KAIN BERCORAK SEBAGAI NATAR-ALTERNATIF LUKISAN KONTEMPORER

Muhamad Ali Rahim, Erika Ernawan

Abstract


Perkembangan seni rupa kontemporer demikian pesat dan menawarkan kemungkinan berbeda dalam visual maupun konteks yang diangkat—secara intrinsik maupun ekstrinsik. Wacana eklektik, apropriasi dan reproduksi gambar, hingga kini masih mempengaruhi geliat lukisan kontemporer. Salah-satunya ditunjukkan melalui peminjaman atau penambahan citraan baru pada suatu gambar dengan tujuan menghasilkan makna baru. Rancangan pelukisan ini menggunakan material lukis non-konvensional, yaitu kain bercorak sebagai natarnya. Penambahan citraan baru pada natar kain bercorak yang mengakibatkan penumpukan visual menawarkan keunikannya sendiri, sekaligus memperkaya alternatif pelukisan sebagai bagian dari dinamika seni rupa sesuai dengan perkembangan zaman. Rancangan karya seni lukis yang menggunakan kain bercorak sebagai alternatif natar ini diharapkan memberi kontribusi yang menambah keragaman visual dan pola cipta dalam perkembangan wacana seni rupa pascamodern.


Kata Kunci: Corak, Kain, Lukisan kontemporer, Natar

References


Buku:

O’ Donnel, Kevin. (2003). Postmodernisme. Lion

Publishing, Oxford. Diterjemahkan oleh Penerbit Kanisius (2009), Yogyakarta.

Osterwold, Tilman. (2007). POP ART. Taschen, Köln.

Piliang, Yasraf A. (2003). Hipersemiotika. Penerbit Jalasutra, Bandung.

Stangos, Nikos. (1997). Concept Of Modern Art. Thames and Hudson Ltd., London.

Sugiharto, Bambang. (2013). Untuk Apa Seni ?. Penerbit Matahari, Bandung.

Artikel Ilmiah:

Aruman., Junaedi, D., Hariyanto, I. (2014).

PENCIPTAAN BATIK POSTMODERN (Pengadaptasian Elemen Artistik Lukisan Modern Indonesia dan Motif Batik Tradisional Yogyakarta). CORAK - Jurnal Seni Kriya, Vol. 3, No. 1, 2014. Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Azis, Lukmanul Hakim., Zaenudin Ramli, Gabriel

Aries Setiadi. (2020). Transisi Memorabilia Pada Batik dalam Karya Lukis Cat Air. ATRAT Jurnal Seni Rupa, Vol.8, No.1, 2020. Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung.

Banindro, Baskoro Suryo. (2019). Representasi

Realitas Dunia Pop Art Warhol Sebuah Tinjauan Semiologi. JURNAL DEKAVE Vol.12, No.1, 2109. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta.

Tersedia: file:///C:/Users/HP/Downloads/2753-5612-1-SM%20(1).pdf. Diakses: 09 Agustus 2021.

Gozali, Amir. (2019). Dimensi Spiritual dalam Seni Lukis Abstrak Kontemporer Indonesia: Sejarah dan Wacana. ACINTYA - Jurnal Penelitian Seni Budaya Vol. 11, No. 1, Juni 2019.

Tersedia: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/2609/2400 Diakses: 27 Agustus 2021, Pukul: 08.10 wib.

Himawan, Willy. (2013). Visual Tradisi Dalam

Karya Seni Lukis Kontemporer Sebagai Wujud Artistik Pengaruh Sosial Budaya Kajian Terhadap Karya Haryadi Suadi & I Wayan Sudiarta. ORNAMEN - Jurnal Kriya ISI Surakarta Vol. 10, No. 1, Januari 2013. Tersedia: https://jurnal.isi ska.ac.id/index.php/ornamen/article/view/1057/1047. Diakses: 27 Agustus 2021, Pukul: 08.00 wib.

Manzili, Nurul., Rosmala Dewi, Novita. (2020).

Pemanfaatan serat Kain Perca Sebagai Media Lukisan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol. 5 N0. 2. MEI 2020. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Putri, Citra Kemala. (2020). Pengaruh

Kebudayaan Populer Terhadap Visual Sampul Album Musik. ArtComm – Jurnal Komunikasi dan Desain, Volume 03 No. 01, April 2020. Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

Rahim, Muhamad Ali. (2020). Plana Memora:

Dekontekstualisasi Wujud Karya Seni Rupa. VISUALITA - Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol. 8, No. 2. Universitas Komputer, Bandung.

Sucitra, I Gede Arya. (2020). Implementasi

Lukisan Klasik Kamasan Pada Media Alternatif Tengkorak Kepala Kerbau. CORAK - Jurnal Seni Kriya, Vol. 9, No. 1, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

Wahyudi, Nandang Gumelar. (2016). Kuasa

Kolase dalam Ekologi Estetika Postmodern. PANTUN - Jurnal Ilmiah Seni Budaya. Vol. 1 No. 1 Juni 2016, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Tersedia : file:///C:/Users/HP/Downloads/744-1755-2-PB.pdf. Diakses: 11 agustus 2021.

Wahyunin, Wuri., Mira Marlianti. Penerapan Kain

Perca Batik Tasikmalaya Melalui Teknik Sulam dan Kolase Ilustrasi Fashion pada Pelengkap Busana. ATRAT Jurnal Seni Rupa, Vol. 10, No. 1, 2022. Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung.

Artikel Online:

Effendy, Rifky. (2020). Dalam Apropriasi :

Praktek Apropriasi dalam karya-karya seni rupa kontemporer di Indonesia.

Tersedia: https://bdgconnex.net/shows/dalam-apropriasi-praktek-apropriasi-dalam-karya-karya-seni-rupa-kontemporer-di-indonesia-oleh-rifky-goro-effendy. Diakses: 07 Agustus 2021, pukul 08:01wib.

Essendaputri, Miranda. (2018). Mengenal Jenis Kain dan Sifatnya.

Tersedia:

https://student-activity.binus.ac.id/stmanis/2018/06/mengenal-jenis-kain-dan-sifatnya/ Diakses: 25 agustus 2021, pukul: 08:45wib.

Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021). Kain

Nusantara, Sumber Inspirasi Ekonomi Kreatif Indonesia. Tersedia:

https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Kain-Nusantara. Diakses: 25 Agustus 2021, pukul: 08:16 wib.

Setiawan, Ebta. (2021). KBBI Online versi 2.8.

Tersedia: https://www.kbbi.web.id/. Diakses: 14 agustus 2021, pukul 09:25 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v11i1.2289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com