Voice Note: Karya Kontemporari Musik Melalui Aplikasi Modulasi Effect Terhadap Media Bambu

Nandri Ahmad Fauzi, Ismet Ruchimat, Ipit S Dimyati

Abstract


Abstrak
Voice Note diartikan sebagai catatan-catatan verbal yang di abstraksikan menjadi sebuah aspek
musik kontemporer, implementasi verbal menjadi sebuah musik kontemporer tersebut dibentuk
oleh kerangka-kerangka teoritikal komposisi. Adapun aspek-aspek yang menjadi wujud dari
komposisi Voice Note ini juga dipenuhi secara konstruktif oleh metode garap. Metode garap
secara umum merupakan sebuah sistem yang melibatkan beberapa unsur atau pihak yang
masing-masing saling terkait dan membantu. Beberapa unsur garap tersebut dapat disebut
sebagai berikut: a. Materi garap atau ajang garap; b. Penggarap; c. Sarana garap d; Prabot atau
piranti garap;be. Penentu garap; dan f. Pertimbangan garap. Secara praktikal metode garap ini
memuat unusur-unsur konvensi dalam Tradisi Musik Bambu. Aspek material yang terdapat dalam
Musik Bambu terbentuk secara Asimetrik. Dari aspek penentu dan Pertimbangan Garap
komposisi ini dihadirkan atas dasar kontekstual dari cara berpikir penggarap yang berlatar
belakang musisi yang berupaya memahami prinsip-prinsip media pada konvensi alat Tradisional.
Oleh karena itu kehadiran karya ini lebih di orientasi kepada gaya musik kontemporer melalui
pemahaman-pemahaman konvensi Tradisi musik Bambu
Kata Kunci: Voice Note , Kontemporer Musik, Kreativitas Garap

References


DAFTAR PUSTAKA

Banoe, Pono, (2003). Kamus Musik, Yogyakarta: Kanisius

Mack, Dieter. (1995.) Sejarah Musik Barat 1. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Murwaningrum, Dyah. (2015). Multimedia Sebuah Tawaran pada Musik Bambu ISBI Bandung.

Jurnal Awilaras 2(1).

Prier, Karl Edmund. (1993). Sejarah Musik Jilid Satu. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier, Karl Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Prier, Karl Edmund. (1991). Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Sadie, Stanley. (1984). The New Grove Dictionary of Music and Musicians. London:

Macmillan Publishers Limited.

Sepdwiko, Deria. (2012). Pertunjukan Musik Solis Marimba Dalam Komposisi Rondo allaturko dan

Bacarai, Kasiah. Jurnal Pendidikan Seni dan Seni 4(1).

Sedyawati, Edi dan Sapardi Djoko Damono. (1983). Seni Dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta:

Gramedia

Setiani, Eka, (2012). Musik dan Manfaatnya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Soedarsono, R.M. (1985). Sejarah Kesenian. Ygyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Somawijaya, Abun. 2014. “Bambu dalam kontek seni, seniman dan karyanya.” Jurnal Awilaras.

(2).

Somawijaya, Abun. (1996). Khazanah Musik Bambu Jawa Barat. Lapora penelitian, Basndung:

Puslitmas STSI.

Supanggah, Rahayu. (1996). Dinamika Seni Tradisai, Moderen, dan Kontemporer dalam Konte.

Surakarta: Isi Press Surakarta.

Supanggah, Rahayu. (2009). Bothekan Karawitan II. Surakarta: Isi Pres Surakarta

Sunarto. (2016). Estetika Musik Autonomis Versus Heteronomis dan Konteks Sejarah Musik.

Jurnal Promusika.

Tinungki, C Yohan. (2009). Musik Kontemporer. Jurnal Jaffray 7(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/jal.v8i1.2622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.