Kendang Jaipong Dalam Iringan Pakeliran Wayang Kulit di Sanggar Warga Laras Pimpinan Seno Nugroho Yogyakarta, Indonesia

Asep Saepudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mencari alasan mengapa Seno Nugroho meng-gunakan kendang jaipong, fungsi Kendang Jaipong, serta menganalisis motif kendang Jaipong dalam iringan Wayang Kulit Warga Laras pimpinan Seno Nugroho di Yogyakarta. Metode observasi digunakan dalam melakukan penelitian untuk mencari data tentang tempat pertunjukan, pelaku kegiatan, waktu pertunjukan, serta peristiwa di lapangan agar tujuan penelitian dapat tercapai.

Meskipun dalam iringan Wayang Kulit di Sanggar Warga Laras pim-pinan Seno Nugroho telah memiliki kendang Jawa, namun kendang Jaipong yang berasal dari Sunda Jawa Barat tetap digunakan dalam mengiringi pakeliran Wayang Kulit. Alasannya antara lain: kendang Jaipong memiliki suara lebih kumplit, memberi nuansa lain terhadap lagu, kendang Jaipong bisa digunakan dalam berbagai garap karawitan, serta kendang Jaipong sudah baku/mutlak sangat dibutuhkan untuk keberhasilan pertunjukan. Adapun fungsi kendang Jaipong terdiri atas dua yaitu fungsi yang ber-orientasi pada pasar/bisnis (yaitu untuk memenuhi selera masyarakat) dan fungsi musikal (yakni sebagai iringan tari wayang dan sebagai iringan lagu).

Motif kendang Jaipong yang sering digunakan dalam iringan Wayang Kulit antara lain: improvisasi, pola ayak-ayakan, pola mandiri hasil kreativi-tas seniman, serta ragam motif tepak kendang Jaipongan. Semua motif ken-dang Jaipong ditanggapi secara kreatif oleh pengendang Seno Nugroho se-hingga hasil garapannya tidak bernuansa Sunda akan tetapi bernuansa Jawa.


Keywords


Kendang, Jaipong, Seno Nugroho, Warga Laras

References


Boskoff, Alvin, 1964. “Recent Theories of Social Change” dalam Werner J. Chanman dan Alfin Boskoff, ed., Sociology and History: Theory and Research, The Free Press of Glencoe, London.

Hayono, Timbul, 2009. “Sekilas Tentang Koalisi Antara Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Tradisional di Jawa: Studi Kasus Seni Pertunjukan Wayang Kulit Jawa” dalam Timbul Haryono (Penyunting), Seni dalam Dimensi Bentuk, Ruang, dan Waktu, Jakarta: Wedatama Wid-ya Sastra, 1-12.

_______, 2008. Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dalam Persfektif Arkeologi Seni, Surakarta: ISI Press.

Kartomi, Margaret J., 1981. “The Process and Results of Musical Culture Contacnt: A Discussion of Terminology and Concepts”. Dalam Eth-nomusicology, (Vol. 25, No. 2), 227-249 dalam Shin Nakagawa, Musik dan Kosmos Sebuah Pengantar Etnomusikologi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2000, 18-22.

Ninik Thowok, Didik, 2007. “Jaipongan dalam Fenomena Kreativitas” dalam Endang Caturwati dan Lalan Ramlan (ed) Gugum Gumbira dari Chacha ke Jaipongan, Bandung: Sunan Ambu Press.

Orcarus allaso, Elisha. “Aktualisasi Diri Ki Seno Nugroho: Tinjuan Peme-nuhan Kebutuhan dalam Teori motivasi Abraham H. Maslow”. Skripsi untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat S-1, Program Studi Seni Pedalangan, Jurusan Pedalangan, Fakultas Seni Petunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2016.

Raharjo, Timbul, 2010. Kreativitas Keramik Kasongan: Proses Inovasi dan Perubahan (Pidato Ilmiah pada Dies Natalis ISI Yogyakarta Ke XXVI, Sabtu 29 Mei), 2.

Rohendi Rohidi, Tjetjep, 2011. Metodologi Penelitian Seni, Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rusyana, Yus. 2008. “Menjadikan Tradisi sebagai Tumpuan Kreativitas” dalam Endang Caturwati (ed.) Tradisi sebagai Tumpuan Kreativitas Seni. Bandung: Sunan Ambu Press, 1-9.

Saepudin, Asep, 2015. Metode Pembelajaran Tepak Kendang Jaipong, BP ISI Yogyakarta.

Soedarsono, R.M., 1999. Metode Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia, Bandung.

Supanggah, Rahayu, 2009. Bothekan Karawitan II: Garap, ISI Press, Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/jp.v6i1.1885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Seni Karawitan - Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265, Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) – 7303021

Kontak
Gempur Sentosa
Tlp/Whatsapp. 081931254247
Email: gempur.sentosa@isbi.ac.id