PERANCANGAN MEDIA EDUKASI BERBAHAN DASAR KAIN DENGAN TEMA BAHASA SUNDA UNTUK ANAK

Aliva Nur Ulfiah, Widia Nur Utami Bastaman

Abstract


The child's development took place in stages, one of which was the golden age. In this time the physical, cognitive, language, sensory, emotional and social aspects of a child are experiencing developments that tend to mimic the stimulus given by its surroundings. The process of developing children will need to be facilitated with the interactive educational media to improve thinking ability, one being the busy book in which many interactive activities as the child's educational media are thus not boring. Language skills are one of the factors in the cognitive and social development of children in terms of communication ability. Today, the sundanese language has suffered many setbacks. The language is inadequate, especially in the young generation. To that end, this study has been an effort to increase interest and knowledge on sundanese languange from early days by planning busy book, as  a stimulus for fine motor activities, life skills and the introduction of sundanese language to children using ‘rekalatar’ technique.

 

Key words: educational media, busy book, sundanese language.

------------------------------------------------------------------------------------------


Perkembangan anak terjadi secara bertahap, salah satunya adalah periode golden age yaitu usia nol sampai enam tahun. Pada masa ini aspek fisik, kognitif, bahasa, sensori, emosi, dan sosial anak mengalami perkembangan yang cenderung meniru, stimulus yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya. Proses tumbuh kembang anak perlu difasilitasi dengan media edukasi interaktif guna meningkatkan kemampuan berpikir, salah satunya adalah busy book yang di dalamnya memuat berbagai aktivitas interaktif, sehingga proses belajar tidak membosankan. Keterampilan bahasa merupakan salah satu faktor keberhasilan perkembangan anak dari segi kemampuan berkomunikasi. Selain itu, bahasa juga sebagai identitas. Dewasa ini, bahasa Sunda telah banyak mengalami kemunduran. Untuk itu, dilakukannya penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan minat dan pengetahuan berhasa Sunda yang baik sejak dini melalui perancangan media edukasi berbahan dasar kain yang terinspirasi dari busy book sebagai stimulus kegiatan motorik halus, keterampilan hidup, dan pengenalan bahasa Sunda pada anak dengan menggunakan teknik rekalatar.

 

Kata Kunci : Media edukasi, busy book, bahasa Sunda.


References


Budiyono, Dkk. (2008). Kriya Tekstil Untuk SMK Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta.

Danish Net (2010). Sejarah Asal Usul Bahasa Sunda, dikutip 14 September 2019. Danish Net : http://danish56.blogspot.com/201 0/10/sejarah-asal-usul-bahasa- sunda.html

Darmayantia, Dkk (2018).

Kebijakan Pemerintah Kota Bandung dalam Pelestarian Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda: Suatu Kajian Perencanaan Bahasa

Furaidah, Ramli, Utomo (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak. Universitas Negeri Malang.

Indrijati, Herdina, dkk. (2016), Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: K E N C A N A.

Khak, Abdul. (2010). Penutur Bahasa Sunda Turun 20 Persen (diakses pada tanggal 16 Agustus 2019).

Novitasari (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & matematika. 2(2): halaman 8-18 (diakses pada tanggal 16 Agustus 2019).

Palupi, Yulia. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. IKIP PGRI Wates.

Qudsyi, Hazhira. (2015). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Program Studi Psikologi: Universitas Indonesia.

Silitonga, Dessy. (2011). Budaya Sunda di Kalangan Anak Muda. http://rorompokelmu.blogspot.co m/2011/11/budaya-sunda-di- kalangan-anak-muda.html (diakses pada tanggal 7 Agustus 2019).

Wulan, Noor (2008). Perbedaan Perkembangan Motorik Sosial dan Bahasa Anak Toddler Antara yang Mengikuti PAUD dan tidak Mengikuti PAUD di Kelurahan Nglorog Sragen (diakses pada tanggal 27 September 2019).

Zakky. (2018). Pengertian Strategi Pembelajaran Secara Umum dan

Menurut Para Ahli. Tersedia pada laman web:

https://www.zonareferensi.com/p engertianstrategi-pembelajaran/ (diakses pada tanggal 9 Oktober 2019)

Zunic, Lily. (2018), Everything You Need To Know About Quite Books And How To Make One, dikutip Craft, Learn And Play : https://craftlearnandplay.com/qui et-book-for-toddlers/(diakses pada tanggal 19 September 2019).

Zubaidah, Enny. (2016), Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v8i3.1602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.