Kanca Panglima dan Budaya Digital: Pengaruh Perubahan Wayang Catur Auditif Menjadi Wayang Catur Audio Visual

Reina Y. Puspita Ningsih

Abstract


Artikel ini membahas mengenai pengaruh budaya digital yang berdampak pada perubahan kesenian, Kanca Panglima grup dalam inovasi wayang catur menjadi objek dalam artikel ini. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatis dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta studi literatur. Teori perubahan bentuk seni menjadi teori yang digunakan dalam membedah permasalahan artikel ini. Hasilnya menunjukan bahwa perubahan budaya menjadi pengaruh dalam perubahan bentuk sajian ‘wayang catur’ serta keberlangsungan seni bergantung kepada senimannya. Kreativitas yang dilakukan Kanca merekonstruksi seni wayang catur menjadi sebuah pertunujukan visual. Dengan begitu, kesenian wayang catur dapat kembali dikenal dan dinikmati oleh masyarakat, khususnya Sunda.

Keywords


Wayang Catur; Budaya Digital; Kanca Panglima Grup; Kreativitas; Sunda; Audiovisual

References


Anggoro, B. (2018). “Wayang dan Seni Pertunjukan” Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang di Tanah Jawa sebagai Seni Pertunjukan dan Dakwah. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(2), 257–268. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/juspi/article/view/1679

Appukuttan, A. (2021). Digital art - a useful tool for medical professionals to create medical illustrations. JPRAS Open, 28, 97–102. https://doi.org/10.1016/J.JPRA.2021.02.008

Arifitama, B., Sistem, A. S.-J. T. dan, & 2017, undefined. (n.d.). Cultural Heritage Digitalization on Traditional Sundanese Music Instrument Using Augmented Reality Markerless Marker Method. Scholar.Archive.Org. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.3.2017.101-105

Bahar, M., Johannes, J., Hasan, U., Gunawan, I., Zulkarnain, Z., M, H., & Fatonah, F. (2021). Transformation of Krinok to Bungo Krinok Music: The Innovation Certainty and Digital-Virtual Contribution for Cultural Advancement. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 16(1), 47–55. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v16i1.3529

Brown, S. C., Knox, D., & Brown, S. (2017). Why go to pop concerts? The motivations behind live music attendance. Musicae Scientiae, 21(3), 233–249. https://doi.org/10.1177/1029864916650719

Candra, P. H., & Zunaidah, A. (2020). The Art Experience of the Indonesian People in the Industry 4.0 Era (A Philosophical View). Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 10(3), 236–243. https://doi.org/10.31940/SOSHUM.V10I3.1922

Carlton MA, N. R. (2014). Digital culture and art therapy. https://doi.org/10.1016/j.aip.2013.11.006

Danadibrata, R. (2006). Kamus Basa Sunda. Wedalan Panitia Kamus Basa Sunda Gawe Bareng PT Kiblat Buku Utama.

Foley, K. (2016). Cross cultural research: experiences in sundanese wayang golek of West Java. Móin-Móin - Revista de Estudos Sobre Teatro de Formas Animadas, 2(16), 150–157. https://doi.org/10.5965/2595034702162016150

Foley, K. (2018). The voice of the puppet. Móin-Móin, 1(19). https://doaj.org/article/7c1ea6b9451846d2a5ec0a13395ccd78

Guy, J. S. (2019). Digital technology, digital culture and the metric/nonmetric distinction. Technological Forecasting and Social Change, 145, 55–61. https://doi.org/10.1016/J.TECHFORE.2019.05.005

Handriyotopo, H. (2018). Kapita Selekta Media Budaya Komunikasi Visual. 139. http://repository.isi-ska.ac.id/

Herdini, H. (2014). Perkembangan Karya Inovasi Karawitan Sunda Tahun 1920-2008. Sunan Ambu Press.

Humphreys, J. T. (2006). Toward a reconstruction of ‘creativity’ in music education. British Journal of Music Education, 23(3), 351–361. https://doi.org/10.1017/S0265051706007029

Kluckhohn, C. (1953). Universal Categories of Culture (K. A.L., Ed.). University Press.

Mulyana, A., Arts, J. S.-J. of V. and P., & 2021, undefined. (n.d.). Nunggak semi Al Suwardi: organology and perspective of harmonic planet music creation. Pubs2.Ascee.Org. Retrieved January 10, 2022, from https://pubs2.ascee.org/index.php/viperarts/article/view/203

Ningsih, R. Y. P. (2021). Proses Kreatif Lili Suparli Dalam Mengembangkan Wayang Catur.

Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniara Pada Umumnya. Pustaka Pelajar.

Ross, A. S., & Rivers, D. J. (2017a). Digital cultures of political participation: Internet memes and the discursive delegitimization of the 2016 U.S Presidential candidates. Discourse, Context & Media, 16, 1–11. https://doi.org/10.1016/J.DCM.2017.01.001

Ross, A. S., & Rivers, D. J. (2017b). Digital cultures of political participation: Internet memes and the discursive delegitimization of the 2016 U.S Presidential candidates. Discourse, Context & Media, 16, 1–11. https://doi.org/10.1016/J.DCM.2017.01.001

Rusliana, I. (2016). Wayang dalam Tari Sunda Gaya Priangan | Rusliana | Panggung. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/173/223

Ruswandi, T. (1995). Koko Koswara: Pelopor Pembaharu Karawitan Sunda.

Trustho. (2017). Seniman dan Proses Kreatif Penciptaan. JB Publisher.

Yastuti, M., Dosen, M., Sejarah, P., Islam, K., & Muflihin, A. (2017). Phenomenology Of Digital Culture In The Educational Area: An Epistemological Review. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 11(1), 51–66. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JSU/article/view/9735




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/paraguna.v9i2.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Seni Karawitan - Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265, Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) – 7303021

Kontak
Gempur Sentosa
Tlp/Whatsapp. 081931254247
Email: gempur.sentosa@isbi.ac.id