PERANCANGAN TEKSTIL DENGAN TEKNIK MARBLING DAN BATIK TULIS UNTUK BUSANA CASUAL

Neneng Dela Amelia, Asep Miftahul Falah, Saftiyaningsih Ken Atik, Komarudin Kudiya

Abstract


This research presents an innovation in textile design for casual wear by combining marbling and batik techniques. The state of the art of the problem involves the need for unique and different casual wear, along with the increasing public interest in environmentally friendly and sustainable products. This research aims to produce interesting and unique textile designs and introduce traditional techniques such as batik tulis into casual wear. The method used is IDEO Method Cards, with the stages of Learn to learn marbling and batik tulis techniques, Look to see design inspiration, Ask to ask experts, and Try to try the techniques. The result is a casual fashion collection that is unique, artistic, and environmentally friendly. The recommendation of this research is to encourage further development in the use of traditional techniques in the modern fashion industry.

Keywords: Textile Design, Sustainable, Marbling, Batik Tulis, Casual Fashion

---------------------------------------------------------------------

Penelitian ini menghadirkan inovasi dalam perancangan tekstil untuk busana casual dengan menggabungkan teknik marbling dan batik tulis. State of art dari permasalahan melibatkan kebutuhan akan busana casual yang unik dan berbeda, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain tekstil yang menarik dan unik serta memperkenalkan teknik-teknik tradisional seperti batik tulis ke dalam busana casual. Metode yang digunakan adalah IDEO Method Cards, dengan tahapan Learn untuk mempelajari teknik-teknik marbling dan batik tulis, Look untuk melihat inspirasi desain, Ask untuk bertanya kepada para ahli, dan Try untuk mencoba teknik-teknik tersebut. Hasilnya adalah koleksi busana casual yang unik, artistik, dan ramah lingkungan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mendorong pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan teknik-teknik tradisional dalam industri busana modern.

Kata Kunci: Perancangan Tekstil, Sustainable, Marbling, Batik Tulis, Busana Casual

References


Hadijah, I. (2014). Upaya peningkatan export drive industri fashion di era globalisasi. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 37(1), 95-108. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v37i1.4111

Hendrawan, A. (2017). Pergeseran Teknik dan Material Marbling pada Tekstil sebagai Konsekuensi dari Perkembangan dan Inovasi. Panggung, 27(1), 1-14. DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v27i1.228

IDEO. 2003. IDEO Method Cards: 51 Ways to Inspire Design. San Francisco, CA: William Stout.

Kudiya, k. (2019). Kreativitas Dalam Desain Batik. Bandung: ITB Press.

Ni Kadek, Y. D. (2021). Tren New Normal Pada Industri Fast Fashion Di Indonesia: Adaptasi Fast Fashion Di Masa Pandemi. Bhumidevi: Journal of Fashion Design, 1(01), 68-75.

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Values, 1(3), 171-181.

Rositadewi, F. D. (2020). Kebaya: Belenggu Konservatif Perempuan Muslim. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 2(2), 204-218.

Ummah, N. H., & Falah, A. M. (2022). PERGESERAN BUSANA ONE SET DARI PIYAMA MENJADI BUSANA SEHARI_HARI. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 191-198. DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v10i2.2107Widagdo. (2005). Desain Dan kebudayaan. Bandung: Penerbit ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v12i1.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com