik gendang keyboard sebagai wacana budaya populer memiliki nilai-nilai dan makna sebagai sistem pengetahuan dalam membangun karakteristik individu, kelompok maupun masyarakatnya. Di masyarakat Karo, Sumatera Utara masuknya keyboard menjadi musik tradisional memberi dampak pada perubahan seni tradisional, baik secara adat istiadat, ritual dan hiburan. Tujuan ingin mengangkat fenomena gendang keyboard sebagai praktik kebudayaan di masyarakat Karo, Sumatera Utara. Metode pengumpulan data dilakukan secara kualitatif melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sistem perubahan dan perkembangan musik tradisi Karo diprakarsai oleh Djasa Tarigan menjadi budaya populer dan estetika postmodern. Kepopuleran musik gendang keyboard oleh karena dapat menirukan (imitasi) musik tradisional Karo dalam mengiringi setiap acara adat istiadat, ritual maupun hiburan. Gendang keyboard mengiringi tari (landek) pada bagian patam-patam. Patam-patam memiliki gerakan maju, mundur, goyang dengan cepat layaknya seperti musik “rock and roll”. Musik gendang keyboard sebagai budaya populer masuk dalam wacana estetika pastiche, parodi, kitsch, camp, dan skizofrenia.Kata kunci: Musik Gendang Keyboard, Masyarakat Karo, Budaya Populer, Sumatera Utara
LP2M ISBI Bandung
2022-09-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2204
10.26742/panggung.v32i3.2204
Panggung; Vol 32, No 3 (2022): Komodifikasi dan Komoditas Seni Budaya di Era industri Kreatif
PANGGUNG; Vol 32, No 3 (2022): Komodifikasi dan Komoditas Seni Budaya di Era industri Kreatif
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2204/pdf
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2301
2023-01-05T08:16:45Z
panggung:ART
Kerukunan Hidup Melalui Seni dan Budaya Nusantara
Ikhwan, Nil
Kerukunan merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang dapat dilakukan melalui seni dan budaya diberbagai lingkungan di antaranya dalam masyarakat dan sekolah diberbagai jenjang pendidikan. Budaya Nusantara mencerminkan tradisi-tradisi atau budaya pada masyarakat. Seni khususnya musik merupakan unsur kebudayaan yang berfungsi sebagai ‘tanda pengenal’ atau sebuah identitas dari suatu bangsa atau suku bangsa. Dalam musik atau karawitan dapat diwujudkan salah satu bentuk kerukunan oleh berbagai jenis instrumen yang digunakan dalam satu perangkat gamelan. Kerukunan ini terbentuk dalam satu perangkat gamelan karena adanya interaksi garap antarinstrumen atau ricikan satu dengan instrumen yang lain. Musik memiliki perbedaan sistem mempengaruhi makna estetika dan nilai kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan krisis moral dan etika bangsa. Penelitian menjadikan pemikiran-pemikiran serta anggapan-anggapan yang terjadi dalam hayatan budaya seni melalui pengalaman individu dalam menjalani kehidupan berdampingan pada budaya seni saat ini. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dan deskriptif analisis dengan melakukan kegiatan mendeskripsi dan analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang telah diperoleh di analisis secara sistematis. Krisis moral dan etika bangsa mempengaruhi paradigma pendidikan yang berorientasi pada seni dan budaya dalam membangun identitas kebangsaan. Kerukunan dilakukan melalui seni dan budaya Nusantara sebagai upaya untuk mengatasi terjadinya krisis moral, di antaranya lewat musik (karawitan). Musik merupakan hasil interaksi garap sehingga membentuk satu kesatuan atau sebuah kerukunan dari berbagai instrumen atau ricikan. Kata kunci: kerukunan hidup, seni dan budaya, garap, dan interaksi.
LP2M ISBI Bandung
2023-01-05
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2301
10.26742/panggung.v32i4.2301
Panggung; Vol 32, No 4 (2022): Keragaman Budaya, Kajian Seni, dan Media; 480 - 490
PANGGUNG; Vol 32, No 4 (2022): Keragaman Budaya, Kajian Seni, dan Media; 480 - 490
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2301/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2472
2023-07-05T04:48:35Z
panggung:ART
Bondres Clekontong Mas sebagai Media Pendidikan Etis dan Estetis di Masyarakat
Dana, I Wayan
Arisanti, Ni Wayan Rizka
Tanaya, I Made Agus Tresna
Bondres digunakan sebagai sebutan tokoh-tokoh rakyat jelata, yang karakternya mempresentsikan masyarakat pada umumnya. Tokoh ini hadir sebagai simbol kehidupan masyarakat dalam pertunjukan dramatari topeng di Bali. Pemainnya dilalukan oleh pemeran yang mampu mengekspresikan berbagai karakter melalui ungkapan tata rias-busana, gerak, tembang, humor, vokal-dialog sesama Bondres maupun berkomunikasi langsung dengan penonton. Ungkapan para pemeran melalui tindakan kocak dan menghibur itu, mampu menjadi media pendidikan etis dan estetis bagi masyarakat pentontonnya. Pendidikan etis berhubungan dengan etika, diungkap melalui penilaian sifat kebenaran atau kebaikan dari tindakan sosial berdasarkan tradisi budaya yang bersumber dari ajaran agama Hindu. Pendidikan estetis, mengenai penilaian terhadap keindahan, kenikmatan melalui ekspresi karya seni. Percakapan-percakapan etis dan estetis itu selalu digaungkan di setiap sajian Trio Bondres Clekontong Mas, sehingga masyarakat penonton mendapat tontonan segar yang menghibur dan mengedukasi. Dalam nilai hiburan itu dibingkai dan dibumbui lawakan yang memuat nilai-nilai moral sebagai tuntunan instrospektif dalam tatanan hidup, kehidupan dan berpenghidupan di masyarakat.
Kata Kunci: Clekontong Mas, Pendidikan etis, Estetis, di masyarakat
LP2M ISBI Bandung
2023-04-18
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2472
10.26742/panggung.v33i1.2472
Panggung; Vol 33, No 1 (2023): Nilai-Nilai Seni Indonesia: Rekonstruksi, Implementasi, dan Inovasi; 101 - 111
PANGGUNG; Vol 33, No 1 (2023): Nilai-Nilai Seni Indonesia: Rekonstruksi, Implementasi, dan Inovasi; 101 - 111
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2472/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2740
2023-11-28T06:20:03Z
panggung:ART
PERAN PEREMPUAN DALAM MELESTARIKAN KESENIAN RAMPAK BEDUG DI KABUPATEN PANDEGLANG
Permanasari, Alis Triena
Rizal, Syamsul
Perempuan dalam Kesenian Rampak Bedug menjadi sebuah simbol. Rampak Bedug
yang ada di Kabupaten Pandeglang hampir rata-rata menghadirkan perempuan dalam
pertunjukannya. Selain itu, peran perempuan dalam eksistensinya menjadi ciri khas dalam
kesenian tersebut. Tujuan penelitian ini untuk membahas dampak peran perempuan dalam
upaya keberlangsungan Kesenian Rampak Bedug di Kabupaten Pandeglang. Mengingat
sosok perempuan dalam kesenian ini menjadi sorotan bagi masyarakat umum. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian ini yakni
sanggar Pamanah Rasa Kabupaten Pandeglang. Subjek dalam penelitian ini adalah perempuan
yang sedang menuntut ilmu di pendidikan non-formal (sanggar seni) atau pelaku seni di
sanggar Pamanah Rasa. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kajian wanita dan kajian seni. Hasil
penelitian dalam upaya pelestarian rampak bedug melalui keterlibatan secara aktif di sanggar,
peningkatan apresiasi kepada masyarakat umum, dan terlibat dalam pengembangan dan
pengemasan Kesenian Rampak Bedug.
Kata Kunci: perempuan, rampak bedug, budaya lokal
LP2M ISBI Bandung
2023-09-07
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2740
10.26742/panggung.v33i3.2740
Panggung; Vol 33, No 3 (2023): Resiliensi Budaya sebagai Ketahanan dalam Menjaga Tradisi hingga Ekonomi Kreatif
PANGGUNG; Vol 33, No 3 (2023): Resiliensi Budaya sebagai Ketahanan dalam Menjaga Tradisi hingga Ekonomi Kreatif
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2740/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1370
2021-01-08T03:03:40Z
panggung:ART
Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik & Profesionalisme Guru
Budiman, Agus
Sabaria, Ria
Purnomo, Purnomo
penting. Keberadaannya memiliki peran sentral dalam mewujudkan suatu kualitas mutupendidikan, termasuk dalam penyelenggaran pendidikan seni tari di sekolah dasar. Tujuanpenulisan ini adalah ingin memberikan data dan informasi mengenai kegiatan pelatihantari pada guru-guru seni budaya yang dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya dalammengembangkan kemampuan pedagogik dan profesionalisme guru Seni Budaya. Penelitianini menerapkan metode pengumpulan data kuantitatif deskriptif dengan menyebarkanangket kepada 170 responden. Metode pelatihan tari yang dikembangkan dalam kegiatan inimenggunakan konsep model pelatihan empat langkah dari Crone Hunter dengan melaluitahapan pembentukan kelompok/peserta pelatihan, identifikasi kebutuhan belajar, penentuankurikulum atau program pelatihan, dan mengevaluasi pelaksanaan dari hasil pelatihan. Hasilkegiatan pelatihan ini menunjukan adanya peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensiprofesional, melalui hasil pengukuran evaluasi kegiatan yang disebarkan melalui instrumenangket evaluasi pelaksanaan pelatihan.Kata Kunci: Model Pelatihan, Tari, Kompetensi Pedagogik, Profesionalisme Guru
LP2M ISBI Bandung
2020-12-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1370
10.26742/panggung.v30i4.1370
Panggung; Vol 30, No 4 (2020): Kearifan Lokal dalam Metode, Model dan Inovasi Seni
PANGGUNG; Vol 30, No 4 (2020): Kearifan Lokal dalam Metode, Model dan Inovasi Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v30i4
eng
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1370/916
Copyright (c) 2020 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2678
2024-03-14T07:58:10Z
panggung:ART
Field Recording Approach of Traditional Music Arts for Ruwatan Bumi G20 Culture Performance: A Case Study in West Java
Simanjuntak, Jack Arthur
The Ruwatan Bumi ceremony, part of the G20 Culture Ministers Meeting and Indonesia Festival Bertutur 2022, took place at Borobudur Temple, Central Java, in September 2022. Featuring a traditional ruwatan ritual, the event showcased live prayers, songs, and music from diverse Indonesian regions. Recording traditional music, vital for performance and rehearsal, was undertaken through a field recording approach. Beluk, tarawangsa, and Ronggeng Gunung were recorded using stereo and close-range methods. Employing a descriptive qualitative approach, the study emphasized the significance of mastering recording techniques for informed decision-making. It highlighted the coherence between initial information, field observations, and recording quality in designing the Ruwatan Bumi G20 Culture performance.
LP2M ISBI Bandung
2024-03-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2678
10.26742/panggung.v34i1.2678
Panggung; Vol 34, No 1 (2024): Artistik dan Estetik pada Rupa, Tari, dan Musik; 17 - 27
PANGGUNG; Vol 34, No 1 (2024): Artistik dan Estetik pada Rupa, Tari, dan Musik; 17 - 27
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v34i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2678/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/downloadSuppFile/2678/360
Copyright (c) 2024 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1575
2021-11-22T05:35:00Z
panggung:ART
Akselerasi Produksi Kain Batik di Musim Penghujan dengan Menggunakan Mesin Fotonik
Kudiya, Komarudin
Hendriyana, Husen
Budi, Eko Mursito
Industri batik tradisional di Indonesia, sebagian besar masih menggunakan teknik pewarnaan menggunakan sinar matahari langsung, sedangkan di musim penghujan perajin secara rutin masih harus tetap memproduksi kain batik untuk memenuhi target dari berbagai penanan. Artikel ini bertujuan menguatkan keberlangsungan industri kecil dan mengah perajin batik di musim penghujan, maka diperlukan langkah strategis dalam menghadirkan solusi yang lebih efektif. Metode yang digunakan dari penelitian ini yaitu Participation Action Research (PAR) dengan paradigma practice-led reseach dan pendekatan strategi kreatif industry design. Kelompok perajin home industry batik sebagai populasi, dan Batik Komar sebagai sampel pada penelitian ini. Instrumen penelitian melalui beberapa elemen dan prinsip desain, teknologi dan industri. Adapun prosedur penelitian melalui tahapan design thinking. Hasil penelitian ini yaitu produk kain batik dengan teknik pewarnaan sinar ultraviolet melalui mesin fotonik. Mesin fotonik batik merupakan salah satu solusi strategis dalam mengatasi langkanya sinar matahari pada musim penghujan sebagai energi penguat proses pewarnaan batik. Dengan kata lain, Mesin fotonik batik sangat membantu akselerasi kapasitas produksi batik yang menggunakan pewarna jenis indigosol. KataKunci: Pewarnaan Batik; Fotonik Batik; Musim Penghujan; Fotokimia; Sinar Ultraviolet
LP2M ISBI Bandung
2021-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1575
10.26742/panggung.v31i2.1575
Panggung; Vol 31, No 2 (2021): Estetika Dalam Keberagaman Fungsi, Makna, dan Nilai Seni
PANGGUNG; Vol 31, No 2 (2021): Estetika Dalam Keberagaman Fungsi, Makna, dan Nilai Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1575/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1673
2021-11-22T06:41:20Z
panggung:ART
Respon Kreatif Perajin Pandan dalam Mendukung Lingkungan, Nilai Tambah Ekonomi Masyarakat, dan Pelestarian Sumber Daya Alam
Hendriyana, Husen
Putra, I Nyoman Darma
Rinestu, Tyas
Sunarya, Yan Yan
Pangandaran Jawa Barat adalah daerah pantai pasir dan bukit berbatu membentang sepanjang 91 km yang separohnya, 44,85 km, ditumbuhi tanaman pandan (pandanus tectorius). Potensi kekayaan alam itu menginspirasi tumbuhnya pekerjaan baru dari mayoritas penduduk Pangandaran petani padi, kelapa, gula kelapa, serta nelayan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji respons individu dan kelompok masyarakat terhadap budaya kreatif untuk membuat produk kreatif berbasis material pandan. Uraian difokuskan pada respon psikologis individu dan atau kelompok terhadap sumber daya lingkungan, respons psikologis terhadap sumber daya lingkungan dalam membentuk hubungan antar-kelompok, dan menggambarkan pemahaman kelompok perajin terhadap pengetahuan dan keterampilan desain yang memperhatikan kelestarian sumber daya lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode design thinking, dengan pendekatan Participation Action Research (PAR), eco-design, eco-friendly product, environmental design melalui sinergisitas unsur-unsur pengampu kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan timbulnya kesadaran kreatif baru bagi masyarakat Pangandaraan untuk membuat produk kriya berbasis pandan yang tidak saja bernilai ekonomi tetapi dapat mendukung program masyarakat mengurangi sampah plastik. Lewat berbagai produk olahan berbasis pandan seperti eco-friendly shopping bag (tas belanja ramah lingkungan), proses dan karya kreatif mereka pelan-pelan juga menimbulkan kesadaran baru untuk menjaga sumber daya pandan agar bisa menyediakan bahan baku secara berkelanjutan. Kata Kunci: pandanus tectorius; perajin pandan Pangandaraan Jawa Barat; produk ramah lingkungan, sampah plastik
LP2M ISBI Bandung
2021-10-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1673
10.26742/panggung.v31i3.1673
Panggung; Vol 31, No 3 (2021): Budaya Ritual, Tradisi, dan Kreativitas
PANGGUNG; Vol 31, No 3 (2021): Budaya Ritual, Tradisi, dan Kreativitas
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1673/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1728
2022-07-29T02:43:23Z
panggung:ART
Kriya di Pulau Bali: Ketakson, Kerajinan, dan Kitsch
Sunarya, I Ketut
Kriya merupakan akar seni rupa di Indonesia. Di Bali kriya ketakson terwujud karena fungsi utamanya sebagai simbol Sang Suci, dan menjadi batu loncatan bertemu dengan-Nya. Ia bersifat sakral, dihormati serta dikeramatkan oleh masyarakat. Sejalan konsep ajeg Bali, guna mengantisipasi keberlanjutan kebudayaan Bali, maka keluar keputusan penggolongan sifat budaya (kriya) Bali menjadi 3 (tiga), yakni; wali, bebali, dan balih-balihan. Penggolongan ini mempertegas kembali perbedaan kriya yang berfungsi untuk kebutuhan agama dan kriya untuk memenuhi kebutuhan pariwisata. Artikel ini merupakan kajian yang mempertegas kembali kriya sakral dan profan yang pantas disuguhkan untuk wisatawan. Memperjelas perbedaan dan keberadaan kriya ketakson, kerajinan, serta kitsch di Bali. Mengingat Pulau Bali merupakan pulau yang terbuka yang mempunyai visi Bali Lestari.
LP2M ISBI Bandung
2022-03-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1728
10.26742/panggung.v32i1.1728
Panggung; Vol 32, No 1 (2022): Varian Model Proses Kreatif dalam Cipta Karya Seni
PANGGUNG; Vol 32, No 1 (2022): Varian Model Proses Kreatif dalam Cipta Karya Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1728/pdf
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2119
2022-09-08T01:47:34Z
panggung:ART
Pengembangan Ragam Hias Batik Bertema Arsitektur Vernakular Kalimantan Timur
Rulia, Anna
Kurniawan, Riza Setiabudi
Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang diakui dunia secara resmi oleh dunia yang ditandai dengan diakuinya batik oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi pada 2 Oktober 2009. Tanggal 2 Oktober selanjutnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Dengan potensi pasar yang sangat besar maka batik menjadi pilihan yang sangat penting untuk pemberdayaan ekonomi lokal. Saat ini batik memang belum jadi primadona dalam pemberdayaan lokal di Kalimantan Timur (Kaltim). Namun demikian, usaha batik berkembang cukup baik. Batik Kaltim memiliki ciri khas yang berbeda dengan batik-batik lainnya yang ada di Indonesia. Kaltim sangat kaya dengan tematema yang dapat diangkat sebagai motif batik, salah satunya adalah arsitektur . Bentukan arsitektur yang khas antara lain adalah rumah Lamin dan rumah Kutai. Untuk itulah penelitian ini bertujuan membuat perancangan batik Kaltim dengan tema arsitektur. Lokasi penelitian di Samarinda dan Balikpapan sebagai dua kota utama. Metode yang digunakan meliputi persiapan (observasi terkait arsitektur vernakular dan ragam hias batik Kaltim), eksplorasi (elemen dan prinsip desain), perancangan ragam hias batik bertema arsitektur vernakular Kaltim, serta evaluasi sebagai bahan masukan untuk langkah selanjutnya. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam perancangan meliputi produk akhir yang dihasilkan adalah motif Batik Kaltim dengan arsitektur vernakular Kaltim.Kata kunci: batik, Kaltim, arsitektur, vernakular
LP2M ISBI Bandung
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2119
10.26742/panggung.v32i2.2119
Panggung; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
PANGGUNG; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2119/1350
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1752
2023-07-05T04:48:35Z
panggung:ART
Pelestarian Budaya Jawa: Inovasi dalam Bentuk Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari
Widyastitieningrum, Sri Rochana
Herdiani, Een
Artikel ini membahas tentang inovasi bentuk pertunjukan wayang orang sriwedari di Surakarta.
Inovasi pertunjukan wayang orang dilakukan agar tetap bertahan pada masa pandemi covid-19
yang dihadapi masyarakat. Inovasi sebagai hasil kreativitas dari para seniman muda pemain
wayang orang sriwedari berupaya menghasilkan pertunjukan wayang orang yang menarik dan
padat serta dapat diapresiasi masyarakat, khususnya generasi muda. Penelitian ini bersifat
kualitatif, dengan pendekatan etnokoreologi dan dramaturgi. Metode pengumpulan data
dengan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi
bentuk pertunjukan wayang orang dilakukan dengan cara menggarap aspek-aspek bentuk
pertunjukan yang meliputi garap lakon atau cerita, alur dramatik, garap adegan, garap tokohtokoh, garap gerak tari, garap karawitan tari, tata rias, tata busana, tata panggung, tata cahaya,
dan tata suara. Inovasi dilakukan oleh sutradara, pemain, pengrawit, dan pendukung lainnya.
Inovasi dilakukan dengan mengutamakan capaian nilai estetik. Inovasi menghasilkan bentuk
pertunjukan wayang orang lebih padat, atraktif, dinamis, dan menarik, serta durasi waktu
pertunjukan semakin singkat, yaitu 2 jam. Hal itu berpengaruh pada pertunjukan wayang
orang sriwedari bersifat kekinian dan eksis, serta diapresiasi oleh masyarakat luas, terutama
Surakarta.
Kata kunci: inovasi, pertunjukan, wayang orang, Sriwedari.
LP2M ISBI Bandung
2023-03-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1752
10.26742/panggung.v33i1.1752
Panggung; Vol 33, No 1 (2023): Nilai-Nilai Seni Indonesia: Rekonstruksi, Implementasi, dan Inovasi; 58-71
PANGGUNG; Vol 33, No 1 (2023): Nilai-Nilai Seni Indonesia: Rekonstruksi, Implementasi, dan Inovasi; 58-71
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1752/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2728
2023-11-28T06:16:35Z
panggung:ART
TEATER TARI PUSEUR SANCANG PANGIRUTAN, PERTAHANAN BUDAYA DAN EDUEKOLOGI
Dwimarwati, Retno
Suparli, Lili
Mulyati, Eti
Artikel ilmiah ini memaparkan penelitian dan penciptaan karya seni berupa alihwahana dari
satu karya ke karya lainnya. Tradisi Lisan Mitos Karang Paranje di Desa Karyasari menjadi
sumber penciptaan. Tradisi lisan Mitos Karang Paranje merupakan salah satu aset budaya yang
harus dijaga dan dilestarikan. Terdapat cerita sejarah dari seni tradisi tersebut, salah satunya
terkandung nilai-nilai penghormatan terhadap leluhur dan lingkungan alam. Metode yang
dipakai adalah Metode Pavis. Tahapan implementasi dilakukan mulai dari konkretisasi ide,
konkretisasi tekstual, kontretisasi dramaturgi, konkretisasi pemanggungan, dan konkretisasi
persepsi target. Hasil dari penelitian dan penciptaan karya seni berupa ertunjukan teater tari
berjudul “Puseur Sancang Pangirutan”. Penceritaan dan konflik berkaitan dengan adanya upaya
perusakan alam dan pencegahannya. Pertunjukan teater tari “Puseur Sancang Pangirutan”
bermanfaat bagi Desa Karyasari sebagai penguatan atraksi destinasi/penguatan potensi
pemajuan kebudayaan dan bentuk edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan pemeliharaan
alam (konservasi alam).
Kata Kunci: alihwahana, tradisi-lisan, karya seni, teater-tari, konkretisasi
LP2M ISBI Bandung
2023-09-05
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2728
10.26742/panggung.v33i3.2728
Panggung; Vol 33, No 3 (2023): Resiliensi Budaya sebagai Ketahanan dalam Menjaga Tradisi hingga Ekonomi Kreatif
PANGGUNG; Vol 33, No 3 (2023): Resiliensi Budaya sebagai Ketahanan dalam Menjaga Tradisi hingga Ekonomi Kreatif
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2728/pdf
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/709
2022-11-21T06:48:48Z
panggung:ART
Nusantara Berdendang: Seremoni Multikulturalisme oleh Kabinet Kerja
Rahman, Arief
Pitanav, Titis Srimuda
Abdullah, Wakit
ABSTRACT Following the 1945 Constitution, the state is obliged to preserve the arts and culture of Indonesia. Kabinet Kerja commemorating 88 Years of Sumpah Pemuda with Nusantara Berdendang show at Istana Merdeka on October 28, 2016. This study discussesa multiculturalism discourse presented in the performance based on the Cultural Studies paradigm with the support of Stuart Hall's representation theory and power theory of Foucault. The research usesa qualitative method with descriptive and interpretative analysis.The multiculturalism discourse is produced by the Kabinet Kerja through performing arts that appear in Nusantara Berdendang. Performing arts are used by the state as a tool to show diversity, as well as a unifying symbol. The state ceremony becomes a discursive area of multiculturalism to implement the unity and unity of Indonesia. Multiculturalism discourse is used to facilitate the success of the Nawacita program. The implication is that Indonesia's image is a bhinneka state, (2) a tolerant and peaceful image of Indonesia,and (3) obedience to the government authorities. Keywords: multiculturalism, Kabinet Kerja, performing art, diversity, ethnicity ABSTRAK Sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945, negara berkewajiban memelihara kesenian dan kebudayaan Indonesia.Kabinet Kerja memperingati 88 Tahun Sumpah Pemuda dengan pergelaran Nusantara Berdendang di Istana Negara pada 28 Oktober 2016. Penelitian ini membaca diskursus multikulturalisme yang dihadirkan dalam pergelaran tersebut dengan paradigma Kajian Budaya dengan dukungan teori representasi Stuart Hall (2003) dan teori kuasa/pengetahuan. Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan interpretatif.Diskursus multikulturalisme diproduksi oleh Kabinet Kerja melalui seni pertunjukan yang tampil di Nusantara Berdendang.Seni pertunjukan digunakan oleh negara sebagai alat untuk menunjukkan keberagaman, sekaligus sebagai simbol pemersatu.Seremoni negara menjadi area diskursif multikulturalisme untuk merawat kesatuan dan persatuan Indonesia. Diskursus multikulturalisme dilakukan oleh Kabinet untuk memperlancar suksesnya program Nawacita. Implikasinya, citra Indonesia merupakan negara bineka, (2) citra Indonesia yang toleran dan damai, serta (3) kepatuhan pada penguasa pemerintahan. Kata kunci: multikulturalisme, Kabinet Kerja, kesenian, keberagaman etnik
LP2M ISBI Bandung
2018-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/709
10.26742/panggung.v28i4.709
Panggung; Vol 28, No 4 (2018): Dinamika Seni Tradisi dan Modern: Kontinuitas dan Perubahan
PANGGUNG; Vol 28, No 4 (2018): Dinamika Seni Tradisi dan Modern: Kontinuitas dan Perubahan
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v28i4
Copyright (c) 2018 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2921
2023-12-11T08:16:26Z
panggung:ART
MAKNA FILOSOFIS MOTIF SENI UKIR REK PALEMBANG
Hudaidah, Hudaidah
Trianti, Lilis
Rukmana, Lisa
The wood carving motifs of Palembang, known as “rek,” have been a traditional craft since the era
of Srivijaya and continue to endure to this day. This craftsmanship holds high philosophical values
influenced by Hindu-Buddhist and Islamic cultures. Its uniqueness lies in the predominant use of golden
yellow color, and its carvings are exceptionally distinctive. The purpose of this writing is to unveil the
philosophical meanings embedded in the motifs of Palembang’s wood carvings. The central issue is to
explore the philosophical meanings of these motifs in Palembang’s wood carvings. This study employs a
historical research method, with heuristic, source criticism, interpretation, and historiography steps. The
tradition of wood carving art exhibits distinct characteristics and the uniqueness of various motifs, each
carrying different philosophical values. The research findings indicate that the various motifs found in
Palembang’s wood carvings hold profound philosophical meanings. For example, the motif of budding
bamboo shoots symbolizes that humans should be beneficial to others, and the golden color represents
triumph. Therefore, it is crucial to preserve this heritage for the younger generation so that they can
develop an appreciation for their local culture, strengthen personal values, and enhance their identity,
and self-awareness.
Keywords: Philosophical Meaning, Motif, Wood Carving, Typical of Palembang
LP2M ISBI Bandung
2023-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2921
10.26742/panggung.v33i4.2921
Panggung; Vol 33, No 4 (2023): Eksistensi Tradisi dalam Narasi Seni Modern; 539 - 553
PANGGUNG; Vol 33, No 4 (2023): Eksistensi Tradisi dalam Narasi Seni Modern; 539 - 553
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v33i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2921/1609
Copyright (c) 2023 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1537
2021-08-25T07:59:43Z
panggung:ART
Terapi Seni di Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19)
Christiani, Yuri
Mulyanto, Mulyanto
Wahida, Adam
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan, menyerang secara global dengan kecepatan yang terus bertambah. Mahasiswa merasakan dampak dari virus ini tidak hanya menyerang fisik, namun juga menjadi stressor hingga menjadi kecemasan, yang dapat menyebabkan tekanan dan mempengaruhi kondisi fisik serta psikisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan terapi seni untuk menurunkan tingkat kecemasan. Menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mendeskripsikan serta menganalisis penurunan tingkat kecemasan dengan terapi seni. Subjek penelitian adalah dua mahasiswa yang menjalani kehidupan dan perkuliahan di masa pandemi. Sampel diperoleh penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Intervensi seni sebagai terapi dilaksanakan sebanyak empat tahap dengan mengunakan dua tema. Dalam penelitian ini, membuktikan bawa adanya penurunan tingkat kecemasan pada mahasiswa dengan ditunjukan adanya berbedaan tingkat kecemasan sesudah stimulus. Penerapan terapi seni dikatakan berhasil juga dirangsang oleh timbulnya kesadaran pada mahasiswa untuk dapat mengekspresikan pikiran positif.Kata Kunci: Terapi seni, Kecemasan, Pandemi Covid-19.
LP2M ISBI Bandung
2021-03-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1537
10.26742/panggung.v31i1.1537
Panggung; Vol 31, No 1 (2021): Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi
PANGGUNG; Vol 31, No 1 (2021): Eksistensi Seni Budaya di Masa Pandemi
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i1
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1537/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1615
2021-11-22T06:36:07Z
panggung:ART
Demitosisasi Pocong sebagai Media Sosialisasi Kampanye Stay at Home
Murwonugroho, Wegig
Di kegelapan malam terlihat dua pocong duduk di depan pos ronda Dusun Tuk Songo, Purworejo. Balutan kain putih mayat manusia dimanfaatkan sebagai media sosialisasi untuk membatasi mobilisasi warga selama pandemi Covid-19. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah untuk mengamati efektivitas pemanfaatan gagasan mitologi tradisi Jawa terhadap masyarakat moderen melalui pendekatan semiologi Barthes. Berdasarkan pengamatan, muncul makna konotatif berlebihan yang terlihat dari ekpresi ketakutan (fear) hingga keresahan (anxiety) pada anak dan remaja. Gagasan pemanfaatan media pocong jadi-jadian ini merupakan tindakan yang tidak disadari sebagai bentuk demitosiasi dengan tujuan kreativitas yang menghibur. Namun demikian gagasan ini justru menguatkan mitos pocong sebagai arwah orang mati yang masih dapat dijumpai dalam kehidupan moderen meski mengaku merasa beriman (remithology). Penelitian ini menyimpulkan demitosasi benda mistis-ritual pada media yang dituturkan berulang membangun wacana dan berhasil merubah perilaku warga untuk tetap di rumah. Temuan penelitian ini menyumbang pendekatan baru untuk mendisiplinkan masyarakat modern dengan pendekatan tradisi religiusitas lokal.
LP2M ISBI Bandung
Alfatri Adlin, Intitut Teknologi Bandung
Robiana Modjo, Universitas Indonesia
Moh. Rusnoto Susanto, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
2021-09-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1615
10.26742/panggung.v31i3.1615
Panggung; Vol 31, No 3 (2021): Budaya Ritual, Tradisi, dan Kreativitas
PANGGUNG; Vol 31, No 3 (2021): Budaya Ritual, Tradisi, dan Kreativitas
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1615/pdf
Copyright (c) 2021 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/1931
2022-03-01T03:36:45Z
panggung:ART
Semiotika Busana: Model Konstruksi Tanda dalam Penciptaan Busana
Suharno, Suharno
Fitra, Annisa
Ganefiani, Shafanissa
Sebagai karya seni, busana memiliki aspek isi dan bentuk. Isi adalah nilai-nilai tertentu yang diruangkan dalam bentuk, dan dengan demikian bentuk adalah perwujudan dari isi. Proses penuangan isi ke dalam bentuk adalah proses penandaan, sehingga bentuk pada dasarnya adalah sekumpulan tanda yang membentuk makna. Semiotika adalah salah satau sarana unutk membedah tanda dan makna tersebut (semiotika postfactum), namun dalam proses pengkaryaan semiotika menjadi sarana penciptaan tanda (semiotika prefactum). Dalam konteks yang kedua inilah penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan model pengonstruksian tanda dalam penciptaan busana. Selain untuk memperkaya aplikasi teori semiotika alam proses penciptaan karya seni, hasil riset ini juga diharapkan menjadi salah satu rujukan mahasiswa fesyen dalam proses penciptaan karyanya. Penggalian model ini melalui riset penciptaan karya busana yang melibatkan mahasiswa sebagai eksekutornya dengan metode ekplorasi, perancangan, dan perwujudan. Teori semiotika yang digunakan adalah semiotika Saussurean, Peircean, dan Barthesian. Hasil dari riset ini sebuah modul pengonstruksian tanda dalam busana melalui semiotika.Kata kunci: semiotics, prefactum, postfactum
LP2M ISBI Bandung
2022-01-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1931
10.26742/panggung.v31i4.1931
Panggung; Vol 31, No 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi
PANGGUNG; Vol 31, No 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v31i4
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1931/1270
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2056
2022-09-08T01:47:34Z
panggung:ART
TOMUBA Sajian Karya Seni Toleat dan Musik Bambu
Christiana, Whayan
Gumilar, Teguh
Judul penciptaan karya seni adalah Tomuba yaitu singkatan dari Toleat dan Musik Bambu. Karya ini merupakaan bentuk karya seni musik bambu dengan mengusung instrumen toleat sebagai media utamanya. Kekuatan timbre dari alat musik Toleat akan dijadikan sebagai sumber ide penciptaan. Karya ini menyajikan nuansa yang menceritakan tentang perubahan fungsi toleat pada masyarakat Subang dari yang awalnya sebagai kalangenan menjadi pintonan. Struktur karya terdiri dari 2 bagian, meliputi bagian A dan bagian B. Metode penciptaan karya seni ini meliputi proses observasi, eksplorasi dan eksperimentasi. Karya TOMUBA ini diharapkan dapat memberikan temuan dan solusi dalam bentuk karya seni sebagai sarana untuk bisa memperkenalkan instrumen khas Subang yaitu toleat dan menjadikan sarana promosi untuk prodi Angklung dan Musik Bambu. Sebagai tawaran bentuk karya seni musik bambu untuk dijadikan sebagai model penciptaan karya seni musik bambu. Kesimpulan karya ini adalah menyajikan kemasan karya baru yaitu ansambel toleat dengan instrumen musik bambu lainnya.Kata kunci: Tomuba, musik bambu, toleat, penciptaan, kalangenan, pintonan
LP2M ISBI Bandung
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2056
10.26742/panggung.v32i2.2056
Panggung; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
PANGGUNG; Vol 32, No 2 (2022): Ragam Fenomena Budaya dan Konsep Seni
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i2
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2056/pdf
Copyright (c) 2022 Panggung
oai:jurnal.isbi.ac.id:article/2265
2022-11-04T07:03:56Z
panggung:ART
Lukisan Nude dalam Perspektif Budaya di Sumatera Barat
Yandri, Yandri
Hamzah, Hamzah
Suryanti, Suryanti
Rian, Rica
Penelitian ini membahas tentang karya seniman Sumatera Barat yang mengangkat ide tentang Nude (ketelanjangan) ditijau dari perspektif budaya di Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bertrujuan membandingkan suatu variabel (objek penelitian), antara subjek yang berbeda atau waktu yang berbeda dan menemukan hubungan sebab akibatnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merujuk pada metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif, selain itu juga menggunakan pendekatan normatif dan empiris. Kemudian untuk laporan penelitian, data-data yang terhimpun disajikan berdasarkan kutipan data berupa kata/ kalimat maupun data berupa naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, memo ataupun dokumen resmi lainnya. Evelyna Dianita dan Afianto Arifin merupakan pelukis di Sumatera Barat yang berkarya mengangkat konsep Nude atau ketelanjangan, karya yang dihadirkan sangat pornografi dan dibuat sedetail mungkin. Kehadiran karya yang bertema Nude ini tentu mendapatkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat di Sumatera Barat yang menjunjung tinggi norma-norma agama, adat, dan budaya. Kehadiran karya seniman lukis di Sumatera Barat ini yang mengangkat tema Nude tidak banyak jumlahnya, namun kehadiran karya tersebut merupakan karya pesanan dan bukan untuk dipublikasikan, dan semua itu karena kebutuhan dan faktor ekonomi.Kata Kunci: Lukisan Nude, Komparasi, Budaya, Sumatera Barat
LP2M ISBI Bandung
2022-09-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2265
10.26742/panggung.v32i3.2265
Panggung; Vol 32, No 3 (2022): Komodifikasi dan Komoditas Seni Budaya di Era industri Kreatif
PANGGUNG; Vol 32, No 3 (2022): Komodifikasi dan Komoditas Seni Budaya di Era industri Kreatif
2502-3640
0854-3429
10.26742/panggung.v32i3
ind
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/2265/1367
Copyright (c) 2022 Panggung
087792023933a0df7583b8c08602a01d